Rumah Kayu

Natural dalam Balutan Eksotisme


Sabtu, 05 Desember 2015 - 01:06:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Natural dalam Balutan Eksotisme

Kayu merupakan salah satu alternatif material yang dapat digunakan sebagai ba­han bangunan. Pada zaman dahulu, kayu dapat di­p­eroleh dalam jumlah m­elimpah. Sehingga be­ra­papun yang dibutuhkan un­tuk membuat rumah sudah tersedia di alam bebas.

Dulu, rumah kayu meru­pakan pilihan utama ketika membangun rumah. Na­mun seiring perjalanan wak­tu, kini orang lebih banyak menggunakan bahan beton bertulang sebagai penggantinya.

Dalam situasi saat se­karang, rumah kayu kerap dijadikan sebagai model ba­ngunan unik. Seperti pem­buatan bangunan restoran atau kafe bergaya tradisonal, rumah adat, serta berbagai bangunan lainya yang lebih menonjolkan sisi natural, namun tampil dengan ba­lutan eksotisme.

Sebagai pilihan dan al­ternatif mode sebelum mem­­bangun rumah, mung­kin tidak ada salahnya jika menjadikan pol­a rumah atau bangunan kayu ini sebagai bahan referensi dan pertim­bangan. Selain unik dan ber­karakter, ru­mah kayu tentunya akan meng­hadirkan kesan ber­beda di tengah pesatnya industri pe­rumahan dewasa ini.

Agar dapat berdiri de­ngan kokoh dan indah, ada beberapa tips cara membuat rumah dari kayu. Berikut seperti disarikan dari il­musipil.com.

Yang paling pertama Anda perhatikan adalah lokasi pembangunan r­u­mah. Sebaiknya, pem­ba­ngunan di lakukan di daerah yang tidak merusak kayu, serta dapat menjamin rumah kayu da­pat berdiri dengan kokoh dan tahan lama. Seperti pembangunan rumah kayu di tepi laut.

Selanjutnya, pemilihan jenis kayu yang akan di­gunakan perlu disesuaikan dengan fungsi dan nilai-nilai arsitektur yang ingin di­tampilkan. Misalnya unt­uk kayu struktur kolom utama, akan lebih baik jika meng­gunakan kayu jati kualitas 1 (satu), sehingga rumah da­pat berdiri kuat. Sedangkan pada dinding rumah yang menggunakan papan, dapat menggunakan kayu dengan teksture me­narik sehingga tercipta sebuah rumah in­dah.

Kegiatan pengawetan kayu dilakukan sebelum digunakan sebagai bahan bangunan, cara me­nga­wetkan kayu bisa dengan melakukan perendaman atau pengecatan pada per­mukaan kayu, se­hingga aman terhadap gang­guan serangga dan pelapukan. Nah, selamat merencanakan rumah kayu idaman Anda. (**)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM