Sejumlah Capres AS Kecam Donald Trump


Kamis, 10 Desember 2015 - 03:50:40 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hujan kecaman dimulai dari mantan Gubernur Florida Jeb Bush yang merupakan salah satu penantang seriusnya. “Proposal kebijakan ini tidaklah serius, Trump memiliki masalah mental,” kata Jeb di Twitternya. Salah satu kandidat unggulan lainnya, Senator Marco Rubio menyebut kebiasaan buruk Trump yang terus mengeluarkan pernyataan yang ofensif tidak akan dapat mempersatukan rakyat Amerika. 

Rubio dengan tegas mengatakan dia tidak setuju dengan ide kontroversial tersebut. Pakar bedah saraf Ben Carson yang pernah mengeluarkan pernyataan kontroversial bahwa umat Muslim tidak dapat menjadi Presiden AS juga buru-buru mengecam pernyataan Trump. 

“Setiap orang yang mengunjungi negara ini perlu mendaftarkan diri dan dimonitor pergerakannya seperti di negara lain, tetapi kampanye kami tidak akan pernah dan tidak mengadvokasi pemonitoran terhadap agama tertentu,” kata juru bicara kampanye Carson.

Senator konservatif Ted Cruz yang bersaing ketat dengan Trump di survei Negara Bagian Iowa menge­luarkan pernyataan yang lebih hati-hati. “Ok, yang pasti itu bukan kebijakan saya,” tutur Cruz yang sebelumnya menyerukan moratorium terhadap pengungsi dari negara yang dikuasai oleh kelompok ISIS maupun Al Qaeda. 

Namun Cruz menolak mengecam Trump lebih jauh karena dia sedang bersaing ketat dengannya untuk memperebutkan blok suara yang sama, yaitu dukungan kaum evangelical yang krusial di Iowa. 

Gubernur Ohio John Kasich menuturkan bagai­mana pernyataan Trump seharusnya mendiskualifikasi dia sebagai capres. “Ini contoh lain mengapa dia sangat tidak layak memimpin Amerika,” kecam Kasich. 

Capres kuat Partai Demokrat Hillary Clinton tanpa basa-basi melontarkan kritikan pedas. “Ini memecah belah, menuduh, dan layak dikecam,” kata Hillary tentang seruan Trump. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM