Hadapi MEA, BPOM Siap Fasilitasi Pelaku UMKM


Selasa, 01 Desember 2015 - 20:04:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi

 

Para pelaku UMKM yang ada di Indonesia khusus­nya di Sumatera Barat (Sumbar), harus bisa bersaing dengan para pelaku UMKM yang ada di negara kawasan Asia Tenggara. Untuk itu, BPOM Padang siap memfasilitasi surat izin yang diperlukan para pelaku UMKM yang ada di Sumbar, agar produk yang mereka hasilkan bisa bersaing dan di ekspor ke negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BPOM Padang, Hilda Murni. “Kita dari BPOM sudah dari tahun 2013 melakukan sosialisasi, agar para pelau UMKM siap menghadapi MEA yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Pembinaan yang kita lakukan mulai dari membina mental, yang bertujuan agar para pelaku UMKM tidak merasa takut dan canggung bersaing dengan produk-produk yang dihasilkan industri besar. Tidak hanya pembinaan mental, kita juga mensosialisakan bagaima­na cara produksi yang baik terhadap produk yang dihasilkan,” katanya.

Dikatakannya, pembinaan mental dan cara produksi yang baik dirasa masih kurang cukup, sehingga diperlukan cara lain agar produk yang dihasilkan UMKM dapat bersaing dalam MEA.

“Kita tidak hanya fokus untuk membina mental para pelaku UMKM dan bagaimana cara melakukan produksi yang baik, tetapi kita juga akan membimbing para pelaku UMKM untuk mengurus izin dan membe­rikan izin ekspor dari BPOM ke negara tujuan. Namun izin yang kita berikan untuk melakukan ekspor tetap sesuai standar yang kita berikan, sehingga produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM yang ada di Sumbar bisa juga memasuki negara-negara yang ada di Asia Tenggara,” imbuhnya. (h/mg-bay)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 September 2016 - 02:30:50 WIB

    Mahasiswa Diminta Siap Hadapi Pasar Bebas

    PADANG, HALUAN — Mahasiswa dituntut untuk lebih cepat memahami per­kem­bangan teknologi, dan informasi, terutama meng­hadapi pasar bebas. Untuk itu kemampuan mahasiswa pun perlu ditingkatkan termasuk membuat kerjasama de.
  • Rabu, 14 September 2016 - 02:36:31 WIB
    SEMINAR PENINGKATAN MUTU LULUSAN FPP UNP

    Mahasiswa Harus Siap Hadapi Dunia Kerja

    Mahasiswa Harus Siap  Hadapi Dunia Kerja PADANG, HALUAN —Fa­kul­tas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP) mengadakan seminar peningkatan kompetensi lulusan dalam rangka dies natalis UNP yang ke-62 di ruang serbaguna Fakultas Teknik UNP,.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:35:04 WIB

    Lehar Cs Siap Hadapi Banding YPBH

    PADANG, HALUAN — Yayasan Pendi­dikan Bung Hatta (YPBH) masih men­unggu proses banding mereka diteruskan ke Pengadilan Tinggi (PT) Sumbar. Sebel­umnya, YPBH dinyatakan kalah dalam perkara perdata Nomor 4 Tahun 2016 atas s.
  • Rabu, 29 Juni 2016 - 06:48:09 WIB
    SBMPTN Diumumkan

    Unand Kewalahan Hadapi Mahasiswa Bidikmisi

    Unand Kewalahan Hadapi Mahasiswa Bidikmisi PADANG, HALUAN — Universitas Andalas (Unand) kebingungan menghadapi banyaknya jumlah pelamar bidikmisi yang lulus seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jumlah kuota bidikmisi terus berkurang dari 20 persen.
  • Kamis, 31 Maret 2016 - 04:24:04 WIB

    KAHMI Sumbar Membina Masyarakat Hadapi MEA

    KAHMI Sumbar Membina Masyarakat Hadapi MEA PADANG, HALUAN — Korps Alum­ni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Sumatera Barat bertekad untuk mempersiapkan generasi mu­da dan membina masyarakat dalam meng­hadapi pasar bebas Asia Teng­gara atau yang lebih dikenal deng.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM