Rahayu Purwanti Gantikan Trinda Farhan


Jumat, 13 November 2015 - 19:22:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Adanya opini yang menye­but jika PKS lebih mengu­tamakan kader laki-laki, dan tidak terlalu memberi ruang untuk kader perempuan untuk maju, juga terbantahkan oleh pernyataan yang disampaikan Mockhlasin tadi.

“Tak dipungkiri, opini jika partai lebih mengedepankan kader laki-laki, itu memang ada. Tapi itu sama sekali tak benar. PKS adalah partai yang memberi hak sama untuk se­tiap kadernya, tak ada  istilah diskriminasi, termasuk untuk mereka yang perempuan. Jika saat ini lebih dominan laki-laki, itu semata karena faktor pero­lehan suara saja,” papar Mockh­lasin pada Haluan, Jumat (13/11).

Hal tersebut, kata Mockh­lasin, bisa dibuktikan pada pencalegan beberapa periode belakangan. Ketercukupan por­si perempuan di partai ini selalu terpenuhi sampai 30 persen. Ini sesuai juga dengan yang diama­nahkan oleh Undang-Undang Pemilu.

“Pada pemilu dua periode yang lalu, justru partai PKS yang memenuhi porsi ter­se­but. Par­tai lain malahan  ba­nyak yang tak memenuhi por­si 30 persen calon perem­puan. Ini mem­buktikan PKS adalah partai yang paling komit, dan tidak membeda-bedakan antara pe­rem­puan dan laki-laki,” tegas politisi yang juga Ketua Komisi V DPRD Sumbar ini.

Sebagai partai dakwah, lan­jut Mocklasin, orientasi PKS adalah untuk mensejahterakan masyarakat banyak, atau ber­buat untuk kemaslahatan umat. Karenanya siapapun kader yang berpotensi untuk maju, partai akan mendukung penuh kiprah mereka.

Terkait Rahayu Purwanti yang akan menggantikan kursi Trinda Farhan di DPRD Sum­bar, menurut Mocklasin, de­ngan naiknya Rahayu, maka ia akan menjadi satu-satunya kader perempuan PKS yang duduk di kursi Legislatif pada periode sekarang.

“Surat-surat untuk penai­kan PAW juga telah selesai disiapkan partai, tinggal lagi diserahkan ke KPU untuk kemudian diproses. PKS me­ngu­payakan agar proses peng­gantian ini dilakukan dengan tidak terlalu lama,” pungkas Mockhlasin. (h/mg-len)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 13:13:52 WIB
    DIDUGA KERACUNAN OBAT

    Kulit Rahayu Melepuh dan Bersisik

    PADANG, HALUAN – Diduga keracunan obat dari salah seorang dokter di salah satu Puskesmas di Kabupaten Agam, Rahayu Febrida Sanjaya (13) harus menanggung derita dan terkapar di ruang bangsal kulit dan kelamin, RSUP Dr. M. Dj.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM