Aturan Impor Dilongggarkan


Ahad, 15 November 2015 - 19:19:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Mereka (pengusaha) melihat aturan ini lebih memberikan kemudahan bagi importir,” ujar Rachmat, di Jakarta, Sabtu (14/11/2015).

Dia menjelaskan, Permandag yang dikeluarkan penerusnya itu membiarkan para importir umum untuk melakukan impor dengan mudah. Padahal importir umum di Indonesia banyak yang tak jelas.

“Importir umum ini sekarang ada, besok tidak ada, besok lagi ada. Kalau ada apa-apa terhadap barang yang diimpor ada masalah di pasar yang jadi tanggung jawab itu siapa?,” kata dia.

Selain sering timbul-tenggelam, Rachmat menyebut beberapa importir umum juga tak memiliki alamat kantor yang jelas. Hal inilah yang menurutnya akan membuat pemerintah kesulitan mencari siapa importir yang bertanggungjawab apabila ada barang impor bermasalah. Seharusnya, kata dia, pemerintah memper­ketat aturan impor bukan justru mempermudahnya.

Rachmat yakin, dengan pelonggaran aturan impor maka pasar Indonesia akan semakin dibanjiri produk-produk impor. (kcm)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Desember 2017 - 20:07:00 WIB

    Sidang Praperadilan Wabup Pessel, KLHK: Penetapan Tersangka Sudah Sesuai Aturan

    Sidang Praperadilan Wabup Pessel, KLHK: Penetapan Tersangka Sudah Sesuai Aturan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sidang perdana pra-peradilan, Wabup Pessel Rusma Yul Anwar sebagai tersangka oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berlangsung di Pengadilan Negeri Painan, Jumat (8/12)..
  • Senin, 19 September 2016 - 19:34:56 WIB

    Ditangkap di Jakarta Padahal Tahanan Kota, Humas PN : Sutanto Langgar Aturan

    Ditangkap di Jakarta Padahal Tahanan Kota, Humas PN : Sutanto Langgar Aturan PADANG, HALUAN - Xaveriandy Sutanto mengalami operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK di Jakarta, saat diduga menyerahkan sejumlah uang kepada Ketua DPD RI Irman Gusman dan Farizal selaku jaksa dalam kasus dugaan peredaran gula.
  • Jumat, 21 Agustus 2015 - 19:46:11 WIB

    Aturan Baru JHT Berlaku 1 September

    JAKARTA, HALUAN — Pemerintah mengeluarkan aturan baru mengenai pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) bagi pekerja yang berhenti bekerja atau terkena PHK. Aturan yang akan mulai berlaku pada 1 September 2015 ini merupakan.

  • Kamis, 09 April 2015 - 18:29:34 WIB

    BI Keluarkan Peraturan Baru

    JAGA STABILITAS RUPIAH

    JAKARTA, HALUAN — Demi mendukung nilai tukar rupiah yang stabil, Bank Indonesia mengeluarkan peraturan mengenai kewajiban penggunaan rupiah di seluruh wila.

  • Selasa, 31 Maret 2015 - 19:20:50 WIB

    Pertambangan Tak Kena Aturan L/C

    JAKARTA, HALUAN — Ke­me­nt­e­rian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan pe­rusahaan pertambangan minerba tidak terkena kebijakan penggu­naan surat kredit berdokumen dalam negeri atau Let.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM