Suasana Pilkada Agam

Masyarakat Temukan Kotak yang Diduga Bom


Rabu, 09 Desember 2015 - 02:27:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kejadian tersebut sem­pat membuat panik masya­rakat sampai pihak kepoli­sian turun mengevakuasi lokasi tersebut.

Awalnya benda tersebut diterbangkan oleh balon gas yang sudah kempes, dan akhirnya terjatuh di kebun tebu masyarakat.  Kotak segi empat berukuran lebih kurang lebar 20cm dengan tinggi 25cm yang terbungkus kardus warna putih serta memiliki bergetaran. Keja­dian tersebut kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Kepala Kepolisian Re­sor Agam, AKBP Eko Bu­dhi Purwono, mengatakan, barang berupa kotak yang ditemukan di lawang itu setelah dideteksi bukanlah bom. Tetapi adalah Alat Pemantau cuaca milik Ba­dan Meteorlogi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) Koto Tabang Kota Bu­kit­tinggi yang jatuh di kebun tebu masyarakat di jalan Puncak Lawang menuju Pasar Matur.

Ia menjelaskan, infor­masi tersebut berawasl dari masyarakat. Tidak lama setelah mendapatkan lapo­ran ia langsung menuju lo­kasi penemuan kotak yang mencurigakan tersebut. Un­tuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan ke­mudian hal ini dilaporkan kepada pihak gegana Pa­dang, Panjang.

Dikatakannya, selang beberapa saat kemudian tim gegana datang kelokasi ter­se­but untuk mensterilkan lokasi dan mendeteksi ba­rang mencurigakan terse­but.  Tim Gegana Bri­bob­da Padang Panjang meng­gunakan baju anti bom leng­kap.  Setelah anggota Ge­gana bergerak melangkah mendekati benda itu, tetapi tidak menunjukan hal-hal yang berbahaya.

“Karena ada dugaan ba­rang tersebut tidak menun­jukkan benda seperti bom, kemudian tim menghubungi BMKG Koto tabang, mere­ka akhirnya mengkormimasi jika kotak tersebut meru­pakan milik mereka dengan jenis alat pemantau cuaca,” katanya.

Dikatakan Eko, apa yang dilakukan sudah benar, yaitu melaporkan setiap hal-hal yang mencurigakan di lingkungan mereka. Apabila ada laporan cepat tentu pihak kepolisian bisa de­ngan tepat pula melakukan antisipasi. Pihak kepolsiian sudah meningkatkan pe­ngamanan, apalagi pada suasana pilkada. (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 November 2018 - 11:37:47 WIB

    Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat

    Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat AGAM, HARIANHALUAN.COM- Program Sistem Pelayanan Tiap Hari KTP Elektronik (Simpati) KTP-el Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, rentang waktu September - Oktober mencapai ribuan data wajib e-K.
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 12:21:53 WIB

    Objek Wisata Banto Royo Dorong Kesejahteraan Masyarakat

    Objek Wisata Banto Royo Dorong Kesejahteraan Masyarakat AGAM, HARIANHALUAN.COM- Obyek wisata Banto Royo dengan luas 6 hektar berada di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, diharapkan menambah geliat pariwisata serta mendorong sektor perekonomian masy.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:35:48 WIB

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat Malalo Tigo Jurai yang semakin tersadarkan dengan potensi alam Malalo dengan bantuan oleh LSM Qibar, INSIST, dan HUMA yang kemudian berjuang bersama untuk terwujudnya Hutan Ada.
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 10:08:13 WIB

    Agam Deklarasikan Masyarakat Anti Hoaks

    Agam Deklarasikan Masyarakat Anti Hoaks AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam mendeklarasikan Masyarakat Anti Hoaks. Deklarasi ini diikuti oleh seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Agam, di halaman Kantor Bupati Agam, Selasa (13/3). Kepala OPD juga dimin.
  • Jumat, 03 November 2017 - 16:57:08 WIB

    Kisruh Pemimpin Kabupaten Limapuluh Kota, Masyarakat Serukan Islah

    Kisruh Pemimpin Kabupaten Limapuluh Kota, Masyarakat Serukan Islah LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Kisruh duo kepala daerah Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan di Limapuluh Kota baru-baru ini, ternyata menyita perhatian masyarakat Luak Limopuluah. Mulai dari anggota DPRD, tokoh masyarakat, tokoh p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM