Capim KPK Bakal Dikocok Ulang?


Senin, 23 November 2015 - 20:11:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Menurut Aziz, pakar hukum Romli Atma­sasmita menilai saat ini tidak ada capim KPK yang datang dari unsur kejaksaan. Anggota Komisi Hukum saat ini juga belum dapat menerima secara bulat mengenai capim KPK yang disampaikan pemerintah.

“Kami mengundang narasumber pembuat naskah akademis UU KPK dan disampaikan unsur kejaksaan perlu karena polisi dalam menyidik ada kejaksaan. Jaksa bisa penyidikan penuntutan dan bisa ke pengadilan,” kata Aziz.

Aziz mengatakan, seandainya Komisi Hukum memutuskan untuk mengambil opsi meminta pansel melakukan seleksi ulang, hal itu tidak akan membuat kepemimpinan KPK menjadi kosong. Karena Peraturan Pemerintah Pengganti Un­dang-Undang (Perppu) tentang penunjukan Pelaksana Tugas Pimpinan KPK baru akan berakhir setelah pimpinan baru periode 2015-2019 dilantik.

Aziz menyatakan, akan menyerahkan kem­bali ke fraksi dalam rapat pleno Komisi III yang berlangsung lusa, Rabu (25/11), untuk membahas kembali pelak­sanaan waktu fit and proper test dan terkait unsur kejaksaan dalam capim KPK.

“Nanti kami akan plenokan dalam rapat pleno Komisi III, tanggal (25/11) malam,” ujar Aziz pada cnnindonesia.

Dalam Pasal 21 ayat 4 UU KPK Nomor 30 tahun 2002, disebutkan pimpinan KPK adalah penyidik dan penuntut umum. Jika merujuk pada KUHAP, penuntut umum yang dimaksud adalah jaksa, sedangkan penyidik adalah polisi.

Wakil Ketua Komisi III DPR Bennny K. Harman sebelumnya menyebutkan, sudah meng­gelar rapat ihwal calon pimpinan KPK hari ini. Secara tersirat politikus Partai Demokrat itu memberi sinyal bakal menggelar uji kemampuan dan kepatutan capim pekan ini.

Pembahasan dalam rapat menurut Benny me­li­puti beberapa hal. Di antaranya membahas ma­ka­lah calon pimpinan KPK yang dinilai sudah leng­kap, hasil psikotes, pemeriksaan kesehatan. “Ke­mudian profil pribadi juga ada,” kata Benny. Ben­ny menyebut, dokumen kelengkapan dari ca­lon pimpinan bakal dijadikan acuan. Dari sini ke­­mudian bisa dilakukan uji kemampuan dan ke­pa­tutan yang telah diajukan panitia seleksi. (h/net)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 28 Agustus 2015 - 20:35:15 WIB

    Capim Tersangka Dipastikan Tidak Lolos

    KETUA PANSEL KPK

    JAKARTA, HALUAN — Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) menyatakan telah menerima informasi mengenai satu calon pimp.

  • Ahad, 23 Agustus 2015 - 19:27:24 WIB

    Capim KPK Bermasalah

    LAPORAN ICW DAN PPATK

    JAKARTA, HALUAN— Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai Senin, 24 Agustus 2015, sampai Rabu, 26 Agustus 2015, akan menggelar rang.

  • Selasa, 23 Juni 2015 - 19:23:31 WIB

    Johan Budi Daftar Seleksi Capim KPK

    JAKARTA, HALUAN — Pim­­pinan sementara Ko­misi Pemberantasan Ko­rupsi (KPK) Indriyanto Seno Adji, mendukung ke­putusan pimpinan seme­n­tara KPK Johan Budi yang mencalonkan diri menjadi pimpinan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM