Aman Berkendaraan di Musim Penghujan


Sabtu, 12 Desember 2015 - 01:16:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Aman Berkendaraan di Musim Penghujan

Haluan otomotif Ming­gu ini (13/12) ingin berbagi tips dari Wilson, pemilik Beng­kel Wilson Motor di Jalan Tunggang, Kuranji Padang, mengenai kom­ponen apa saja yang perlu diperhatikan pengendara pada tung­ga­ngan­nya saat berkendaraan di musim penghujan. Tentu saja men­jadi penting untuk me­nang­gulangi terlebih da­hulu ber­bagai kemungkinan buruk yang terjadi, serupa accident (kecelakaan) dan lain sebagainya.

Wilson mulais mem­bahas dari hal yang paling sering yang paling sering disepelekan oleh pe­ngen­dara di saat berkendaraan di kondisi hujan dan lintasan basah, yaitunya fungsi rem. Padahal tingkat kebutuhan akan rem meningkat seratus persen di musim penghujan dibanding musim panas.

“Hal yang paling banyak disepelekan dan paling ba­ny­ak mengundang ke­ce­lakaan adalah fungsi rem. Sangat jarang kita melihat ada pengendara sebelum berkendaraan itu mengetes remnya. Memastikan rem berfungsi dengan baik. Pa­dahal itu sangat penting, terlebih di saat lintasan basah, pakem rem akan berkurang,” jelasnya.

Hal selanjutnya yang se­ring diabaikan menurut Wil­son adalah ban. Selain fungsi rem, ban juga dapat mengun­dang kecelakaan saat melaju di lintasan ba­sah. Ban yang sudah botak memiliki ting­kat resiko slip yang lebih tinggi, apalagi jika ditandemi dengan rem yang tidak pri­ma, “Sebaiknya tidak usah digunakan ken­daraan de­ngan fungsi rem yang tidak bagus ditambah ban yang botak tersebut. Ganti dulu ban dan perbaiki fungsi rem karena jika tidak sangat membayakan,” lanjutnya.

Selain itu, kadar angin pada ban juga harus di­per­hatikan. Sebaiknya gunakan kendaraan dengan angin standar pabrik di lintasan basah. Artinya jangan ter­lalu lunak, tapi jangan pula terlalu padat. Karena jika terlalu lunak akan beresiko pada performa, sedangkan jika terlalu padat akan be­resiko lebih tinggi untuk slip saat berada di tikungan.

Wilson melanjutkan, pengendara harus me­mas­ti­kan setiap lampu dapat berfungsi dengan baik di musim penghujan. Terlebih lagi saat berkendaraan di malam hari dalam keadaan diguyur hujan. Karena jika lampu mati atau tidak ter­lalu terang, akan mem­ba­haya­kan diri sendiri dan pengendara lain.

Menurut hemat Wilson, bagi kendaraan roda dua, sebaiknya berhenti apabila berkendaraan di malam hari dalam keadaan hujan. Ka­rena sangat beresiko, apalagi tidak seluruh jalan di Sum­bar me­miliki penerangan jal­an yang memadai. Se­dangkan bagi mobil, selain lampu juga harus dipastikan wiper agar berfungsi maksimal.

“Jika sedang hujan lebat di malam hari, pengendara motor tak usah ambil re­siko. Apalagi jika lampunya tidak terlalu terang. Se­baik­nya berhenti saja. Se­dang­kan untuk mobil, saat hujan sa­ngat bergantung pada wiper. Apabila gerakannya lambat, mungkin saja ta­ha­nan yang terdapat dalam koil ke pe­ng­ganti arus besar sangat kotor atau poros engkolnya macet. Tapi ka­lau wiper tidak ber­fungsi sama sekali, bisa saja karena rusaknya hubungan listrik,” jelasnya lagi.

Selain itu yang penting diperhartikan pada mobil antara lain kaki-kaki (di bawah bodi mobil), bagian seperti shockbreaker dan stabilizer harus mendapat perhatian karena akan ber­pengaruh pada stabilitas kendaraan. Caranya dengan memastikan semuanya da­lam keadaan baik dan tidak ada yang bocor. Juga pada mobil, air pada tabung ra­di­a­t­or harus dipastikan tidak dalam keadaan kosong

Selanjutnya, pastikan letak ujung intake filter udara dalam posisi yang benar. Karena, ketika me­ner­jang genangan air dan mulut in­take terendam, maka akan langsung men­ye­dot air dan masuk ke ruang bakar. Aki­bat­nya, mesin akan mati. Untuk langkah aman, copot sambungan selang udara atas sehingga memutuskan jalur dari uju­ng selang yang mengarah ke bawah.

Sedangkan beberapa ko­m­­­­ponen lain pada se­pe­da­mo­tor yang juga perlu diawasi antara lain kabel-kabel bodi. Sebaiknya (teru­tama pada motorsport), kabel-kabel bodi dilapisi dengan plaster hitam untuk menghindari resiko kosr­leting. Mika spidometer dan reflector lampu

juga harus diperhatikan. Jangan biarkan tertembus air sehingga dapat mengun­dang jamur. Terakhir me­nurut Wilson, pengendara harus pula melindungi filter karburator agar jangan sam­pai kemasukan air. (*)

 

Laporan:
JULI ISHAQ PUTRA



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 02:40:07 WIB

    H Wahyu Iramana Putra Pilih Politik dan Maju Bersama Golkar

    H Wahyu Iramana Putra Pilih Politik dan Maju Bersama Golkar Profil Haluan Minggu pekan ini adalah Wahyu Iramana Putra, Ketua DPD Golkar Kota Padang, yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Padang. Sosok bersahaja ini dilahirkan di Padang 2 Mei 1964..
  • Sabtu, 18 Juni 2016 - 00:51:23 WIB

    Car Wash High End Auto Detailing Ciptakan Suasana Nyaman

    Car Wash High End Auto Detailing Ciptakan Suasana Nyaman Bisnis car wash (salon mobil, red) makin menjamur di Kota Padang. Untuk menarik minat pemilik mobil yang butuh inovasi baru, High End Detailing yang beralamat di Jalan AR Hakim Nomor 38 Padang hadir menjawab tantangan tersebu.
  • Sabtu, 28 Mei 2016 - 02:13:02 WIB
    Prof. Dr. Yalvema Miaz, MA

    Guru Besar dengan Segudang Pengalaman

    Guru Besar dengan Segudang Pengalaman Dari Sumani Kabupaten Solok, Yalvema Miaz menjejakkan kakinya ke Kota Padang, me­ngembara ilmu demi seuntai senyum orang­tuanya tersayang. Beragam rintangan, onak dan duri ia lalui dengan teguh dan percaya. Puluhan tahun be.
  • Sabtu, 28 Mei 2016 - 02:08:41 WIB

    Boedi Satria Harumkan Pariaman dengan Futsal

    Boedi Satria Harumkan Pariaman dengan Futsal Melihat begitu besarnya minat generasi muda bermain olah raga futsal dan banyaknya bakat– bakat potensial di Kota Pariaman maka muncul keinginan dari Boedi Satria untuk membina dan mengembangkan olahraga ini agar bisa berpr.
  • Sabtu, 14 Mei 2016 - 01:48:08 WIB
    Rektor Unitas Padang Dr Ir Irwandi Sulin MP

    Jabatan Adalah Amanah

    Jabatan Adalah Amanah Tidak pernah terlintas di benak Dr Ir Irwandi Sulin MP, bahwa dirinya akan mengemban amanah sebagai Rektor Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang. Di usianya yang ke-54 tahun saat ini, berbagai amanah telah berhasil ia rampun.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM