Debat Paslon Terakhir Berlangsung Panas


Jumat, 04 Desember 2015 - 03:17:11 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Debat Paslon Terakhir Berlangsung Panas TIGA pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Solok saat menyampaikan visi/misi, (ka-ki) Zul Elfian/Reinier, Ismael Koto/Jon Hendra dan Irzal Ilyas/Alfauzi Bote pada debat terakhir, Sabtu lalu.

Soalnya, dari 3 pasangan kandidat itu, 2 pasangan merupakan pasangan yang pecah kongsi, yakni Irzal Ilyas dan Zul Elfian. Irzal Ilyas, sebelumnya Walikota Solok periode 2010-2015 bersama Wakilnya Zul El­fian. Namun, untuk periode 2015-2020 kembali maju sebagai calon Walikota So­lok dan tidak lagi satu paket.

Pada debat itu ada 9 pertanyaan yang diajukan, namun pertanyaan ke-8 me­ru­pa­kan pertanyaan me­nya­ngkut komitmen antara walikota dan wakil walikota dalam menjalankan amanah masyarakat, agar hubungan antara walikota dan wakil walikota tetap solid sampai 5 tahun.

Pertanyaan itu ditujukan pertama kepada pasangan Irzal Ilyas/Alfauzi Bote. Irzal menanggapi per­tanya­an itu, menjawab dengan situasi yang dialami selama ini. Artinya, jawabannya menyindir Zul Elfian yang dulu wakilnya. Pasalnya sejak pencalonan Walikota/Wakil Walikota Solok, hu­bungan antara Irzal Ilyas dan Zul Elfian meruncing. Puncaknya, Irzal Ilyas me­m­bawa persoalan kontrak politiknya ke Pengadilan Negeri Solok.

Menurut Irzal jika di­ri­nya terpilih, wakil yang digandengnya haruslah me­lak­sanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsinya, yang namanya wakil tentu harus patuh pada atasan dalam hal ini walikota, be­kerja seperintah atasan dan bukan pula berlagak sebagai walikota. Irzal dalam men­jawab pertanyaan mo­de­rator, membuat Zul Elfian kebakaran jenggot.

Kato bajawek gayuang basambuik, ketika per­ta­nya­an yang sama diarahkan ke Zul Elfian. Zul Elfian menjawab, akan me­mfung­sikan wakilnya sesuai UU dan gamblangnya lagi, wakil yang digandengnya tidak akan dizalami, bahkan tidak akan dibawa ke pengadilan. Jawaban Zul Elfian mem­buat seluruh undangan dan pendukung bersorak, ka­rena apa yang disampaikan dialami. Jawaban yang bi­asa­nya tidak ada interupsi, malahan Irzal Ilyas me­lakukan interupsi tentang jawaban Zul Elfian.

Terakhir bagi calon Wal­i­kota/Wakil Walikota So­lok, Ismael Koto/Jon Hen­dra menanggapi pertanyaan ten­tantang komitmen pa­sangan, dia berjanji akan seiya sekata dalam me­ngam­bil ke­pu­tusan selalu ber­musyawarah. Kapan perlu jika diizinkan UU, pe­ma­kaian BA 1 P bergantian. (h/alf)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM