Unggul di Pilwako Solok

Pak Yan, Sang Dai Kondang Jadi Walikota


Sabtu, 12 Desember 2015 - 03:07:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pak Yan, Sang Dai Kondang Jadi Walikota

Pemilihan ke­pala daerah (Pil­ka­da) Kota Solok sudah berakhir, Zul Elfian yang berpa­sa­ngan dengan Reinier untuk sementara meraup suara terbanyak berdasarkan hasil penghitungan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Solok. Sam­pai Jumat (11/12) sore, suara kandidat nomor urut 1 itu telah mencapai 16.000 lebih.

Defakto, pasangan Zo­Ro demikian slogan populer yang diusungnya sudah me­nang telak dan meninggal­kan jauh raihan suara 2 kandidat lainnya yakni Is­mael Koto-Jon Hendra dan Irzal Ilyas-Alfauzi Bote. Namun secara legalitas for­mal tentu Komisi Pemili­han Umum (KPU) Kota Solok yang berhak mensahkan siapa yang memenangkan Pilkada.

Lalu bagaimana respon dan sikap Zul Elfian-Reinier atas perolehan suara terbanyak itu? Kepada Wartawan Haluan yang menghubunginya, Jumat (11/12) di sela-sela syukuran di Posko, Zul Elfian bersyukur kepada Allah dan berterima kasih pada masyarakat Kota Solok yang sudah memberikan amanah ke­padanya sehingga memperoleh suara terbanyak.

Diakui Pak Yan..demikian sapaan akrabnya, kerja keras tim sukses, relawan dan berbagai elemen serta simpatisannya tanpa kenal lelah memberikan duku­ngan dan mencari simpati masya­rakat melalui operasi senyum. Begitu juga dalam kegiatan lain­nya yang bersifat mengerahkan massa, kerja keras timnya luar biasa dan itupun tidak bisa di­nilai dengan materi. Allahlah yang akan memberikan berkah pada relawan itu.

Suami dari Zulmiyyeti me­mang merupakan sosok pria yang murah senyum. Dengan keseder­hanaannya, di Kota Solok tidak ada orang yang tidak mengenal lelaki kelahiran 8 Desember 1961 itu. Selain bergelut di bidang pemerintahan, dia juga terkenal sebagai seorang da’i kondang.

Karir pegawai Zul Alfian dimulai dari bawah sebagai staf. Kemudian naik menjadi Kasubag pada Dinas Kebersihan, Kabag Sosial dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja di era orde baru. Di era reformasi karirnya juga terus melejit menjadi asisten dan pada tahun 2010, Pak Yan dipinang Irzal Ilyas untuk mendam­pingi­nya memimpin Kota Solok. Ja­dilah pasangan ini memimpin Kota Solok, di mana Irzal Ilyas sebagai walikota dan Zul Elfian sebagai wakilnya.

Pejabat karir ini memang tidak asing lagi bagi warga Kota Solok apalagi di kalangan pega­wai negeri sipil. Selain murah senyum dan suka bergaul, keung­gulan lainnya, dia  berteman dengan semua golongan. Siapa saja yang berjumpa dengannya selalu disapa dan mengulurkan tangan untuk bersalaman. Jalinan komunikasi dengan semua orang selalu dibina sejak lama.

Maka tidak heran Zul Elfian merupakan publik figur bagi semua golongan di Kota Solok. Bahkan di kalangan wartawan yang bertugas di Kota Solok juga demikian. Acap kali Zul Efian menyambangi di Posko wartawan.

Sifat rendah hati dan murah senyum tidak hanya ada pada diri bapak dua anak itu, melainkan juga di dalam keluarganya. Is­trinya Zulmiyyeti dan kedua anaknya juga tidak sombong. Jika orang bertandang ke rumah di­nas­nya saat masih menjabat Wakil Wali­kota, layanannya luar biasa dan seakan-akan berada di rumah sendiri. Begitulah dia member­lakukan tamu yang da­tang.

Oleh sebagian orang, duet Zul Elfian-Reinier diragukan untuk bisa maju apa lagi bisa meme­nangkan Pilkada, karena pasa­ngan ini tidak punya modal untuk men­calonkan diri sebagai Wali­kota-Wakil Walikota Solok. Itu­pun diakui Zul Elfian, namun karena tekadnya sudah bulat, dan didu­kung massa yang banyak, akhirnya alumni Universitas Gajah Mada (UGM) itu memen­tahkan kera­guan segelintir orang tadi.

ZoRo meyakinkan bahwa masyarakat Kota Solok ingin perubahan yang mendasar, baik reformasi birokrasi, kesejah­teraan, pelayanan dan pemba­ngunan sam­pai ke pinggiran Kota Solok. Suara rakyat kalangan bawah itu membuat tekadnya bersama tim bahu-membahu membiayai ke­giatan untuk ke­suksesan. **

 

Laporan:
ALFIAN
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM