KPU Bukittinggi Musnahkan 2.216 Surat Suara


Kamis, 10 Desember 2015 - 02:56:43 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Total surat suara pemi­lihan yang dimusnahkan oleh KPU Bukittinggi itu berjumlah 2.216 lembar, terdiri surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gu­bernur Sumbar berjumlah 458 lembar dan surat suara pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi berjumlah 1.758 lembar.

Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi Benny Aziz me­ngatakan, dari 74.827 jum­lah surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gu­bernur Tahun 2015, ditemui sejumlah surat suara yang rusak, setelah dilakukannya penyortiran. Sedangkan su­rat suara pemilihan Wali­kota Bukittinggi dan Wakil Walikota Tahun 2015 yang rusak, ditemui setelah KPU menyortir 76.127 lembar surat suara. Selain itu, KPU juga menemukan kelebihan surat suara sebanyak 1.584 lembar.

Dikatakannya, pemus­naan surat suara ini dila­kukan, agar tidak terjadi penyalahgunahan oleh ok­num yang tidak bertang­gungjawab.

“Jadi pemusnaan surat suara ini kita lakukan sebe­lum penghitungan surat suara sah yang telah di cob­los oleh masyarakat, dan dalam pemusnaan surat sua­ra ini kita disaksikan oleh Panwaslu dan Kepolisian,” ujarnya.

Selain surat suara pe­milihan  Gubernur dan Wa­kil Gubernur serta surat suara pemilihan Walikota Bukittinggi dan Wakil Wa­likota Tahun 2015, juga terdapat sebanyak 9.150 lembar formulir C6 yang dikembalikan oleh Kelom­pok Penyelenggara Pemu­ngutan Suara (KPPS) Selasa malam.

Dijelaskannya, pengem­balian C6 itu dikarenakan ada ditemui data ganda dan yang telah meninggal dunia serta masyarakat yang pin­dah alamat, tetapi masya­rakat itu sendiri tidak meng­komfirmasikan kepin­dahan­nya, karena merasa masih tinggal di kelurahan yang sama.

“Apabila mereka tidak mendapat C6 tetapi mereka terdaftar sebagai DPT, me­re­ka cukup menujukan in­dititas (KTP) dan nomor DPT yang tertera agar bisa mencoblos. Khusus ma­sya­rakat yang tidak terdaftar di DPT, tapi mereka memiliki KTP Bukittinggi, KPPS te­lah menyediakan waktu un­tuk masyarakat ini menggunakan hak suaranya hingga pukul 13.00WIB,” pungkas Benny Aziz. (h/wan)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 Maret 2017 - 11:59:28 WIB

    Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi

    Didugat, KPU Payakumbuh Tunggu Surat Resmi PAYAKUMBUH, HALUAN – Menanggapi permohonan gugatan pelaksanaan dan hasil rekapitulasi suara suara Pilkada Kota Payakumbuh yang diajukan oleh tim sukses Paslon no urut 3, Suwandel Muchtar – Fitrial Bachri (W-Fi) ke Mahkama.
  • Jumat, 06 Januari 2017 - 17:59:19 WIB

    Satu Jabatan Komisioner KPU Bukittinggi Masih Kosong

    BUKITTINGGI, HALUAN – Untuk mengisi kekosongan jabatan Komisioner KPU Bukittinggi yang ditinggalkan Tanti Endang Lestari. KPU Bukittinggi mengatakan tidak bisa memastikan kapan akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) un.
  • Senin, 21 November 2016 - 00:12:50 WIB

    KPUD Gencarkan Sosialisasi pada Pemilih Pemula

    PADANG PANJANG, HALUAN—Meskipun Kota Padang Panjang tidak mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Padang Panjang tetap menggencarkan berbagai sosiali.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:30:39 WIB

    KPU Sawahlunto Gelar Jumat Mengaji

    KPU Sawahlunto Gelar Jumat Mengaji SAWAHLUNTO, HALUAN —Jika Pe­merin­tah Sawahlunto menso­siali­sasikan program magrib me­ngaji, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawah­lunto justru menggelar jumat mengaji..
  • Jumat, 04 Maret 2016 - 02:25:29 WIB

    KPU Beri Penghargaan Penyelenggaraan Pilkada

    SOLOK, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok memberikan penghargaan dalam penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat serta pemilihan walikota dan wakil walikota solok tahun 2015 Senin ma.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM