Siap Bersaing Hadapi MEA


Kamis, 26 November 2015 - 18:53:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Sementara Irwan Hi­dayat, Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk, me­nga­takan perusahaan jamu di Indonesia usianya sudah ratusan tahun. Sehingga dipastikan sudah siap ber­saing dengan produk jamu dari luar negeri di era Ma­syarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diber­lakukan bulan Desember 2015.

Lebih lanjut Irwan me­ng­­ung­kapkan perusahaan jamu di Indo­nesia tidak tergantung pada bahan ba­ku dari luar negeri. Semua bahan baku jamu dibu­dida­yakan ma­syarakat Indon­esia sehingga ia optimis ketersediaannya. Berkem­bangnya perusahaan jamu akan berpengaruh terhadap kesejah­teraan masyarakat.

“Dari sisi aturan peme­rintah juga sudah menyi­apkan regulasi tentang pen­jualan jamu atau pro­duk herbal lainnya, sehingga MEA bukanlah sesuatu momok yang menakutkan. Toh perusahaan jamu juga bisa mengekspor produk­nya ke luar negeri,” ujarnya optimis.

Galeri Batik

Di hari ulang tahunnya itu, Sido Muncul Gallery & Shop juga resmi hadir di Hotel Tentrem. Peres­mi­annya dilakukan Ny Desi Suli­stio Hidayat Adanya gallery & shop ini me­mu­dahkan tamu hotel untuk melihat sejarah perusahaan jamu PT Sido Muncul Tbk dan ber­belanja batik serta kerajinan ta­ngan.

“Tujuan dibukanya ge­leri ini untuk mendukung program peme­rintah untuk memajukan pari­wisata di Yogyakarta. Hotel Ten­trem Yogyakarta mendukung pe­merintah untuk terus membuat terobosan me­ningkatkan jumlah kunju­ngan wisatawan ke In­do­nesia,” kata Mario Hidayat, pe­ngelola Sido Muncul Gal­lery & Shop.

Galeri ini, jelas Mario, me­nampilkan keindahan batik Indo­nesia yang disan­dingkan dengan sejarah Sido Muncul. Di antaranya, foto-foto perjalanan panjang seja­rah Sido Muncul, dan benda-benda bersejarah milik pendiri almarhum Ny Rahmat Sulistio. “Benda-benda bersejarah yaitu pipi­san, botol, mesin ketik, lumpang, ayakan, Suipoa, kacamata, dan batik,” kata Mario.

Sementara Irwan Hi­dayat, Direktur Utama PT Sido Muncul Tbk sebe­lum­nya menempatkan Bajaj yang ditandatangani Presi­den Joko Widodo dan Jusuf Kalla di pojok Ballroom . Sehingga ke­beradaan galeri dan shop ini bisa mem­berikan nuansa lain di Hotel Tentrem Yogyakarta. (h/atv/adv)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM