195 Negara Sepakati Paris Agreement


Senin, 14 Desember 2015 - 03:03:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Adopsi Kesepakatan baru ini dipimpin lang­sung oleh Presiden COP 21 UNFCCC yang juga Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius. Sidang ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon, Presiden Prancis Francois Hollande dan 2000 delegasi negara peserta COP21, termasuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

“Ini langkah bersejarah untuk menciptakan planet bumi yang lebih aman dan berkelanjutan untuk kehidupan kini dan generasi mendatang,” kata Siti seperti dikutip dalam siaran persnya, Minggu (13/12/2015). Dari berbagai pernyataan para ketua delegasi yang hadir, terlihat kesepakatan Paris Agreement ini adalah refleksi solidaritas yang kuat antara negara-negara maju dan negara berkembang untuk mengatasi peru­bahan iklim.  

“Kita akan kerja keras bersama. Dalam konteks adaptasi harus dilakukan bersama semua stakeholders. Penguatan dan implementasi kebijakan oleh pemerintah serta aktivitas oleh masyarakat dan masyarakat adat. Isu adaptasi ini yang didorong Delegasi Republik Indonesia terutama demi kepentingan nasional kita,” lanjutnya.

Kepentingan nasional lainnya yang masuk dalam Paris Agreement adalah isu kelautan, pusat-pusat konservasi keanekaragaman hayati dan juga penegasan tentang Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) atau pengurangan emsisi dari deforestasi dan degradasi hutan. Tentang pendanaan disebutkan bahwa negara maju seharusnya menyediakan dukungan finansial. Angka USD 100 miliar per tahun tidak masuk dalam pasal perjanjian tapi masuk dalam keputusan yang diambil dalam COP. 

“Kita harus kerja keras ke depan untuk memastikan kenaikan suhu bumi di bawah 2 derajat Celcius. Dan di Maroko pada COP 22 nanti akan lebih banyak hal yang bisa ditunjukkan Indonesia kepada dunia,” pungkasnya. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM