Ismet Aljannata

Cita-cita jadi Tentara Kandas di Tengah Jalan


Sabtu, 05 Desember 2015 - 01:16:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Cita-cita jadi Tentara Kandas di Tengah Jalan

Da­ri awal, Ismet ti­dak pernah mem­ba­yangkan dirinya men­jadi orang nomor satu di­ KPU Kabupaten Lima­pu­luh Kota. Apalagi ber­ci­ta-cita sebagai anggota KPU, tidak pernah di­impi­kan­nya. Sejak kecil, Ismet memiliki cita-cita jadi ten­tara. 

“Saya kagum dengan sosok tentara. Karena itu saya dahulunya bercita-cita jadi tentara,” ujar Ismet Aljannata. Karena kagum dengan aparat berpakaian loreng tersebut, sehingga dirinya sering meni­ru pa­kaian tentara. Dari pakaian sehari-hari, pasti lebih me­mi­lih baju loreng. Bahkan setiap ada pawai ketika masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak di tahun 1985 silam, dirinya lebih suka berpakaian ten­tara lengkap. 

Ketika duduk di bangku SD Impres di Barulak, dari kelas satu sampai kelas enam, cita-cita jadi tentara masih diidamkannya. Bah­kan, kecintaannya dengan tentara tersebut, tak sering dirinya melakukan kegiatan ala tentara yang tengah ber­la­tih di depan teman-teman­nya. Seperti baris berbaris dan lain sebagainya.

Tetapi, seiring dengan waktu, cita-cita tersebut kandas di tengah jalan. Per­sisnya ketika Ismet tamat dari sekolah dasar. Orang tuanya yang hanya sebagai petani kecil, meminta Ismet untuk melanjutkan pendi­dikan ke pesantren. 

Semenjak masuk di MTI Tengku Tuah Batu Ampar, bayangan untuk jadi tentara mulai sirna dari ingatan Ismet. Disana, dirinya lebih disibukkan dengan mem­perdalam agama Islam. Se­la­ma di MTI, siang-malam, ayat-ayat Alquran serta pela­jaran Islam lainnya sudah menjadi santapan Ismet sehari-hari. 

Enam tahun belajar di MTI, anak kedua dari 4 bersaudara tersebut melan­jutkan pendidikannya ke bangku perkuliahan. Di tahun 2000, dirinya mendaf­tar sebagai mahasiswa IAIN Padang. Ilmu yang didapat di MTI, diperdalam Ismet selama 5 tahun di IAIN Padang.

 Waktu berkuliah, diri­nya terbilang salah satu mahasiswa kurang mampu. Dengan orang tua sebagai petani, tak jarang Ismet kekurangan uang kuliah dari Emak dan Abak di kam­pung. Meski demikian, diri­nya tidak pernah mengeluh atas kekurangan dari orang tuanya itu. Dia selalu ber­syu­kur atas kiriman orang tua dari kampung walaupun itu jauh dari kecukupan.

Untuk mencukupi kebu­tuhannya di kampus, Ismet sering mencari uang tamba­han. Berbagai profesi dila­ko­ninya tanpa rasa malu. Dari loper koran hingga pedagang asongan, pernah dijalani Ismet semasa di kampus.

Berkat dirinya selalu aktif di berbagai organisasi kampus, ternyata hal terse­but membawa berkah ter­sen­diri bagi dirinya. Keku­rangan ekonomi selama berkuliah, sering tertutupi berkat mengikuti berbagai kegiatan organisasi. 

“Ada-ada saja rezeki yang didapat selama beror­ga­ni­sasi. Sehingga, keku­ra­ngan bisa tertutup dari sa­na,” terang mantan Ketua BEM Juurusan Akidah fil­sa­fat tersebut. Lima tahun berkuliah, di 2005 akhirnya dirinya diwisuda dengan gelar sarjana. 

Usai berkuliah, dirinya lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan peng­­kajian terhadap masya­ra­kat Sumbar. Terutama pa­da bidang Pemilu termasuk Pilkada. Berbagai lembaga pengkajian pemilu telah dimasuki Ismet semenjak 2005 hingga 2013.

“Saya sering melakukan hitungan cepat suara Pemilu atau Pilkada di Sumbar serta daerah-daerah lainnya. Ka­re­na sudah terbiasa berke­cim­pung dalam dunia pemi­lu ini, akhirnya saya berani­kan niat untuk ikut seleksi komisioner KPU,” kisah suami dari Okta Yona Putri tersebut. 

Dirinya mendaftar un­tuk Komisioner KPU Li­ma­puluh Kota tahun 2013 silam. Dari 10 nama yang terseleksi yang diusulkan menjadi 5 nama, dirinya turut terpilih. Seteleh ada­nya rapat di internal komi­sioner KPU, di­ri­nya terpilih untuk memimpin KPU Li­ma­puluh Kota.

“Jadi Ketua KPU, tidak per­nah terba­yang­kan sebe­lum­nya. Pro­fesi ini juga se­ba­gai pe­ngem­ba­ngan diri un­­tuk le­bih­ baik ke­­ de­pan­­nya­ la­gi,” te­rang ba­­pak ti­ga­ anak ter­se­­but. ***

 

Laporan:
DADANG ESMANA
 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM