Masyarakat Diajak Maksimalkan Fungsi Lahan Pertanian


Rabu, 09 Desember 2015 - 02:14:04 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hol­tikul­tura Per­ke­bunan  Pessel, Afrizon N­a­zar  me­nga­ta­kan, swasem­bada pangan yang akan menjadikan Pes­sel sebagai surplus beras di Sumbar membutuhkan ker­ja keras  untuk men­ca­pai­nya. Untuk me­ning­kat­kan  ha­sil pro­duksi  pa­di,  pengelolaan lahan yang baik akan membuahkan hasil yang baik pula.

“Peran Penyuluh Per­tanian Lapangan (PPL) juga sangat menentukan ke­ber­hasilan pertanian  sebagai urat nadi ekono­mi  ma­syarakat Pessel, apa­lagi 72 persen masyarakat Pessel bergantung dari hasil pro­duksi pertanian. Selain itu,  pengurus kelom­pok ta­ni yang tersebar di wila­yah kecamatan, juga dituntut aktif  untuk mencapai swa­sembada berkelanjutan di daerah Pessel,” tuturnya.

Menurutnya, ter­wu­jud­nya keberhasilan dalam pe­ningkatan produksi pangan, khu­susnya beras, dapat mem­­pertahan­kan swa­sem­bada pangan bersama pe­merintah. Oleh karena itu, untuk mencapai ke­be­r­ha­silan tersebut per­lu pem­binaan dari PPL untuk me­ne­­rap­kan ilmu tek­nolo­gi terhadap para peta­ni, kemudian meningkatkan kreatifitas petani dengan mengembangkan teknologi tepat guna.

Ia melanjutkan, PPL di Pes­sel  akan me­nga­wal dan men­dampingi ang­gota ke­lompok tani, te­rut­ama  dalam menggarap la­han pe­r­tanian sawah. PPL juga be­kerjas­a­ma ser­ta ber­koor­dinasi dengan Babinsa TNI dalam pendampingan untuk meningkatkan pro­duks­i padi, jagung dan ke­de­lai dalam suatu kegiatan pengop­ti­malan lahan  dan reha­bilatasi jaringan irigasi

Ia menambahkan, dae­rah Pessel yang memiliki areal sawah yang cukup luas, yak­ni lebih dari 30,444 ribu hektare,  bila bisa di­mam­faatkan secara op­ti­mal, maka ekonomi ma­syar­a­kat akan me­ning­kat, dan menekan angka kemiskinan. Kendala sela­ma ini, masih ada sawah yang potensial, namun di­biarkan tertidur dengan berbagai faktor, an­tara lain, keter­batasan ja­ringan iri­gasi yang belum memadai. (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 02 November 2018 - 11:37:47 WIB

    Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat

    Pelayanan Simpati di Agam Rekam Ribuan Data Masyarakat AGAM, HARIANHALUAN.COM- Program Sistem Pelayanan Tiap Hari KTP Elektronik (Simpati) KTP-el Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, rentang waktu September - Oktober mencapai ribuan data wajib e-K.
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 12:21:53 WIB

    Objek Wisata Banto Royo Dorong Kesejahteraan Masyarakat

    Objek Wisata Banto Royo Dorong Kesejahteraan Masyarakat AGAM, HARIANHALUAN.COM- Obyek wisata Banto Royo dengan luas 6 hektar berada di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, diharapkan menambah geliat pariwisata serta mendorong sektor perekonomian masy.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:35:48 WIB

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat

    Masyarakat Nagari Malalo Berjuang Wujudkan Hutan Adat TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat adat Malalo Tigo Jurai yang semakin tersadarkan dengan potensi alam Malalo dengan bantuan oleh LSM Qibar, INSIST, dan HUMA yang kemudian berjuang bersama untuk terwujudnya Hutan Ada.
  • Rabu, 14 Maret 2018 - 10:08:13 WIB

    Agam Deklarasikan Masyarakat Anti Hoaks

    Agam Deklarasikan Masyarakat Anti Hoaks AGAM, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Agam mendeklarasikan Masyarakat Anti Hoaks. Deklarasi ini diikuti oleh seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Agam, di halaman Kantor Bupati Agam, Selasa (13/3). Kepala OPD juga dimin.
  • Jumat, 03 November 2017 - 16:57:08 WIB

    Kisruh Pemimpin Kabupaten Limapuluh Kota, Masyarakat Serukan Islah

    Kisruh Pemimpin Kabupaten Limapuluh Kota, Masyarakat Serukan Islah LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM--Kisruh duo kepala daerah Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan di Limapuluh Kota baru-baru ini, ternyata menyita perhatian masyarakat Luak Limopuluah. Mulai dari anggota DPRD, tokoh masyarakat, tokoh p.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM