Gas LPG 3 Kg Langka, Harga Naik


Kamis, 19 November 2015 - 19:36:26 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pantauan Haluan, Kamis (19/11) di Toko Gas Alif Banuaran harga gas LPG 3 kg sudah berada pada harga Rp20.000 per tabung. Pen­jual gas tersebut menye­butkan kenaikan langsung dari pangkalan dengan kenaikan Rp1.000 per tabungnya.

“Dalam dua pekan ini gas LPG 3 kg naik dua kali, dari Rp18.000 menjadi Rp19.000 dan saat ini men­jadi Rp20.000 per tabung. Meski kenaikannya tidak besar namun masyarakat terus bertanya dan pasokan­pun sulit,” terang Alif.

Keresahan juga disam­paikan oleh masyarakat sekitar, Jas (45) yang terke­jut dengan kenaikan bahan bakar bersubsidi tersebut. “Sebelumnya harga Rp18.­000 per tabung namun saat ini sudah menjadi Rp20.000 per tabung. Untuk menda­patkannya juga sulit dan alasan kanaikkan ini juga tidak jelas dari pertami­nanya,” ungkapnya saat di­te­mui Haluan.

Sementara itu, pang­kalan tempat memasok gas menuturkan penyebab ke­nai­kan gas 3 kg karena fak­tor kelangkaan. Agen tem­pat pangkalan mengisi gas juga mengeluhkan hal yang sama karena pasokan putus.

“Biasanya gas 3 kg ini lancar saja masuknya. Akan tetapi sudah tiga pekan be­lakangan gas sulit dida­pat­kan dan harus menjemput langsung ke agen dan me­ngan­tri berjam-jam untuk bisa mendapatkannya. Itu­pun harus dibatasi oleh agen,” papar Ef, pangkalan pengisian gas LPG di Ba­tung Taba, Lubeg.

Dikatakannya, ke­nai­kan juga langsung dari agen sekitar Rp500 per tabung dan terpaksa pangkalan juga menaikkan harga ke penge­cer sekitar Rp500-Rp1.000 per tabung. Demikian juga di tingkat pengecer akan kembali menaikkan harga.

Soal lama bertahannya harga gas LPG 3 kg ini, Ef mengatakan ber­kemung­kinan akan kembali turun jika pasokan kembali lancar.

“Bisa turun lagi jika su­dah normal ke harga sebe­lumnya,” pungkasnya. (h/mg-win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM