Menjadikan Museum Lebih Dekat dengan Pengunjung


Senin, 23 November 2015 - 19:59:51 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Pengunjung tidak ha­nya disuguhkan diorama tentang sejarah bank sentral, jika ada rombongan ma­hasiswa atau pe­lajar setelah ber­keliling saya ajak ke Au­dito­rium untuk ber­diskusi seputar ekonomi terkini dan peran BI,” kata Kepala Mu­seum BI Yiyok T Herlambang kepada rom­bo­ngan studi banding BI Pa­dang.

Menurut dia museum ti­dak hanya digunakan s­e­bagai sarana pembelajaran melihat peristiwa masa lalu, namun harus dijadikan sa­rana mengasah pengetahuan pengunjung sehingga men­jadi lebih memahami ma­salah ekonomi.

“Dulu pengunjung ha­nya melihat-lihat saja, kini saya sediakan waktu hingga satu jam untuk menyam­paikan materi dan diskusi seputar perekonomian, sam­butan pengunjung cu­kup baik,” lanjut dia.

Bahkan, kata dia, tidak jarang ia memaparkan ten­tang persoalan ekonomi global, domestik hingga persoalan mengapa nilai kurs turun.

Yiyok menyebutkan saat ini rata-rata kunjungan ke Museum Bank Indonesia mencapai 1.000 pengunjung baik pelajar maupun ma­syarakat umum pada akhir pekan.

Sementara petugas pem­beri informasi Museum Bank Indonesia, Rama, me­nye­butkan pada Agustus jumlah kunjungan menca­pai 19 ribu orang, Juni 14 ribu orang dan Juli 15 ribu orang.

Museum Bank In­do­ne­sia beroperasi penuh sejak 2008 menampilkan ber­bagai informasi dari masa lalu hingga masa kini me­ngenai sejarah dan peran Bank Indonesia.

Informasi tersebut di­tampilkan menggunakan perangkat multi media, se­hingga pengunjung lebih memahami dengan detil fungsi dan peran Bank In­donesia dari waktu ke wak­tu.

Museum Bank Indone­sia juga merupakan gedung cagar budaya milik Bank Indonesia dan benda-benda koleksi yang terkait dengan sejarah Bank Indonesia. Museum ini dibuka setiap hari, pukul 08.00 WIB hing­ga pukul 15.30 WIB. “Tiket masuknya cukup murah, hanya Rp5.000 per orang,” tambah Yiyok.

Di akhir kunjungan, pe­ngunjung museum juga bisa membeli cinderamata ber­logo khusus Museum BI dengan harga bervariasi, mulai dari Rp4.000. (h/atv)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM