Basko Napak Tilas ke Pasar Raya

Ajak Kawan Lama Pilih MK-Fauzi


Sabtu, 05 Desember 2015 - 04:19:59 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ajak Kawan Lama Pilih MK-Fauzi

Pengusaha dan to­koh nasional asal Sumbar H. Bas­rizal Koto terus melakukan blusukan me­nga­jak warga memilih calon Gubernur Sumbar, Muslim Kasim-Fauzi Bahar (MK-Fauzi). Kali ini, ia menyisir Pasar Raya Padang, tempat yang pernah ia jejaki untuk berusaha pada dekade 1980-an lalu.

Di tempat ini, ia ber­temu teman-teman se­per­juangannya dulu, terutama di kawasan Blok A, Jumat (5/12).  Di sana ternyata Basko telah disambut ratu­san massa dan teman-teman seperjuangannya yang masih eksis di Pasar Raya Padang.

“Kita harus memilih pe­mim­pin yang dekat de­ng­an pusat. Karena Sumbar dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang terbatas, tidak seperti Provinsi Riau, tentu membutuhkan dukungan dana dari pusat. Kalau ti­dak, Sumbar bisa apa,” te­rang­nya di depan ratusan masa yang notabene pe­dagang dan tukang parkir itu.

Menurut Basko, di sisi lain, Sumbar juga tengah mengalami kemunduran dari berbagai lini, baik itu pendidikan, ekonomi dan bidang strategis lainnya. “Jadi, ini adalah gambaran bahwa pemimpin Sumbar untuk lima tahun ke depan harus diganti,” ujarnya.

Pergantian ini katanya, meru­pakan amanah dari tokoh-tokoh nasional asal Sumbar di peran­tauan. Di­mana setelah dicermati, Su­m­bar beberapa tahun be­la­kangan bukan me­nga­lami ke­ma­juan malah me­nga­lami ke­mun­duran. “Ini amanah untuk saya, dimana saya harus bisa mengganti pe­mim­pin Sumbar untuk lima tahun ke depan,” ujarnya.

Basko menilai bahwa calon pemimpin Sumbar yang diaya­kini bisa membawa perubahan itu nantinya yaitu MK - Fauzi. Karena kedua sosok ini sudah malang melintang di dunia pe­me­rintahan. “Keduanya (MK - Fauzi) tidak perlu diragukan lagi. Mereka sudah memiliki riwayat ke­pe­mim­pinan yang jelas,” pung­kasnya.

Selain itu, MK - Fauzi jika kelak terpilih nanti juga akan sangat dekat dan mudah mela­kukan lobi ke pusat. Karena 11 partai pendukung semuanya berada pada posisi pemrintah.

“Ini tentu akan semakin mu­dah melakukan pendekatan de­ng­an pusat. Dan imbasnya nanti Sumbar akan semakin maju,” ujarnya.

Harapan H. Basrizal Koto ini ternyata tak bertepuk sebelah tangan. Ratusan pedagang pasar Raya Padang menyatakan du­kungannnya kepada MK - Fauzi. Dukungan ini mereka buktikan tidak hanya bertutur saja akan tetapi berjanji akan meramaikan Tem­pat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember mendatang.

“Kami siap mendukung MK - Fauzi pada Pilkada serentak nanti. Semoga apa yang kita impikan akan perubahan Sum­bar akan terwujud dengan me­nang­nya MK - Fauzi,” ujar Ketua Pedagang Blok A Pasar Raya Padang Da Yan kepada Haluan kemarin.

Napak Tilas

Dalam kesempatan ini Basko ditemani para pedagang juga men­yempatkan diri mengelilingi pasar Raya Padang sambil men­yapa pedagang. Bagi Basko Pasar Raya Padang atau tepatnya Blok A adalah awal dimana ia lahir hingga menjadi pengusaha sukses saat ini.

Dahulu Basko bersama te­man-temannya sekitar tahun 80 an menjadi penjual motor bekas di Blok A. Bergabung dengan Ikatan Pedagang Penjual Sepeda Motor atau IPESMO Basko men­jual motor motor.

“Dia memang sosok yang gigih, ceria dan sangat peduli dengan teman-temannya. Ketika dia dapat untung menjual motor kami sering diajak makan,” ujar Pak Cap yang telah berteman lama dengan Basko.

Am Jangguik juga tidak mau ketinggalan untuk bercerita ke­nangan bersama Eri _ panggilan Basko oleh teman-temannya. “Ia memang sosok yang gigih, semua profesi dia mau geluti. Jadi tu­kang jahit saja dia pernah lakoni. Dia memang sosok yang luar biasa. Ketika dia pindah tahun 83 ke Pekan Baru tuhan mem­buka­kan pintu reski buatnya, Alham­dulillah juga,” cerita Am.

Kunjungan Basko ke Pasar Raya kali ini begitu menyita kenangannya 35 tahun silam semasa bersam teman-temannya di Pasar Raya Padang. Dalam kesempatan itu Basko sempat makan siang bersama dengan teman-temannya yang masih ada.

“Di sini kami sering kumpul dulu dengan teman-teman. Da­hulu sampai 100 an lebih tapi sekarang tinggal 10 an saja. Kare­na sudah banyak yang tiada,” paparnya.

Basko mengenang, ditempat ia makan saat ini semua per­soa­lan politik dibahas tuntas ber­sama teman-teman sambil men­jajakan motor jualannya. (h/mg-isr)

 

Laporan:
ISRA CHANIAGO
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 April 2016 - 03:38:22 WIB
    Gathering di Basko Hotel

    OSO Ajak 100 Wartawan Eksplorasi Eloknya Sulit Air

    OSO Ajak 100 Wartawan Eksplorasi Eloknya Sulit Air Wakil Ketua MPRI RI, Oesman Sapta Odang (OSO), membakar semangat 102 wartawan yang memadati Nan Tongga Ballroom, Basko Hotel, Jumat (29/4), dalam pembukaan Press Gathering MPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (DPR, .
  • Jumat, 22 April 2016 - 04:07:23 WIB

    Panama Papers dan Model Pajak Amerika

    Panama Papers dan Model Pajak Amerika Di tataran global, Panama Papers cukup manjur menggempur beberapa penguasa yang terlibat offshore company yang mencurigakan. Petinggi-petinggi negara yang terindikasi bermain api di dalam dokumen ini, harus bersibuk-sibuk ria.
  • Sabtu, 16 April 2016 - 04:34:55 WIB

    Mensiasati Pengelakan Pajak Internasional

    Mensiasati Pengelakan Pajak Internasional Kinyis-kinyis dan enak rasanya masuk kuali media penggorengan. Segundukan tahi ketam yang kian masyhur diucap “The Panama Papers”. Padahal, hanya seupil dokumen yang menggambarkan dunia tanpa pajak bekerja..
  • Senin, 04 April 2016 - 04:08:41 WIB

    Bekerja Sama Menghadapi Represi Pembajakan

    Bekerja Sama Menghadapi Represi Pembajakan Piracy atau yang lebih dikenal dengan pembajakan merupakan sebuah kejahatan internasional yang sudah ada sejak dulu hampir sama tuanya dengan peradaban manusia itu sendiri. Catatan sejarah tertua menunjukkan bahwa tindakan pe.
  • Selasa, 23 Februari 2016 - 02:55:44 WIB

    Dilema Utang, Pajak, dan Belanja Pemerintah

    Dilema Utang, Pajak, dan Belanja Pemerintah Neraca keseimbangan primer atau kemampuan pemerintah membayar utang di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2015 kembali mencatatkan defisit..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM