Tahun Depan Anggaran Dana Desa Meningkat


Jumat, 11 Desember 2015 - 02:56:03 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Asisten Pemerintahan Setda Pasaman, Dalisman Darsah menyebutkan, dana desa tahun 2016 yang di­te­rima Pasaman untuk 32 nagari sebanyak Rp25,5 miliar. “Dibandingkan de­ngan dana desa yang di­terima tahun 2015 sebesar Rp11,6 miliar, maka dana desa tahun depan menga­lami kenaikan sebesar Rp13,9 miliar,” kata­nya, kemarin.

Menurutnya, jumlah de­sa atau nagari di Pasaman tercatat sebanyak 37 nagari, namun nagari yang men­dapatkan alokasi dana desa hanya sebanyak 32 nagari. Hal itu disebabkan, belum diterimanya kode desa (re­gis­trasi) dari Kemendagri.

“Jika dana desa tersebut dibagi rata, setiap nagari akan mendapatkan dana desa sekitar Rp700 juta. Jumlah ini, mengalami pe­ning­katan dua kali lipatnya dibanding dana desa tahun 2015, yang rata-rata me­ne­rima sekitar Rp300 juta per desa atau nagari,” katanya.

Selain itu, kata Da­lis­man, setiap nagari di wi­layah itu masih akan men­dapatkan tambahan dana dari Alokasi Dana Desa atau alokasi dana nagari yang berasal dari APBD kabu­paten. “‘Bila seluruh dana ini dijumlahkan seluruhnya, setiap desa dipastikan akan mengelola dana lebih dari Rp1 miliar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ber­da­sarkan APBD tahun 2016, pemerintah setempat se­dikit­nya mengalokasikan anggaran dana alokasi um­um nagari (Daun) sebesar Rp18 miliar.

Dalisman juga me­nam­bah­kan, berdasarkan plafon 2016 tiap kanagarian juga mendapatkan alokasi untuk anggaran Program Pem­bangunan Partisipatif Ber­basis Nagari (P2BN) se­besar Rp30 miliar, yang ber­sum­ber dari dana APBD.

Khusus dana desa, kata Dalisman, hanya bisa di­alo­kasikan untuk pem­bangu­nan infrastruktur desa, sa­rana prasarana dan ekonomi kemasyarakatan. Di luar itu, kata Dalisman, tidak di­benar­kan sama sekali.

Dalisman menekankan, agar dana desa di­per­guna­kan sesuai aturan berlaku. Seluruh wali nagari, kata dia, harus mematuhi pe­tunjuk tekhnis (Juknis) dan petunjuk pelaksana (Ju­kl­ak), jika tidak ingin be­ru­rusan dengan aparat pe­ne­gak hukum. (h/col)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 November 2018 - 12:48:21 WIB

    PAD Parkir Kota Pariaman Capai Rp1,3 Miliar per Tahun

    PAD Parkir Kota Pariaman Capai Rp1,3 Miliar per Tahun PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Komitmen kepala daerah sangat diperlukan untuk memajukan pariwisatanya ke tingkat dunia. Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengikatkan hal saat berkunjung di Pariaman, Minggu (11/11)..
  • Rabu, 24 Oktober 2018 - 11:45:43 WIB

    Panggung Seni Mudiak Aia Selesai Akhir Tahun

    Panggung Seni Mudiak Aia Selesai Akhir Tahun PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan panggung pertunjukkan seni terbuka (Outdoor Amphitheater), di Kenagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan bakal selesai akhir 2018..
  • Kamis, 13 September 2018 - 16:57:03 WIB

    Wayang Kulit Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Sawahlunto

    Wayang Kulit Meriahkan Perayaan Tahun Baru Islam di Sawahlunto SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM--Berbagai penampilan seni budaya multi etnis mewarnai perayaan tahun baru 1440 Hijriyah yang digelar oleh masyarakat Kelurahan Durian II Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto..
  • Rabu, 31 Januari 2018 - 22:32:16 WIB

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam

    2018 Dicanangkan Tahun Peduli  Indra Catri Resmikan Belasan Gedung Baru Pemkab Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM- Bupati Agam H. Indra Catri, Dt. Malako Nan Putiah mencanangkan 2018 sebagai tahun peduli, dan meresmikan 12 unit bangunan baru di Lingkungan Pemkab Agam, Rabu (31/1) Lubuk Basung. .
  • Selasa, 05 Desember 2017 - 19:01:10 WIB

    Tahun 2018, Pemkab Pessel Akan Terapkan Sistem Transaksi E-Money

    Tahun 2018, Pemkab Pessel Akan Terapkan Sistem Transaksi E-Money PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), akan menerapkan sistem e-Money atau transaksi non tunai, untuk mengatur pengeluaran atau pembayaran belanja yang bersumber dari anggaran pendapa.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM