Tepati Janji, Bikin Hidup Lebih Berkualitas


Jumat, 11 Desember 2015 - 02:50:00 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kehidupan masyarakat urban saat ini dituntut untuk selalu tepat waktu, baik itu saat menyelesaikan tugas kantor atau bertemu dengan seseorang. Karena itulah, dengan mengubah budaya “jam karet” menjadi lebih tepat waktu akan membantu meningkatkan kualitas hi­dup hingga karir lebih baik.

Sebagai seorang pebisnis misalnya, selalu tepat waktu menjadi modal utama mem­bangun kepercayaan mitra bisnis. Banyak cara bisa Anda lakukan untuk me­nerapkan budaya tersebut.

Salah satunya melalui kehadiran teknologi cang­gih saat ini. Dengan tekno­logi, sejatinya, tak ada alasan lagi bagi Anda mengaku susah menerapkan budaya tepat waktu. Berikut bebe­rapa tips menerapkan kon­sep serba 30 menit tepat waktu:

Buat reminder 30 menit

Ponsel pintar meru­pa­kan salah satu device yang cukup efektif digunakan sebagai pengingat janji atau deadline. Dengan begitu, Anda tidak akan mengalami benturan jadwal atau kegia­tan karena punya beragam aktivitas.

Fitur ini juga akan mem­beri Anda peringatan untuk menyesuaikan waktu yang telah Anda buat sendiri sebelumnya. Misalnya, An­da cukup mengatur remin­der di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau atur 30 sampai 15 menit sebe­lumnya. Anda tak perlu khawatir lupa terhadap jad­wal yang telah dibuat.

Pergi 30 menit lebih awal

Memulai apapun de­ngan waktu lebih cepat tidaklah buruk, termasuk janji datang ke sebuah per­temuan. Dengan begitu An­da, bisa bisa sampai di lo­kasi lebih awal dari jadwal.

Seperti itulah jika Anda ingin mengubah budaya “jam karet”. Caranya, Anda perlu mengevaluasi lebih dulu waktu tempuh menuju lokasi. Misalnya, jika me­miliki janji pukul 15:00, usahakan sudah sampai lokasi pukul 14:30.

Jangan lupa, ketahui rute perjalanan Anda untuk menyesuaikan estimasi wak­tu Anda tersebut. Untuk tujuan itu, Anda bisa me­man­faatkan aplikasi maps yang ada di ponsel untuk mengetahui jarak dan waktu tempuh ke lokasi.

Selain menunjukkan si­kap profesional dalam menghargai waktu, hadir lebih awal 30 menit bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas lain, seperti me­ngisi daya (charging) baterai ponsel sebelum lowbatt.

Dengan begitu, Anda juga tak perlu khawatir komunikasi terputus akibat tak ada daya. Apalagi, tek­nologi ponsel saat ini se­makin canggih berkat ada­nya VOOC Flash Charging. Cukup manfaatkan waktu 30 menit menunggu klien, baterai sudah terisi penuh hingga 75 persen.  

Sistem kurun waktu

Catat semua jadwal per­temuan atau deadline tugas sesuai kurun waktu yang ditentukan. Anda bisa me­mulainya dalam jangka wak­tu sebulan, seminggu, atau sehari.

Jadwal kegiatan bu­lanan, mingguan dan harian itu ada baiknya Anda buat di ponsel. Tak lain, karena teknologi ponsel saat ini semakin canggih dan ber­peran penting bagi aktivitas sehari-hari kaum urban. Aplikasi pencatat yang ter­hubung langsung dengan kalendar bisa dimanfaatkan sebagai media pencatat se­mua jadwal Anda.

Selain itu, tak ada sa­lahnya Anda membuat ca­tatan dengan sticky notes pada perangkat komputer. Cara ini akan mendukung Anda menjalani kegiatan tepat waktu. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM