Tiga Orang Tidak Layak Dipilih


Selasa, 17 November 2015 - 19:08:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) merupakan gabungan dari YAPPIKA, ICW, PSHK, IPC, PATTIRO, FITRA, IBC dan KPI. MP3 telah membuat tiga kategori calon yaitu yang direkomendasi, dapat dipertimbangkan, dan tidak direkomendasikan.

“Kategori itu kami simpulkan dari hasil tracking,” imbuh Alfi yang menjabat sebagai koordinator tracker di YAPPIKA. Senada dengan pernyataan Alfi, Febri Hendri dari ICW juga menambahkan bahwa kategori yang tidak direkomendasikan terkait kasus KDRT, berseberangan dengan gerakan antikorupsi dan politisi.

“Kita butuh Ombudsman yang independen dari berbagai kepentingan politik,” tegas Febri.

Febri menambahkan calon yang direkomendasikan memiliki kriteria berpengalaman dan memiliki kompetensi dalam memperkuat Ombudsman, turut membangun pelayanan publik bermutu dan punya kemampuan dalam membangun kerjasama antar­lembaga negara. Sedangkan untuk calon yang di­pertimbangkan, tidak memiliki rekam jejak yang buruk namun pengalaman dan kompetensinya belum teruji.

“Dari 18 nama ini kalau mengacu 3 kategori calon tadi ada dari 10 calon yang kita rekomendasikan 8 lolos, yang dapat dipertimbangkan ada 7, yang tidak direkomendasikan ada 3,” terang Alfi.

Kini, 18 nama calon anggota ORI tersebut ada di tangan presiden. Sesuai dengan UU No 37 tahun 2008 tentang Ombudsman RI, presiden harus mengajukan 18 nama calon anggota ORI kepada DPR paling lambat 15 hari setelah nama calon tersebut diberikan oleh pansel. “DPR juga harus memilih dan menetapkan 9 calon yang terdiri dari ketua, wakil ketua, dan anggota ORI paling lambat 30 hari kerja setelah diterimanya nama calon yang diajukan oleh presiden,” terang Alfi. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Oktober 2018 - 12:02:04 WIB

    Pindah Partai, SK PAW Tiga Anggota DPRD Sumbar Masih Tersangkut di Kemandagri

    Pindah Partai, SK PAW Tiga Anggota DPRD Sumbar  Masih Tersangkut di Kemandagri PADANG, HARIANHALUAN.COM- DPRD Sumbar tengah menunggu Surat Keputusan (SK) Kemendagri terkait Pergantian Antar Waktu (PAW) tiga anggota DPRD Sumbar. Proses PAW ini dilakukan karena tiga anggota dewan yakni Martias Tanjung, Ma.
  • Jumat, 20 April 2018 - 11:25:47 WIB

    Pilwako, Daftar Pemilih di Tiga Kota Menurun

    Pilwako, Daftar Pemilih di Tiga Kota Menurun PADANG, HARIANHALUAN.COM – KPU Padang menjadi KPU paling awal yang mengumumkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) untuk Pilwako 2018 ini. Dari hasil rapat pleno yang digelar di Hotel Inna Muara, Padang, Kamis (19/4) kemarin, DPT di.
  • Kamis, 22 Maret 2018 - 02:02:43 WIB
    PERSONELNYA DIPUTUSKAN DALAM RAGAB

    MPR Tambah Tiga Wakil Ketua

    MPR Tambah Tiga Wakil Ketua JAKARTA, HALUAN — Rapat ga­bungan (Ragab) Majelis Permus­ya­waratan Rakyat (MPR), Rabu (21/3)  memutuskan bahwa pelantikan tiga pimpinan baru MPR akan dila­ku­kan dalam Sidang Paripurna MPR hari Senin, tanggal 26 Mare.
  • Kamis, 01 Februari 2018 - 09:50:00 WIB

    Hasil Verifikasi KPU Sumbar, Tiga Parpol Belum Penuhi Syarat

    Hasil Verifikasi KPU Sumbar, Tiga Parpol Belum Penuhi Syarat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Tiga partai besar di Sumbar belum memenuhi syarat setelah diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar. Ketiganya, DPD Golkar, DPW PAN dan DPW PPP Sumbar. Sementara, Sembilan partai lainny.
  • Selasa, 24 Oktober 2017 - 12:03:41 WIB

    Untuk Pilkada Padang, Ketua Umum PAN Sebut Tiga Nama Kader

    Untuk Pilkada Padang, Ketua Umum PAN Sebut Tiga Nama Kader PADANG, HALUAN--Di tengah berbagai isu yang makin memanas, Pilkada Padang 2018 tidak hanya menarik perhatian tokoh Sumatra Barat. Tokoh nasional juga ikut mengamati percaturan politik Padang..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM