51 Kepsek Ikuti Program Pertukaran


Senin, 14 Desember 2015 - 02:46:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
51 Kepsek Ikuti Program Pertukaran Kepala Sekolah dari Solsel yang mengikuti program pertukaran guru berfoto bersama, ketika sampai di tempat mereka melakukan kegiatan, Minggu (13/12). (JEFLI)

Kepala Dinas Pen­didi­kan Solsel, Fidel Efendi mengatakan, program ini bertujuan untuk melakukan pola pembelajaran bersama antara sekolah maju dengan sekolah berpotensi maju yang berada di daerah terde­pan, terluar, tertinggal (3T).

“Daerah kita termasuk dalam daerah 3T. Sistem pertukarannya langsung antar kepsek, jadi sela­ma sepuluh hari kepala sekolah tersebut menggantikan se­men­tara,” kata Fidel Efendi, saat dihubungi Haluan.

Dilanjutkannya, dalam pro­gram tersebut ada yang dina­makan sekolah mitra dan sekolah imbas. Sekolah imbas adalah sekolah yang ada dalam kawasan 3T, se­dang­kan sekolah mitra ada­lah sekolah-sekolah yang lebih maju ekosistim pem­belajarannya.

Sekolah yang maju akan men­jadi mitra, sedangkan sekolah imbas merupakan sekolah yang menerima pem­be­lajaran dari sekolah mitra. Di antara kepala sekolah yang ikut tersebut ber­dasarkan tingkat pen­didikan, adalah SMA seba­nyak empat kepsek, SMP sebanyak empat kepsek, SMK sebanyak lima kep­sek dan tingkat SD sebanyak 38 kepsek.

Ia mengharapkan, de­ngan masa pertukaran sela­ma sepuluh hari tersebut bisa belajar dan merubah mindset kearah yang lebih baik, sehingga berbagi pe­nga­laman yang bisa mereka kem­bang­kan untuk mening­katkan mutu pendidikan sekolah mereka masing-masing.

Tuti Lestari, Kepsek SMP Plus Darusshaleh yang ikut program pertukaran dengan Kepsek SM­PN 1 Srono Banyuwangi me­nyam­­paikan, saat hari per­ta­ma keda­tangannya sangat kagum dengan pola pendi­dikan SMPN 1 Srono. “Di­se­babkan usia sekolahnya lebih tua yaitu 33 tahun, sedang­kan kita baru 9 ta­hun,” katanya.

“Intinya kita lebih ba­nyak belajar di sini, seperti kekom­pakan tim kerja yang sangat solid dan lebih kenal job kerja masing-masing dan terkait pendanaan sangat kuat sekali, bahkan sekolah ini (SMPN 1 Srono) men­dapat juara pengelolaan da­na Bantuan Operasional Se­kolah (BOS),” terang Tuti.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Solsel, Yendri Indra Putra menga­takan, kuota yang awalnya sedikit bisa ditambah ber­kat usaha Dinas Pendidikan Solsel melobi pihak Ke­men­dik­bud.

“Untuk pendanaan seluruh­nya ditanggung pi­hak Kemen­dikbud. Dan tidak tertutup ke­mung­kinan untuk tahap selan­jutnya pada 2016, juga merupakan kepala sekolah yang mengi­kuti program saat ini, namun dengan rentang waktu lebih lama yaitu sekitar tiga bulan lamanya,” tam­bah Yendri Indra Putra. (h/jef)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 05 Juli 2017 - 14:36:38 WIB

    251 CJH Siapkan Diri Menjadi Haji Mabrur

    251 CJH Siapkan Diri Menjadi Haji Mabrur PASBAR, HALUAN-- Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran menghimbau kepada 251 orang Calon Jamaah Haji (CJH) asal Pasbar agar benar-benar menjaga kesiapan fisik, mental dan spiritual yang prima untuk mencapai predikat haji yang mab.
  • Selasa, 07 Maret 2017 - 09:28:43 WIB

    51 Bidan PTT Kota Pariaman Lulus CPNS

    51 Bidan PTT Kota Pariaman Lulus CPNS PARIAMAN, HALUAN – Sebanyak 51 dari total 58 orang bidan berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) dinyatakan lulus Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pasca tes yang dilakukan pada Juli 2016 lalu. Pengumumannya sendiri dilakukan p.
  • Senin, 25 Juli 2016 - 18:49:12 WIB

    518 Personil Amankan TdS di Pasaman Barat

    518 Personil Amankan TdS di Pasaman Barat PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) menurunkan sekitar 518 orang personil untuk pengamanan Tour de Singkarak (TdS) etape 3 pada 8 Agustus 2016..
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 02:28:55 WIB

    Disdik dan SKB Berbenah Jelang Peringatan HAI ke-51

    Pasaman, Haluan — Dalam meng­hadapi puncak Hari Aksara Internasional (HAI) ke-51 yang rencananya akan dipu­satkan di Kabupaten Pasaman Barat, Bidang Paudni Disdik Pasaman dan SKB Pasaman terus berbenah dan mem­persiap­k.
  • Kamis, 21 April 2016 - 02:10:24 WIB

    DPKAD Serahkan 28.751 Lembar SPPT PBB-P2

    DPKAD Serahkan 28.751 Lembar SPPT PBB-P2 BUKITTINGGI, HALUAN — Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pendapatan Keuangan Dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Bukittinggi menyerahkan sebanyak 28.751 lembar Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdes.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM