Trik Cerdas Tunggangi Trabas!


Sabtu, 05 Desember 2015 - 01:18:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Trik Cerdas Tunggangi Trabas!

Berikut ini, Haluan akan menyajikan beberapa teknik dan persiapan dalam menunggangi trabas dari Panji, anggota dari komunitas Alang Sarok Trail Adventure serta dikutip dari beberapa sumber lainnya.

Pengecekan terhadap mesin motor adalah hal paling penting sebelum melakukan olah­raga motoadventure. Kom­ponen seperti seher atau piston, kabel kopling, silin­der head, karburator, up­side down dan lain-lain. Karena tanpa pengecekan berkala pada komponen tersebut, power yang di­hasil­kan oleh motor trabas tidak akan maksimal.

“Seringkali penguasaan teknik di lapangan yang terjal tidak didukung de­ngan mesin yang maksimal. Sehingga kepuasan menung­gangi trabas urung dida­patkan. Oleh karena itu, pengecekan komponen seca­ra detil perlu dilakukan. Kalau ada yang sudah tidak layak dipakai, segerakan untuk menggantinya,” jelas Panji, Kamis (3/12).

Di samping itu, rantai dan ban motor juga menjadi ba­gian yang sering dilu­pa­kan oleh pemilik ken­daraan trabas. Untuk rantai, keke­ri­ngan rantai akan sa­ngat ber­pengaruh pada kon­disi mo­tor secara keselu­ruhan, bah­kan ketika berak­se­larasi di medan terjal, gangguan pa­da rantai dapat menye­bab­kan kecelakaan. Begitupun de­ngan ban, jika telah aus se­hingga semakin menipis, akan berbahaya bagi kese­la­ma­tan pengen­dara, terlebih saat melewati medan licin.

Kampas rem dan kabel-ka­bel adalah dua bagian yang tak kalah penting. Upa­ya­kan melakukan pe­nge­ce­kan kam­­pas rem mo­tor trail seca­ra berkala agar maksi­mal saat melakukan penge­re­man.

“Setelah memastikan ke­siapan motor trail. Kita ju­ga perlu mengenali medan yang akan ditempuh. Diper­lu­kan kecepatan dan kete­pa­tan dalam melihat kon­disi medan untuk mengan­tisipa­si resiko terjatuh. Lin­tasan itu ada yang tanah, jalan berbatu, kubangan berlum­pur dan genangan air. Setiap jenis lintasan memerlukan teknik berken­dara yang berbeda, hal ini menuntut pengendara mo­tor trail me­ngua­sai berbagai macam tek­nik,” tambah Panji.

Untuk melewati tanja­kan, turunan curam atau jalan bergelombang, hal yang perlu diperhatikan antara lain posisi tubuh, kestabilan, mengontrol ke­ce­patan, penggunaan tenaga mesin, penggunaan sistem pengereman. Sedangkan untuk menikung, sering digunakan saat berada da­lam perlombaan. Semakin baik seorang pengendara melewati tikungan maka akan semakin baik.

Panji menjelaskan, tiku­ngan teridiri dari bebe­rapa je­nis, antara lain tiku­ngan oval, ti­kungan 900, tikungan 1.800, tikungan menurun, ti­­­­ku­­ngan menan­jak, tikungan rata dan licin, tikungan off chamber, tiku­ngan­ bertanggul dan tiku­ngan berjalur. Dan yang perlu diperhatikan dalam mele­wati jenis tikungan tersebut adalah kecepatan membaca kontur lintasan, arah pan­da­ngan mata, kon­trol tenaga mesin, titik pe­nge­reman, titik bu­ka gas, posisi tubuh, me­nga­rahkan sepeda mo­tor dan kemi­ringan sepeda mo­tor.

Jumping merupakan hal yang paling menarik dari olahraga trabas dan me­ngun­dang decak kagum. Na­mun di samping itu, teknik jumping juga merupakan hal yang paling bahaya dan sering menyebabkan pe­ngen­dara mengalami kece­la­kaan dan cidera yang cukup serius.

Adapun hal-hal yang per­lu diperhatikan saat mem­­pe­lajari teknik ini anta­ra lain pemilihan jalur, jarak awal tempuh, sudut kemi­ringan rintangan, kesiapan dan kelenturan tubuh, kece­patan sepeda motor, peng­gu­naan suspensi sepeda mo­tor, kontrol ketika mela­yang, dan kontrol dalam pendaratan. ***

 

Laporan:
JULI ISHAQ PUTRA
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 01:32:11 WIB
    UNP Sudah Memulai

    Mobil Listrik akan Jadi Tren Dunia di 2020

    Mobil Listrik akan Jadi Tren Dunia di 2020 Beberapa negara tetangga, termasuk negara maju di dunia mulai masuk pada pengembangan mobil bertenaga listrik. Indonesia juga mulai menggagas kembali industri mobil nasional pasca tiarap..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM