Ketidaknetralan Ketua KPU Dharmasraya Jadi Pelajaran


Jumat, 04 Desember 2015 - 03:54:37 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Bab VII-B Pa­sal 22-E Ayat 5 menyebutkan, Pemilu diselenggarakan oleh suatu Komisi Pemilihan Umum yang bersifat nasio­nal, tetap, dan mandiri. Pasal ini dengan jelas meng­isya­ratkan bahwa para komisioner haruslah orang-orang yang tak berkaitan dengan partai atau kandidat tertentu. Ka­rena itu dalam pengambilan keputusan, dalam ber­tindak serta keseharian, komisioner KPU harus selalu sa­dar dengan posisinya yang wajib selalu netral. Ter­ma­suk dalam ruang media social, komisioner sama se­kali ti­dak boleh iseng-iseng berpihak, berko­mentar, me­nang­gapi segala sesuatunya yang dapat mencederai ne­tra­litasnya.

Problema inilah yang diduga terjadi di KPU Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Entah sadar atau tidak, Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya Kasasi diduga sempat membuat posting komentar di akun facebook pribadi istri Calon Bupati Adi Gunawan, Zaksai Kasni. Sebagaimana isi protes tim Suka-Aman (Calon Nomor Urut 1), isi komentar Ketua KPU Dharmasraya Kasasi yang diduga memihak tersebut sebagai berikut; “Selamat malam pak, selamat atas suksesnya debat kita tadi, saya berharap jangan sampai terpancing oleh paslon no.1 tq”.

Postingan komentar di akun pribadi istri paslon nomor urut 2 tersebutlah yang dianggap oleh tim Suka Aman (paslon nomor urut 1) yang tidak netral lagi. Bisa jadi dalam rentetan sikap-sikap komisioner KPU itu sebelumnya juga sudah menimbulkan tanda tanya dan kecurigaan ketidaknetralan. Sampai akhirnya laporan dari Tim Suka Aman sampai ke KPU Sumbar dan DKPP. Selanjutnya KPU Kabupaten Dharmasraya menyelenggarakan pleno dan Kasasi menyatakan mundur dan dipilih Ketua KPU Dharmasraya yang baru, yakni   Yanuk Sri Mulyani.

Persoalan netralitas memang menjadi pemicu serius se­tiap resistensi terhadap posisi KPU. Netralitas para ko­misioner KPU dan jajarannya memang menjadi syarat pen­ting bagi penyelenggara pemilu, selanjutnya me­nyusul soal integritas, kapasitas dan profesionalisme. Di­ tengah kuatnya tuntutan soal netralitas KPU, ternyata di­ sisi lain tetap saja banyak kasus yang menyoal ne­tralitas KPU, termasuk kasus yang baru terjadi di KPU Dhar­masraya. Tidak ada pilihan lain, jika ingin Pilkada lan­car, aman dan sukses, salah satu syarat wajibnya ada­lah netralitas para komisioner KPU, seretariat dan selu­ruh jajarannya KPU itu sendiri. Jangan coba-coba ber­ma­in api.  

Sangat disadari, KPU dalam bertugas dihadapkan pada proses kerja yang rawan konflik kepentingan. Dalam konteks Pilkada, eksistensi KPU lebih vital lagi, sebab institusi inilah yang menentukan layak tidaknya bakal calon lolos untuk menjadi kandidat resmi. Dalam proses politik yang saat ini masih transisi, upaya apapun menjadi mungkin dilakukan parpol untuk meraih kemenangan, termasuk ‘membeli’ netralitas KPU.

Penyelenggara Pemilu yang netral, professional dan ber­integritas sangat memiliki pengaruh terhadap ber­lang­sungnya proses Pemilu yang berkualitas dan fair. Ma­syarakat berharap KPU menjadi lembaga yang be­r­wi­bawa, tegas dan netral sehingga keputusan dan ke­bijakan yang akan diambil dapat diterima semua pihak.

Harapan kita, ‘kecelakaan’ netralitas pada diri Ketua KPU Kabupaten Dharmasraya Kasasi tidak pula terjadi di KPU 12 kota/kabupaten lainnya yang melaksanakan Pilkada serentak di Ranah Minangkabau,  termasuk untuk KPU Provinsi Sumbar. Masih untung, kondisi di Dhar­masraya bisa cepat terkendali dan tidak menim­bul­kan efek buruk berupa kekacauan di masyarakat. Ta­pi kalau ketidaknetralan itu terbongkar saat hari pen­coblosan atau penghitungan suara, resikonya akan sa­ngat besar bagi kerawanan keamanan di daerah tersebut. Karena itu diharapkan agar kecelakaan itu menjadi pelajaran yang sangat mahal bagi para komisioner KPU lainnya dan tidak boleh lagi berulang. **



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM