Sport Tourism Paragliding Sawahlunto


Sabtu, 05 Desember 2015 - 01:10:32 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Sport Tourism Paragliding Sawahlunto

Lihat saja, kawasan Pun­cak Poland yang berada tepat di sisi timur Sa­wah­lunto, kini telah men­jadi titik start bagi pecandu olahraga udara paragliding, terbang de­ngan bantuan parasut me­nikmati kein­dahan alam dari atas udara.

Dengan ketinggian yang mencapai 350 meter dari titik landing hingga take off, pecinta olahraga para­la­yang ini, bisa ber­putar mengitari pusat Sa­wah­lunto, setidaknya da­lam hitungan 3 hingga 6 menit.

Itu jika dalam kondisi cuaca dan udara yang ku­rang bersahabat. Ketika pecinta olahraga udara pa­ragliding, yang tergabung dalam Federasi Aero Sport Seluruh Indonesia (FASI) Sawahlunto itu, men­dapat­kan cuaca yang bagus, me­reka justru bisa berkeliling antara 30 menit hingga satu jam.

“Tergantung dengan cu­aca. Ketika cuaca sedang bagus dan mendukung, kita bisa menikmati me­nge­lilingi Sawahlunto hingga satu jam,” ujar Ketua Pe­ngurus Cabang FASI Sa­wahlunto, Jamhur Dt Pa­lindih Nan Sati ke­pada Haluan, akhir pekan lalu.

Nyali memang menjadi modal utama, bagi pecinta paralayang untuk dapat menikmati olahraga udara paralayang. Sebagai lang­kah awal, mereka yang ingin mencoba, dapat me­lakukan terbang tandem dengan mereka yang telah memiliki lisensi.

Ketika meluncur dari Puncak Poland ini, pa­raglider akan disuguhi de­ngan pesona keindahan pusat kota. Beragam ba­ngunan tua tampak jelas terlihat dari atas udara ‘Kota Tua’.

Deretan rumah-rumah bekas karyawan Tambang Batubara Ombilin (TBO), masih berbaris rapi, begitu pula dengan bangunan kan­tor perusahaan yang kini berada di bawah bendera PT. Bukit Asam, menonjol dengan dominan warna orange.

Sedikit ke arah barat, tiga silinder besar, yang dulunya berfungsi mengisi gerbong-gerbong kereta api pengangkut batu bara, juga tampak jelas dari udara. Begitu mengarah ke sela­tan, terlihat bekas bangun PLTU, yang kini berubah menjadi Mesjid Agung Nu­rul Islam, mesjid terbesar di Kota Sawahlunto.

Berjarak sekitar 5 kilo­meter dari pusat kota me­nuju arah Kecamatan Tala­wi. Pecinta paragliding ju­ga bisa menikmati kein­dahan Puncak Guguak Nan Gadang Desa Batu Tan­jung. Tak sulit untuk me­nemukan lokasinya kar­ena sudah terdapat papan pe­tunjuk yang mengarahkan ke lokasi.

Selain itu, tempat wisa­ta ini juga cukup mudah untuk dijangkau baik de­ngan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Untuk sampai ke atas pun­cak bukit, pengujung me­mang harus menghadapi jalan menajak.

Meski demikian, de­ngan menggunakan kenda­raan medan berat, wisa­tawan hanya butuh sekitar 30 menit untuk sampai ke pucak. Perjalanan tak akan terasa melelahkan, karena akan disuguhi udara yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah.

Berbeda dengan Pun­cak Poland, begitu me­luncur dari Puncak Gu­guak Nan Gadang Batu Tanjung, paraglider disu­guhkan pesona keindahan alam. Sawah-sawah dan alam hijau lainnya.

Beberapa hari lalu, da­lam memeriahkan HUT Sawahlunto ke 127 tahun, puluhan paraglider lokal, nasional dan internasional mengikuti iven bertajuk Sawahlunto Paragliding Competition.

Walikota Sawahlunto Ali Yusuf. S.Pt meng­a­takan, daerah yang dipim­pinnya memang kaya de­ngan potensi wisata. Mulai dari wisata sejarah, kawasan terbang layang atau para­layang, wisata air, hingga wisata air. 

“Silahkan datang, dan nikmati beragam pilihan wisata yang ada di Kota Sawahlunto. Sawahlunto juga siap menerima wisa­tawan untuk stay dan ber­lama-lama di kota yang pernah diduduki kolonial Belanda ini,” ungkap Ali Yusuf.

Keindahan kedua are­­na paragliding ter­sebut me­mang sangat me­mikat. Tidak hanya wisatawan lokal dan na­sional, na­mun wisatawan ma­n­ca­negara sudah berulang kali datang dan ber­petualang di atas udara keduanya.

 

Naskah dan Foto:
FADILLA JUSMAN



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 19 Maret 2016 - 00:58:51 WIB
    Honda PCX 150

    Motor Sport Touring Berdesain Modern dan Elegan

    Motor Sport Touring Berdesain Modern dan Elegan Bagi anda yang ber­jiwa perfeksionis yang ingin tampil eksklusif, motor Honda PCX 150 sangat cocok untuk anda. Kesan mewah terpancar dari bentuk bodi, model headlamp hingga pilihan warna yang diberikan motor yang berdesain m.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM