Sahurman

Lewati Tantangan Rusunawa dengan Bekal Karate


Sabtu, 12 Desember 2015 - 01:15:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Lewati Tantangan Rusunawa dengan Bekal Karate

Pria kelahiran Padang, 21 September 1975 ini su­dah melalui banyak liku kehidupan dalam meniti karirnya. Karirnya yang terus melejit dalam segala bidang membuatnya tak pantang menyerah dan terus menjadi sosok yang tegas. Siap bertugas menata dan menertibkan warga rusun membuatnya semakin per­caya diri dan bertanggung­jawab dalam bertugas.

Sahur sudah dikenal di semua kalangan pemuda, preman dan petinggi-pe­tinggi negara yang memper­c­ayakan untuk menertibkan Rusunawa yang dikelilingi rumor tak sedap.

Menjabat sebagai Ke­pala UPT Rusunawa, mem­buat Sahurman terus mela­kukan sumbangsihnya ke­pada masyarakat. Sebelum ia duduk sebagai Kepala UPT Rusunawa tersebut, berbagai prestasi yang telah diraihnya tidak hanya da­lam satu bidang yang mem­buat karirnya terus melejit.

Mengawali karirnya pa­da tahun 2002, sebagai Pegawai Dinas Pariwisata selama dua tahun. Kemu­dian pada 2004, bapak dua orang anak ini pindah ke Dispora Bagian Pem­ber­dayaan Perempuan Pemuda dan Olahraga (KP3R) sam­pai tahun 2008.

“Sungguh banyak penga­la­man dan lika liku kehi­dupan yang sudah dijalani semenjak itu. Aktif di ba­gian perolahragaan selama lebih kurang tiga tahun membuat saya semakin mem­perluas jaringan. Baru­lah pada tahun 2011 saya masuk ke Dinas Pasar Kota Padang,” ujarnya.

Di Dinas Pasar, Sahur­man tidak langsung menja­bat sebagai Kasi Trantib, namun sempat ia menjabat sebagai Kasi Penagihan sela­ma hampir tiga tahun. Ba­rulah pada Februari 2014 lalu, Sahurman pindah ke Kasi Trantib Dinas Pasar yang dipercayakan mener­tibkan kawasan Pasar Raya agar pengunjung bisa nya­man menusuri Pasar Raya yang semakin sembrautan hingga awal tahun 2015.

Tidak hanya di bidang Pasar Raya saja Sahurman berkarya, di luar itu, ter­nyata pria tegap ini aktif di Karate Nasional. Pada ta­hun 2005 ia berhasil men­jadi DAN 3 dalam berkarate dan juga sudah menjadi pelatih di Sekolah Dasar Kecamatan Pauh.

Sementara itu, ternyata ia juga aktif di KNPI Kota Padang pada tahun 2009. Berbagai pres­tasi dalam ekstrakurikuler su­dah dikantionginya se­hingga membuat karakter­nya menjadi kuat.

Berbekal kemauan dan percaya diri serta tidak sombong menjadikannya dikenal di setiap kalangan di Kota Padang.

“Dalam Indonesia Ka­ra­tedo menjadi Sekretaris Umum sudah tiga kali perio­de saya jalani. Menjadi pe­latih di SD Pisang Kecama­tan Pauh saat ini juga saya lakukan. Saya harus siap dalam segala tindakan,” ungkapnya.

“Sempat juga saya men­jadi wasit nasional dalam pertandingan Karatedo Nasional,” tambahnya.

Sejak menjabat sebagai Kepala UPTD Rusunawa ter­sebut banyak tantangan yang sudah ia lewati. Mulai dari memperbaiki imej yang sudah miring di rusun, warga bandel hingga harus memperbaiki PAD yang sempat tak terkendali karena tidak membayarnya warga rusun.

“Mengawasi dan menata rusun ini tidaklah semudah membalikkan telapak ta­ngan. Saya bersama tim serta dorongan Kepala Dinas TRTB Padang Afrizal BR terus melakukan perubahan dan perbaikan,” terangnya.

Penataan dilakukan mu­lai dari memperbaiki sistem pembukuan, menertibkan warga yang tidak sesuai aturan sampai melakukan pencabutan meteran listrik hingga penggembokan bagi warga yang tidak membayar uang sewa hingga mencapai tahunan.

Meskipun saat ini ia harus menghabiskan waktu­nya sehari-hari di Rusu­nawa Purus dan Lubuk Bua­ya, namun berbagai ke­gia­tan di luar itu terus dila­kukannya. Menjabat sebagai Ketua RT di tempat ting­galnya sekarang, Sahurman mendedikasikan dirinya di masyarakat. Artinya, di luar dan di dalam ia akan terus memberikan sumbang­sih­nya untuk masyarakat.

Menghadapi Warga Rusun Dengan Trik Tersendiri

Menghadapi masyarakat kawasan Rusunawa Pa­dang tentunya tidak semudah membalikkan telapak ta­ngan. Berbagai rintangan dan suka duka pasti dilalui dalam menegakkan pera­turan Pemerintah Kota Padang.

Rambut sama hitam, namun sifat sangat beragam, itulah pepatah yang dima­napun  pasti akan ditemui. Sahurman, yang siap berjaga dan mengawasi rusun Pa­dang mulai dari pagi hingga sore hari pastilah tidak mudah. Berbagai tantangan dan rintangan datang meng­hampiri, namun, berkat keyakinan dan percaya diri, ia terus maju.

“Disini lengkap, mulai dari preman sampai pejabat juga ada. Namun semuanya saya berteman dan dekat. Ada yang mudah dan ada yang sulit tergantung bagai­mana menyikapi. Men­jalan­kan perintah Kepala Dinas TRTB dan Peraturan Pem­ko Padang artinya bersama kita teguh,” tambahnya.

Lebih lanjut ia meng­gambarkan keadaan rusun yang menurut semua orang pastilah sulit, namun bagi­nya tidak ada kata sulit selama masih berusaha.

Siapa lagi yang  menyo­kong pekerjaan sulit ini jika tak lain dukungan keluarga. “Yang jelas itu keluarga. Istri dan dua orang anak yang membuat saya terus bersemangat,” jelasnya.

“Disamping semangat yang terus diberikan ke­luarga, ada trik tersendiri untuk membuat warga ru­sun ini aman. Memang tak mudah tapi berkat keper­cayaan yang diberikan kepa­da saya, kerjasama teman-teman tim, lurah, camat, polsek dan pihak terkait lainnya membuat semua tugas menjadi lebih mu­dah,” imbuhnya.

Berbekal menjadi pela­tih karate dan karang taruna serta aktif di perolahragaan serta keahlian lainnya, Sa­hur­man tidak akan pernah gentar melakukan tugasnya. Terlihat kepercayaan diri dan komitmennya dalam bertugas yang menjadikan lawan-lawan yang harus ia lumpuhkan menjadi seperti keluarga baru baginya.

Kini, Sahurman bercita-cita dan berharap kepala dinas bisa menaikkan jaba­tannya menjadi Kepala Bi­dang Rusunawa supaya ia makin percaya diri untuk mampu menjadikan rusuna­wa menjadi teratur dan tertib.

“Ini harapan saya saja dan yang lebih penting lagi yang menjadi kunci kesuk­sesan ini adalah iman. Ba­gaimana menyempurnakan ibadah dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian mem­bahagiakan keluarga adalah tujuan hidup saya,” tutupnya. ***

 

Laporan:
RAHMA WINDA



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM