OC Kaligis Dituntut 10 Tahun Penjara


Rabu, 18 November 2015 - 19:41:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Pertimbangan yang mem­­beratkan, Kaligis dini­lai berbelit-belit dalam mem­berikan keterangan, tidak mengakui per­bua­tannya, tidak merasa me­nyesal, sebagai advokat pe­negak hukum tidak me­nun­jukkan taat kode etik pro­fesi advokat, dan mer­u­pa­kan intelektual tapi tidak mem­berikan contoh yang baik dalam penegakan hu­kum.

“Sementara yang me­ri­ngankan adalah terdakwa sudah berumur 74 tahun dan telah menulis buku-buku hukum yang ber­man­faat untuk hukum di In­donesia,” kata Jaksa Yudi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Ke­mayoran, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Jaksa Yudi sambil mem­bacakan tuntutan, meminta Majelis Hakim yang me­meriksa dan mengadili per­kara ini menjatuhkan amar putusan dengan menyatakan ter­dakwa Otto Cornelis Kaligis terbukti secara sah dan me­yakinkan mela­ku­kan tindak pidana korupsi.

“Meminta majelis ha­kim menjatuhkan pidana berupa penjara selama se­puluh tahun dikurangi masa tahanan dan denda sejumlah Rp 500 juta subsider empat bulan kurungan,” kata Jaksa Yudi.

JPU menilai OCK ter­bukti melanggar pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pem­­berantasan Tindak Pi­dana Korupsi (Tipikor) juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto pasal 64 ayat 1 KUHPidana, sebagaimana dakwaan pertama.

Seperti diketahui, saat ini pengacara gaek tersebut berusia 73 tahun, sehingga bila ditambah tuntutan jaksa usianya sekitar 83 tahun

“Saya mohon per­tim­ba­nganya, semoga umur saya bisa 85 tahun. Mungkin usia 80 tahun tuhan panggil saya,” kata Kaligis dalam persidangan di Pengadilan Tipikor. Menurutnya, tun­tutan yang dibuat Jaksa Penuntut Umum pada KPK lebih banyak memasukkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi, ia menilai, fakta persi­dang­an cende­rung diabai­kan. (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 11:13:31 WIB
    DIBATAL JADI CAWAPRES DI MENIT TERAKHIR

    Rocky Gerung: Mahfud MD  Tidak Terhina, yang Terhina Moralitas Publik

    Rocky Gerung: Mahfud MD  Tidak Terhina, yang Terhina Moralitas Publik "Orang Indonesia menyaksikan itu dan mencatat di dalam batinnya, satu perbuatan imoral dan standar moral orang indonesia sangat tinggi itu, politik dijadikan semacam pameran imoralitas.".
  • Kamis, 29 September 2016 - 21:40:38 WIB

    Mogok Sidang DPRD, Wakil Ketua : Jadwal Belum Cocok

    Mogok Sidang DPRD, Wakil Ketua : Jadwal Belum Cocok PÀDANG PARIAMAN, HALUAN--Belum adanya titik temu pimpinan dan anggota dewan dengan bupati Ali Mukni menjadi salah satu alasan terbengkalainya SOPD Padang Pariaman..
  • Senin, 23 November 2015 - 20:11:08 WIB

    Capim KPK Bakal Dikocok Ulang?

    JAKARTA, HALUAN — Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aziz Syam­sudin mengatakan, ada kemungkinan untuk mengem­balikan nama calon pimpinan Komisi Pem­berantasan Korupsi (KPK) yang telah d.

  • Senin, 23 Februari 2015 - 18:49:06 WIB

    MA Tolak Kasasi Akil Mochtar

    PT DKI VONIS SEUMUR HIDUP

    JAKARTA, HALUAN — Mah­kamah Agung menolak per­mohonan kasasi mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar. Dengan demi­kian, hukumannya tetap seumu.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM