Roti Panggang dan Kentang Bisa Sebabkan Kerusakan Hati


Sabtu, 05 Desember 2015 - 01:08:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Roti Panggang dan Kentang Bisa Sebabkan Kerusakan Hati

Dokter dari Southport, David Unwin, mengatakan kedua macam makanan ter­sebut dapat dengan cepat berubah menjadi glukosa dalam tubuh. Ketika glu­kosa masuk ke dalam tubuh, lanjut David, bagian tubuh pertama yang bertugas un­tuk menyimpan glukosa tersebut adalah hati.

“Glukosa yang tidak tertampung pada hati akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Karena itu, kun­ci dalam mengurangi ri­siko kerusakan hati selain meng­hindari alkohol ialah de­ngan melakukan diet ren­dah karbohidrat,” kata Unwin.

Unwin mulai menya­dari, bah­wa gula dan tepung dapat menyebabkan kerusa­kan hati setelah ada cukup banyak pasiennya yang me­miliki ka­dar gam­ma-glu­tamyl trans­pepti­da­se  (GGT) tinggi tapi hanya sedikit mengonsumsi alko­hol, bahkan tidak sama se­kali. Unwin kemudian me­minta 69 pasiennya yang memiliki kadar GGT sangat tinggi untuk menjalani diet rendah karbohidrat selama 13 bulan.

Dalam kurun waktu 13 bulan tersebut, para pasien Unwin hanya mengonsumsi sayuran hijau, buah rendah gula seperti blueberry, ka­cang-kacangan, ikan, telur dan daging. Menu-menu ter­se­but dipilih untuk me­mutus berbagai asupan gula berle­bih dan mengurangi karbo­hidrat dari makanan berte­pung seperti roti dan kentang.

“Hasilnya luar biasa. Kadar GGT mereka turun rata-rata 47 persen,” ujar Unwin yang kemudian m­e­nerbitkan penelitiannya dalam Specialist Journal Diabesity.

Dari penelitian tersebut, Unwin juga menemukan bahwa kadar GGT yang tinggi tidak hanya penting untuk mendeteksi kerusa­kan hati akibat lemak yang bertumpuk. Di saat yang sama, kadar GGT tinggi menunjukkan adanya kenai­kan level gula pada tubuh, yang mungkin dapat ber­ujung pada diabetes.

Oleh karena itu, Unwin menilai penting untuk men­jalani diet rendah karbo­hidrat guna menghindari risiko kedua penyakit ber­bahaya tersebut. Pasalnya Unwin meyakini bahwa gula dan juga karbohidrat berlebih merupakan salah satu pe­nyebab utama dari kerusakan hati, diabetes dan obesitas.

“Mengonsumsi gula dan karbohidrat berlebih dapat menggiring kita pada tiga penyakit tersebut, tetapi kita juga bisa menghindari pe­nyakit tersebut dengan meng­hindari makanan yang mengandung gula dan te­pung,” terang Unwin. (h/kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM