Rangkul Siswa dan Generasi Muda

IKRAR STIH Gelar Sosialisasi Hukum


Sabtu, 12 Desember 2015 - 01:14:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
IKRAR STIH Gelar Sosialisasi Hukum FORUM Ikrar STIH didampingi Dewan Pelindung, Nara sumber Laurensius foto bersama Siswa SMA N. 6 Padang saat Penyuluhan Hukum.

Ketua IKRAR Am­rinizal me­ngatakan, salah satu alasan yang mendasari kegiatan tersebut, antara lain be­rangkat dari kekhawatiran pihaknya melihat perilaku generasi muda saat ini. “Se­jauh ini, kita melihat jika kejahatan yang sering terjadi di tengah-tengah masya­rakat, kerap dilakukan oleh generasi muda,” ujar Am­rinizal.

Hal senada juga dikata­kan Wakil Ketua IKRAR, Hariyanto. Disebutkannya, banyak hal positif yang bisa didapat siswa dari kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum tersebut. Selain menambah wawasan dan ca­krawala siswa dan pen­didik, kegiatan itu juga akan dapat memberikan pemaha­man kepada siswa akan pentingnya sadar, paham dan taat hukum.

“Kegiatan ini akan terus kita laksanakan dengan me­libatkan seluruh SMA yang ada di Sumatera Barat. Se­lain sebagai momentum kebangkitan dan benteng, dari kegiatan ini juga diha­rapkan akan melahirkan generasi muda yang ber­iman, beraklak mulia, ber­karakter dan tentunya taat hukum,” harap Arie.

Laurensius Alirman SH. SE. M.Kn, yang tampil seba­gai narasumber mema­par­kan, sebagai warga negara, generasi muda mempunyai hak yang sama, dilindungi dan dihormati oleh setiap warga negara di dunia dan wajib memberikan perha­tian serta perlindungan yang cukup terhadap hak-hak anak.

“Namun sampai saat ini, problematika anak belum menarik perhatian mas­yarakat dan pemerintah. Padahal sesuai pasal 26 ayat 1, orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab ter­hadap anak, mengasuh, men­didik dan melindungi,” ujar Laurensius.

Sementara itu, Kepala SMA N 6 Padang, Drs Ra­ma­dansyah, MPd menje­laskan, negara tanpa hukum tidak akan aman dan ber­jalan sesuai dengan yang diharapkan. Sesuai kondisi kekinian, penyuluhan hu­kum ini merupakan langkah positif bagi masyarakat, khususnya kalangan ge­nerasi muda.

“Yang pasti, kegiatan ini akan dapat menambah ilmu serta wawasan siswa dan guru, agar mereka bisa lebih memahami aturan hukum,” ujar Ramadansyah.

Dalam sambutan Ketua YPKMI  juga pelindung IKRAR STIH Padang Da­vip Maldian, S. Sos me­ngatakan,  ilmu itu sangat penting dan tidak akan per­nah habisnya. Maka, tuntut­lah ilmu setinggi mungkin, dengan ilmu kita bisa me­raih masa depan yang lebih baik. ***

 

Laporan:
OSNIWATI



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM