Sitti Izati Aziz

Perempuan Harus Dapat Perhatian


Rabu, 09 Desember 2015 - 02:04:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Perempuan Harus Dapat Perhatian

Dalam hal ini, meski Undang-Undang dan se­jumlah aturan telah me­negaskan perempuan ber­hak mendapatkan perla­kuan yang sama sebagai warga negara, namun belum lah semua kepentingan yang berhubungan dengan pe­rempuan diakomodir de­ngan baik.

Di Provinsi ini, salah satunya bisa dilihat dari segi penganggaran. Anggota Ko­misi V DPRD Sumbar Sitti Izati Aziz menyebut, tahun depan Sumbar hanya meng­anggarkan sekitar Rp2 mi­liar  untuk Badan Pem­berdayaan Perempuan dan KB (BPPr&KB). Ang­ka itu turun dibanding tahun 2015 sekarang yang mencapai sekitar Rp3 miliar.

“Melihat  kondisi saat ini dimana kekerasan ter­hadap perempuan sering  terjadi,  dan perempuan sering tak berdaya meng­hadapi persoalan yang ada, mestinya sokongan ang­garan  untuk lembaga atau SKPD yang mengakomodir kepentingan perempuan memang bisa ditetapkan dalam jumlah yang  cu­kup,” kata Sitti.

Menurut dia, hal tadi terjadi bukan karena ang­garan yang minim, atau ketidak pedulian DPRD sebagai salah satu pihak yang turut menganggarkan. Komisi V, katanya, telah berusaha agar tersedia ang­garan yang cukup untuk Badan Pemberdayaan Pe­rem­puan dan  KB.

Tapi karena masih ren­dahnya kepekaan eksekutif mengajukan anggaran yang memadai untuk intansi yang menangani persoalanb pe­rempuan tersebut, DPRD juga tak bisa meng­goalkan anggaran secara sepihak.

“Kita memang bukan daerah yang kaya, tapi jika eksekutif dalam hal ini TA­PD bisa berfikir kegiatan perempuan adalah suatu yang penting untuk men­dapat perhatian, jalan untuk keberpihakan pada pe­rem­puan itu pasti ada. Tak mesti dengan anggaran besar, tapi cukup,” katanya.

Lebih lanjut, politisi Fraksi Golkar yang saat rapat-rapat di DPRD sering memberi masukan serta  kritikan terkait persoalan perempuan ini mengatakan, ke depan, kepala daerah terpilih diharapkan  adalah sosok yang peduli dengan persoalan perempuan.

Hal itu karena, untuk peng­ang­ga­ran harus ada persamaan persepsi antara legilatif dan eksekutif. (h/mg-len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM