Ayo Kawal Pilkada Rabu, 9 Desember


Selasa, 08 Desember 2015 - 03:33:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ayo Kawal Pilkada Rabu, 9 Desember Hendra Irwan Rahim

Hal tadi di­sam­pai­kan, karena Pilkada se­ren­tak ini pertama kali di­lak­sanakan di Indonesia. Tentunya berpotensi konflik.  “Kita harus mengawal agar tak ada sengketa di ma­syarakat,” kata Hendra kepada wartawan, Senin (7/12).

Disampaikan Hendra, dalam pelaksanaan Pilkada, yang bertanggungjawab bukan hanya lembaga pe­nyelenggara pemilu saja, namun juga seluruh lembaga pe­merin­tahan lainnya. Begitu juga partai politik dan seluruh masyarakat. Dengan begitu akan bisa dicapai Pilkada badunsanak yang telah diikrarkan pemerintahan Sum­bar.

Politisi dari Fraksi Golkar ini juga meminta, petugas pelaksana pemilu, mulai dari petugas di TPS-TPS hingga KPU dan Ba­was­lu agar bekerja seoptimal mungkin. Lakukan pekerjaan dan pengawasan pemilu dengan se­baik-baiknya. Sehingga hasil dari Pilkada akan benar-benar sesuai dengan harapan masyarakat.

Menurut dia, apapun hasil Pilkada di 13 kabupaten/kota dan provinsi nantinya harus diterima dengan lapang dada. Siapapun yang ditetapkan sebagai peme­nang harus didukung demi kemajuan daerah. 

Selain itu, Hendra m­e­ne­gaskan agar semua masyarakat un­tuk menggunakan hak suara pa­da hari pemungutan Pilkada. Te­rutama mereka yang memiliki hak pilih. Pilkada, kata dia, me­ru­­pakan kewajiban dan hak se­mua masyarakat. Ini me­rupa­kan wujud peran serta tiap orang un­­tuk berkontribusi bagi kema­ju­an daerah.  “Lima tahun pem­ba­­­ngunan dan kemajuan Sumbar dan ka­bupaten kota ditentukan pa­da hari itu. Jangan sampai gol­put. Gu­nakan hak pilih,” ujar­nya. 

Momen Pilkada merupakan hak semua masyarakat. Nan­tinya, pemimpin yang dipilih juga merupakan kehendak mayoritas masyarakat. Sehingga diperlukan pempimpin yang mampu meng­gebrak semua kelemahan selama ini un­t­uk kemajuan daerah dan Sum­bar ke depan. 

DPRD sebagai lembaga pe­ngawas, tambahnya, berharap pemimpin yang terpilih meru­pakan pemimpin yang bisa mewu­judkan kebaikan untuk 13 ka­bupaten kota dan provinsi yang ikut Pilkada serentak ini.

“Laksanakan visi dan misi dengan total. Tunaikan janji pada masyarakat saat kampanye,” tegasnya. 

Lebih lanjut, ia berharap bupati/walikota dan gubernur terpilih bisa mewujudkan semua kon­sep dan langkah pem­ba­ngu­nan strategis di daerah ma­sing-ma­sing. Tentu disesuaikan de­ngan rancangan pembangunan jang­ka menengah daerah (RPJ­MD) masing-masing. Tak kalah pen­ting semua langkah dan kebij­akan yang diambil harus pula ber­­pihak pada masyarakat. (h/adv)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Februari 2018 - 17:04:20 WIB

    Mayor Inf Endik Jabat Danyonif 133/Yudha Sakti

    Mayor Inf Endik Jabat Danyonif 133/Yudha Sakti PADANG, HARIANHALUAN.COM—Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P pimpin serah terima jabatan Komandan Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti dari Letkol Inf Dwi Putranto, S.A.P. kepada Mayor Inf Endik Hendrasandi, S..
  • Selasa, 25 Juli 2017 - 13:11:30 WIB

    Ayo Segera Urus E-KTP, Karena Suket Hanya Berlaku Enam Bulan

    Ayo Segera Urus E-KTP, Karena Suket Hanya Berlaku Enam Bulan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Surat keterangan (Suket) sebagai pengganti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) hanya berlaku enam bulan..
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 03:24:29 WIB
    RESES WAKIL KETUA DPRD

    ‘Wako Sukses, Ayo Dipilih Kembali’

    ‘Wako Sukses, Ayo Dipilih Kembali’ PADANG, HALUAN — Wa­kil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra me­laksanakan reses di Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara Sabtu (20/8)..
  • Kamis, 02 Juni 2016 - 05:54:19 WIB

    Mayor Feri Handra: 'Ayo Perangi Narkoba dan Radikalisme'

    Mayor Feri Handra: 'Ayo Perangi Narkoba dan Radikalisme' PADANG, HALUAN — Me­masuki bulan suci Ramadan 1437 H, Danramil 01 Padang Barat-Utara, Kota Padang ber­silaturahmi dengan warga ma­syarakat setempat. Tentara Na­sional Indonesia (TNI) adalah pelindung bagi masyarakat. Le.
  • Kamis, 12 Maret 2015 - 19:25:10 WIB

    Mayoritas Eksaminator Tak Setuju Putusan Hakim Sarpin

    PADANG, HALUAN—Beda pen­da­pat terjadi saat pengujian (eksa­minasi) pasca putusan pra­pera­dilan penetapan tersangka Kom­jen Pol Budi Gunawan (BG) di Convention Hall Kampus Unand, Rabu (1.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM