Universitas Dharmas Indonesia

Tawarkan 11 Prodi Terbaik


Sabtu, 05 Desember 2015 - 01:14:53 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Tawarkan 11 Prodi Terbaik Kampus Undhari yang megah.

Yayasan Amanah Am­pang Kuranji dibawah pim­pinan Hj Elviana,MSi telah melebur tiga sekolah tinggi ini sehingga bernama Uni­versitas Dharmas Indonesia. Dengan kata lain, calon ma­hasiswa asal Dhar­masraya yang sebelumnya ha­rus pergi jauh untuk menge­nyam pen­didikan di universitas, kini tidak diperlukan lagi. Sudah hadir Universitas Dharmas Indonesia (Undhari) di Na­gari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru.

Undhari resmi berdiri melalui SK Menteri Ristek Dikti RI Nomor 70/KPT/I/2015 tanggal 02 Oktober 2015. Diresmikan pada 12 Oktober 2015 oleh Dirjen Belmawa Kementerian Riset dan Teknologi, Prof Intan Ahmad, PhD.

Undhari sendiri berdiri atas semangat peningkatan mutu dan layanan pendidikan tinggi, pemerataan akses pen­didikan untuk semua lapisan ma­sya­rakat. Undhari me­rupakan perguruan tinggi swasta ter­kemuka dan ber­gengsi di per­batasan tiga provinsi yaitu Sumbar Riau dan Jambi. Kam­pus ini ber­komitmen mencetak lulusan yang memenuhi standar kom­petensi lulusan, terampil, cerdas dan berkarakter akh­lak mulia. Serta menjadi pusat pendidikan, riset dan pe­ngab­dian masyarakat pada tingkat regional.

Elviana menyebut, setelah lebih kurang delapan tahun menapaki pendirian Undhari yang diawali dengan sekolah tinggi, kini ia sangat bangga dengan kehadiran universitas tersebut. Kampus Undhari telah memiliki 11 prodi ung­gulan dan yakni S1 ke­pera­watan, D3 kebidanan, profesi ners, S1 teknik informatika, S1 sistem informasi, D3 tek­nik komputer, S1 PGSD, S1 pendidikan bahasa Inggris, S1 pendidikan olah raga, S1 PG PAUD dan S1 pendidikan bahasa Indonesia.

Tidak itu saja, Elviana juga menjelaskan pihaknya memiliki visi yang jauh ke depan untuk mengem­bang­kan kampus ini. Seperti,  Fa­kultas Ilmu Kesehatan Un­dhari memiliki visi pada tahun 2020 menjadi fakultas ilmu kesehatan yang ber­martabat, kompetitif dan unggul di tingkat regional berbasis kompetensi profesi dan teknologi terkini dalam menunjang proses pendi­dikan, penelitian dan pengab­dian kepada masyarakat.

Sedangkan misinya, me­nyelenggarakan pendidikan akademik berbasis kom­pe­tensi profesi untuk meng­hasilkan lulusan yang men­junjung tinggi moral dan etika profesi. Menyelenggarakan pendidikan akademik dengan membuat jaringan kemitraan di bidang kesehatan, untuk mencapai kompetensi profesi di bidang kesehatan. Melak­sanakan pengajaran, pene­litian dan pelayanan serta pengabdian dalam bidang kesehatan dengan me­m­per­hatikan kebutuhan masya­rakat. Mendidik calon tenaga kesehatan yang berkemam­puan intelektual, professional, beriman, dan bertaqwa, serta berakhlak mulia.

Sedangkan, Fakultas Ilmu Komputer dengan visi, pada tahun 2020 menjadi fakultas ilmu komputer yang kom­poten,terkemuka dan unggul ditingkat regional berbasis teknologi informasi terkini dalam menunjang proses pen­didikan, penelitian dan pe­ngab­dian kepada masyarakat.

Selain itu dengan misi, mendidik mahasiswa menjadi tenaga komputer yang ber­kemampuan intelektual, pro­fesional, beriman, dan ber­taqwa, serta berakhlak mulia. Menyelenggarakan pen­didi­kan akademik yang berbasis pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi untuk mengha­silkan lulusan yang berkua­litas, kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi. Melak­sanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknologi informasi yang memberikan kontribusi pada kemajuan ilmu penge­tahuan dan teknologi infor­masi.  Melaksanakan pe­ngab­dian pada masyarakat dalam bidang teknologi infor­masi dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat. Me­lakukan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia indus­tri (Dudy) untuk mende­katkan kebutuhan pengguna dengan kompetensi lulusan.

Sementara, visi dan misi Fakultas Keguruan dan Pen­didikan adalah, pada tahun 2020 menjadi fakultas kegu­ruan dan pendidikan yang berkompeten, terkemuka dan unggul dalam menghasilkan tenaga pendidik yang profe­sional, mengusai teknologi dan berakhlak mulia.

Dan misinya, menye­lang­garakan tridharma perguruan tinggi di bidang pendidikan yang profesional, berkualitas, inovatif dan dinamis, dengan mengoptimalkan potensi sum­ber daya manusia. Mem­bentuk masyarakat ilmiah yang memiliki wawasan aka­demi luas bekerja sama de­ngan berbagai perguruan ting­gi, lembaga terkait di tingkat daerah, nasional dan inter­nasional. Menghasilkan lulu­san yang memiliki  kompe­tensi akademik, profesional di bidangnya, inovatif, dina­mis, kemampuan soft skill beriman dan bertagwa serta berakhlak mulia.

Terkait masih adanya per­bandingan yang dilakukan masyarakat antara kampus negeri dan swasta, Elviana menyebut anggapan tersebut harus diubah. Secara prinsip ia menyebut, tempat kuliah itu sama hanya tergantung bagaimana orang yang men­jalani perkuliahan tersebut.

“Orang bilang kalau ku­liah di swasta itu mahal. Tidak! Kuliah di swasta juga murah. Kampus swasta lebih mementingkan mutunya. Ka­rena tingkat persaingan di dunia kerja semakin hari semakin meningkat,” tambah salah seorang dosen Epri.

Kepada seluruh warga Dharmasraya yang masih menuntut ilmu saat ini ia berpesan,  Dharmasraya su­dah memiliki kampus ber­kualitas dengan fasilitas leng­kap, kampus berasrama dan gedung milik sendiri.

“Untuk itu ngapain jauh-jauh kuliah di Dharmasraya kalau sudah ada Undhari,” tutupnya. ***

 

Laporan:
BADRI ALAINA



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 00:49:42 WIB
    Showroom Mazda Motor Indonesia Padang

    Tawarkan 4 Unit Produk untuk Guncang Sumbar

    Tawarkan 4 Unit Produk untuk Guncang Sumbar Showroom Mazda Motor Indonesia Padang saat ini menawarkan empat unit produk Mazda yang siap mengguncang pasar otomotif di Sumatera Barat, yaitu CX-5, Mazda2, Biante dan VX-1..
  • Sabtu, 06 Februari 2016 - 00:37:58 WIB
    Furnitur Anyaman Rotan

    Tawarkan Kesan Alami dan Klasik

    Tawarkan Kesan Alami dan Klasik Rotan merupakan tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia, termasuk di Sumbar. Meski tak seluas di Kalimantan, Sulawesi atau Jawa, namun produksi rotan Sumbar mampu menghidupi masyarakat daerah ini yang merintis usaha di bidan.
  • Sabtu, 23 Januari 2016 - 01:50:42 WIB
    Berada di Jantung Kota Padang

    Daima Hotel Tawarkan Akses Cepat ke Berbagai Objek Wisata

    Daima Hotel Tawarkan Akses Cepat ke Berbagai Objek Wisata PERJALANAN wisata tidak akan terlepas dari akomodasi atau penginapan, karena akomodasi bisa membuat perjalanan akan menjadi indah setelah seharian menikmati wisata di Kota Padang..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM