Terima Penghargaan Mendagri

Penyelenggaraan PPK Kota Solok Lebihi Target Nasional


Jumat, 11 Desember 2015 - 02:55:06 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Atas keberhasilan mele­bihi target nasinal dalam pencatatan kelahiran, Kota Solok mendapat penghar­gaan dari Kementerian Da­lam Negeri yang diserahkan Menteri Dalam Negeri Cah­yo Kumolo kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Nova Elfino di Jambi awal minggu lalu.

“Berhasilnya Kota So­lok memperoleh peng­har­gaan dari Kementerian Da­lam Negeri karena selama tahun 2015, pemerintah pusat me­nar­getkan pen­catatan kela­hiran itu 75 %, namun bagi Kota Solok setelah dila­kukan evaluasi mencapai 82,5 %, artinya melebihi target nasional,” jelas Kepa­la Dinas Ke­pendudukan Catatan Sipil Kota Solok Nova Elfino kepada Haluan di Kota Solok Kamis (10/12).

Untuk Sumatera Barat, hanya dua kota yang keba­gian penghargaan dan mele­bihi target nasional, yakni Kota Padang Panjang dan Kota Solok, hanya dua duta Sumbar dikancah nasional. Jika keseluruhan ada empat yakni Sumatera dan Kali­mantan. Selaku kota kecil yang mulai padat penduduk perlu disyukuri atas keber­hasilan tersebut, apalagi dipenghujung tahun 2015 yang juga bersamaan de­ngan Hari Ulang Tahun Kota Solok 16 Desember nanti, ini namanya kado ulang tahun dari Kemen­terian Dalam Negeri.

Kata Nova Elfino, te­rea­lisasinya pelaksanaan pen­catatan kelahiran me­­le­bihi target nasinal juga di­du­kung dengan ker­jasa­ma rumah sakit dan klinik bersalin de­ngan Pemda Kota Solok. Bulan April 2015 lalu, Walikota Solok bersama direktur Rumah Sakit Umum dan klinik ber­salin yang ada di Kota Solok membuat kesepa­katan dan kerjasama da­lam mengeluarkan akte pencatatan kelahiran.

Kerjasama itu sudah disosialisasikan dan di­rea­lisa­­sikan oleh klnik bersa­lin dan rumah sakit umum Kota Solok, setiap ibu mela­hir­kan sudah di­se­dia­kan akte pen­catatan kela­hi­ran yang dise­diakan di ru­mah sakit dan rumah ber­salin, perawat ber­sama ibu mela­hirkan bisa mengisi data yang disediakan untuk selanjutnya diserahkan pada Dinas Ke­pen­dudukan Cata­tan Sipil.

Proses penerbitan akte kelahiran di rumah bersalin maupun rumah sakit sangat gampang dan bisa ditunggu beberapa menit karena pi­hak­­nya sudah menyiapkan blang­ko isian dan tinggal mengisi oleh ibu melahirkan maupun pihak rumah sakit. “Jadi uru­san­nya tidak mere­potkan pasien maupun ke­luarga,” terang Nova Elfino. (h/alf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 Maret 2016 - 02:25:29 WIB

    KPU Beri Penghargaan Penyelenggaraan Pilkada

    SOLOK, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok memberikan penghargaan dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat serta pemilihan walikota dan wakil walikota solok tahun 2015 Senin ma.
  • Jumat, 05 Februari 2016 - 03:04:01 WIB

    Waspadai Biro Penyelenggaraan Umrah Ilegal

    PASAMAN, HALUAN— Ke­pala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabu­paten Pasaman Abdel Haq, meminta masyarakat me­was­padai memilih biro perjalanan dan penyelenggara umrah ilegal. .
  • Jumat, 29 Januari 2016 - 03:34:56 WIB

    KPU Evaluasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak

    PADANG PARIAMAN, HALU­AN — Komisi Pe­milihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman melakukan evaluasi proses penye­leng­garaan pemilu pada pilkada serentak serta membubarkan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupate.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM