Pemimpin Muda dari Kota Padang Panjang

Hendri Arnis Sigap Memimpin Padang Panjang


Senin, 14 Desember 2015 - 02:36:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Hendri Arnis Sigap Memimpin Padang Panjang Cerdas, tangkas dan tegas serta selalu berprasangka baik, itulah ciri khas Walikota Hendri Arnis dalam memimpin Padang Panjang.

Dari informasi yang di­him­pun di lapa­ngan, pem­baruan pertama kali dila­kukan kepada PNS di ling­kup Pemko setempat. Wak­tu masuk kantor diundur menjadi pukul 8.00 pagi. Supaya semua urusan ru­mah tangga selesai di pagi hari menjelang masuk kerja. Kemudian kendaraan dinas diperuntukan hanya untuk dinas. Tidak dibenarkan dibawa pulang kerumah. Kendaraan juga harus diberi logo Pemda Padang Panjang.

Kepada PNS diminta lebih fokus menjalankan tugas. Sebagai imbalannya tunjangan daerah dinaikan 50 persen. Kondisi ini sa­ngat menyenangkan seluruh staf di jajaran Pemko Padang Panjang. Tidak hanya itu, honor guru mengaji dan garin mesjid juga mendapat peningkatan di masa kepe­mim­pinan Hendri.

Baru baru ini, sosok pemimpin merakyat ini, juga menerapkan setoran non tunai terhadap seluruh pengeluaran pemda. Se­hingga uang gaji, honor dan penerimaan lainnya dari kas daerah harus masuk ke rekening si penerima. De­ngan demikian tidak ada sisa tinggal atau tercecer di tempat lain.

Pada sisi lain, di balik kemurahan hati sosok ener­gik ini, juga tersimpan sifat tegas. Kepada PNS yang telat masuk, cepat pulang atau melanggar aturan lain­nya, selama jam kantor,  siap siap saja tunjangan kesejahteraannya dipotong.

“Semua fasilitas pe­nun­jang sudah ditingkatkan, yang saya minta cuma be­kerja maksimal dalam me­layani masyarakat,” ujar Hendri.

Untuk kelancaran dinas pula, Hendri Arnis  menye­rahkan mobil fortuner yang sehari hari untuk ope­rasio­nal Walikota, menjadi mo­bil operasional Dinas Per­hubungan.

“Jarang pemimpin yang seperti ini. Dia mau mem­berikan mobil opera­sional­nya untuk kepentingan di­nas,” ujar salah seorang staf dinas perhubungan. Semen­tara Hendri mengatakan, posisi kota yang dia pimpin berada di persimpangan jalan. Untuk ini perlu ope­rasional yang tangguh.

Ketegasan Hendri da­lam dinas, sama seperti  Hendri Arnis menyapa pe­dagang kaki lima yang ber­dagang di trotoar. Mula mula dia peringatkan de­ngan lemah lembut, tetapi setelah menghindar peda­gang itu kembali lagi. Sekali lagi Wako termuda di Sum­bar itu mengingatkan untuk pindah, namun setelah pin­dah balik lagi. Terakhir Hendri terpaksa marah ma­rah mengingatkan warga untuk taat aturan.

“Tujuan saya hanya demi kebaikan bersama. Jangan cari keuntungan sendiri merugikan orang lain. Ini jalan. Tempat pejalan kaki berlalu lalang. Jangan ber­dagang di sini,” hardik Hen­­dri Arnis kepada pe­dagang yang keras kepala. Setelah itu, baru tro­toar kosong. Pejalan kaki merasa leluasa melintas.

Menurut Walikota, disiplin mesti ditetapkan disemua lini kehidupan. Karena itu dia menerapkan disiplin plus di sekolah sekolah. “Kedepan penga­was sekolah perlu diber­dayakan untuk mengawasi para guru guru,” katanya.

Selain meningkatkan kualitas pengawas dan ma­jelis guru, Hendri juga akan menerapkan pemakaian  bahasa Inggris  di sekolah sekolah. “Sesuai anjuran Pak Wako, 2016 kita akan mulai di SMP 5 memakai bahasa Inggris sebagai ba­hasa pengantar pelajaran,” kata Kadis Pendidikan Des­mon.

Ketegasan Hendri Ar­nis juga dirasakan masyarakat Padang Panjang, ketika dia memutuskan pembangunan pasar dengan APBD. Ter­hadap keputusan Wako mu­da yang energik ini, Muslim Kasim yang mantan wakil gubernur mengacungi jem­pol.

“Ini subuah keputusan prestasius. Keberanian se­perti ini yang dibutuhkan oleh rakyat. Sebab pasar adalah urat nadi pereko­nomian,” kata Muslim Ka­sim suatu kali saat berkun­jung ke Padang Panjang.

Seputar Pasar Padang Panjang ini telah lama ter­jadi tarik ulur. Sudah dua puluh tahun lebih rencana pembangunan oleh pe­me­rintah sebelumnya. Tapi tidak jadi jadi juga dibangun, tersebab berbagai faktor. Ada yang minta dibangun oleh investor, ada yang mau dengan APBD, kesim­pu­lannya terundur hingga ber­larut larut.

Kini semua itu sudah berakhir di tangan Hendri Arnis. Sebagai bukti tempat penampungan sementara bagi pedagang pasar sudah berdiri. “Insya Allah, tahun baru 2016 pembangunan pasar sudah dimulai,” kata Hendri.

Bersamaan dengan ber­dirinya tempat penam­pu­ngan baru, pedagang pasar kuliner di malam hari, yang dulu me­nolak pindah, kini juga bersyukur dan berte­rima­kasih kepada Walikota yang sering blusukan itu. Sebab di terminal kantin tempat yang baru parkir lebih luas dan pengunjungnya makin banyak.

Saking bertambah ra­mainya pengunjung pasar kuliner ini, bertambah pula jumlah masyarakat yang berjualan di malam hari. Tentu semua bermuara ke­pada kesejahteraan.

Kepada pedagang ku­liner, Walikota selalu meng­ingatkan untuk menjaga kebersihan. “Berjualan ma­kanan  tidak mesti enak dan gurih saja, tapi harus bersih dan sehat. Kita ber­harap semakin ramai yang mencicipi kuliner Padang Panjang,” kata walikota.

Perinsip hidup bersih juga ditekankan Hendri kepada masyarakat. Setiap bulan gotongroyong ber­sama digerakan mulai dari rumah tangga, RT, ke­lu­rahan dan kecamatan.

Kepada seluruh SKPD dan segenap aparatur dian­jurkan ikut goro bersama menjaga kebersihat kota. Ini semua untuk  mengwu­judkan Padang Panjang kota sejuk yang bersih

Dukungan Kuat Ke­luarga

Selama dalam menata pemerintahan selama 2 ta­hun kepemimpinan, Hendri Arnis beruntung punya istri dan keluarga yang kuat serta memberikan dukungan pe­nuh terhadap setiap kebija­kan dan langkah yang diam­bil. Terutama istri, tidak pernah putus asa untuk turut turun ke masyarakat dalam mendorong perce­patan pembangunan Pa­dang­panjang yang SEHAT sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai Ketua TP-PKK.

Ny Maria Hendri Arnis selaku Ketua TP-PKK da­lam mendampingi Walikota Hendri Arnis se­laku istri, dikatakan me­miliki kon­tribusi besar sam­pai pada masa kerja dua tahun ke­pemimpinan. Sela­in men­jalankan tupoksinya sebagai Ketua TP-PKK, Ny Maria juga disebutkan se­bagai sum­ber motivasi bagi Wako Hendri Arnis dalam men­jalankan amanah rakyat melahirkan berbagai kebi­jakan demi mencapai Pa­dangpanjang yang sehat se­cara umum.

“Saya sangat bangga dan bersyukur memiliki ke­luarga yang pengertian serta mendukung penuh tang­gung jawab sebagai kepala daerah. Khususnya istri, dia tidak pernah menyerah mes­ki sangat menyadari banyak pandangan miring terhadap kebijakan yang telah saya lakukan demi kebaikan Padangpanjang,” tuturnya.

Sebagai pegangan sela­ma menjalankan roda pe­merintahan dua tahun telah berjalan dengan mengayomi masyarakat penuh kasih sayang, Wako Hendri Arnis menyebutkan bahwa pe­merintah dan masyarakat adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisahkan. “Bi­sa diibaratkan sebagai pa­sangan suami istri, agar pernikahannya langgeng sampai ajal memisahkan, maka diperlukan pengertian dan komunikasi,” sebutnya.

Selain berhasil menyu­port semangat kerja sebagai walikota, Hendri Arnis me­rasa berbangga kontribusi besar yang telah diberikan sang istri sebagai Ketua TP-PKK dengan raihan ber­bagai penghargaan tingkat provinsi dan nasional. Ke­berhasilan yang disabet Pa­dangpanjang melalui bidang pemberdayaan, secara lang­sung memberikan dampak perubahan positif terhadap daerah berhawa sejuk itu. (one/Humas).



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Mei 2017 - 07:30:27 WIB
    ANTISIPASI MARAKNYA KEBAKARAN

    Novi Hendri: Perlu Peremajaan Jaringan Listrik

    PADANG PANJANG, HALUAN--Sejak awal tahun 2017, terhitung dari bulan Januari hingga Mei ini, telah terjadi lima musibah kebakaran yang menimpa warga Padang Panjang, diantaranya Kantor KPPT, dikelurahan Kampung Manggis, Koto Ka.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 04:47:14 WIB

    Hendri Arnis Hadiri Peringatan Nuzul Quran

    Hendri Arnis Hadiri Peringatan Nuzul Quran PADANG PANJANG, HALUAN — Walikota Pa­dang Panjang, Hendri Arnis melalui Asisten Bidang Pe­merintahan dan Kesra Sonny Budaya Putra mengimbau kepada Seluruh ASN se-Kota Padang Panjang agar meng­awali aktivitas pekerjaannya.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM