Gempa 7,2 SR Landa Tajikistan


Selasa, 08 Desember 2015 - 03:14:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Komisi Darurat Tajikistan, seperti dilansir Reuters, Senin (7/12/2015), mengaku belum mendapat laporan soal jumlah korban tewas maupun kerusakan akibat gempa bumi ini. Sedangkan kantor berita Rusia, RIA, yang mengutip Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa gempa ini tidak mempengaruhi pangkalan militer Rusia di Tajikistan.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, pusat gempa ada di lokasi sejauh 111 kilometer sebelah barat daya Karakul, Tajikistan. Wilayah itu dikenal sebagai wilayah pegunungan yang jarang ditinggali penduduk.

Warga ibukota Dushanbe menuturkan ke­pa­da Reu­ters via telepon bahwa gempa bumi ini dirasakan di wilayah ibukota namun tidak terlalu kencang.

Dilaporkan media India, NDTV, bahwa getaran gempa dirasakan warga di New Delhi dan beberapa wilayah lainnya terutama di bagian utara negara tersebut. Tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa ini di India.

Saksi mata lainnya menyebut getaran gempa membuat gedung-gedung di Afghanistan dan Pakistan ikut bergetar. Ratusan orang berlarian keluar gedung untuk menyelamatkan diri ketika getaran gempa terasa di wilayah-wilayah tersebut.

Tajikistan yang bekas negara Uni Soviet ini ber­batasan langsung dengan Afghanistan, China, Kyrgyztan dan Uzbekistan. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 03:32:24 WIB

    Gempa Susulan di Italia Rusak sekolah

    ROMA, HALUAN — Gempa susulan mengguncang Italia Tengah pada Minggu (28/8) sore/ Gempa tersebut mengakibatkan kerusakan baru pada satu gedung sekolah di kota kecil Amatrice..
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 04:04:33 WIB

    Gempa di Italia Tewaskan 18 Orang

    Gempa di Italia Tewaskan 18 Orang ROMA, HALUAN—Setidaknya telah ada 18 korban tewas dalam bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Italia bagian tengah, Rabu pagi (24/8)..
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:06:30 WIB
    BMKG SEBAR PERINGATAN PALSU

    Jepang Diguncang Gempa 9,1 SR

    TOKYO, HALUAN — War­­ga Jepang mendapat pe­ri­n­gatan gempa berkekuatan 9,1 pada Skala Richter (SR) sekira pukul 17.00 waktu setempat. Peringatan gempa dahsyat itu membuat warga panik dan mengganggu se­jum­lah pelaya.
  • Senin, 11 Juli 2016 - 11:15:55 WIB

    Ekuador Diguncang Gempa 6,4 SR, Lokasinya Sama dengan Musibah April

    Ekuador Diguncang Gempa 6,4 SR, Lokasinya Sama dengan Musibah April Quito - Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Ekuador bagian utara. Wilayah yang diguncang gempa ini berada di area yang sama yang hancur akibat gempa kuat pada pertengahan April lalu..
  • Senin, 25 April 2016 - 03:10:22 WIB

    Jepang Tambah Dana untuk Rekonstruksi Pascagempa

    TOKYO, HALUAN — Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe meminta peme­rinta­hannya menambahkan paket anggaran belanja untuk mendanai rekonstruksi akibat gempa, Ahad (24/4). Kebijakan ini diharap berlaku mulai 1 Juni..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM