Rizal Ramli Menteri Disukai Publik


Senin, 09 November 2015 - 18:49:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Hasil survei CSIS misalnya menyebutkanMenteri Koor­dina­tor Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mendapat poin tertinggi dari masyarakat ketimbang Men­teri Koordinator lainnya, yaitu tingkat kepuasan masyarakat 61,3 persen. Kemudian Rizal Ramli masuk dalam jajaran 5 menteri terbaik versi LSJ.

Indo Barometer mencatat setidaknya ada enam menteri di Kabinet Kerja yang kinerjanya selama satu tahun pemerintahan memuaskan publik. Di dalamnya termasuk Rizal Ramli. Poltrac­king Indonesia pun merilis hasil survei evaluasi publik untuk satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, dimana Rizal Ramli masuk dalam 10 menteri paling populer.

LKP menunjukkan kinerja birokrasi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam bi­dang pelayanan publik dipersep­sikan membaik. Salah satu yang menarik dari temuan LKP adalah fenomena Rizal Ramli. Terakhir hasil riset nasional Founding Fathers House (FFH) yang me­nem­patkan posisi lima menteri paling dikenal masyarakat.

Mengapa Rizal Ramli begitu cepat populer di kalangan men­teri Kabinet Kerja?. Menurut Anggota Komisi II DPR Frans Agung Mula Putra, publik suka terhadap Rizal Ramli karena berbicara apa adanya dan suka blak-blakan. “Beliau berbicara berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya. Dan publik me­nyukai gaya beliau,” kata politisi Hanura itu.

Mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida menilai bahwa Rizal Ramli sudah sejak awal dikenal kritis, pro rakyat dan pro penyelenggara pemerintah yang bersih dan bebas kepentingan subjektif untuk bisnis pribadi.

Gebrakannya saat usai dilan­tik menjadi menteri yang menge­ritik dua kebijakan pemerintah yakni proyek energi dan kereta cepat Jakarta-Bandung membuat publik kaget dan mata terbelalak. “Dalam kasus ini, rakyat menyak­sikan figur Rizal Ramli dalam dua sisi sekaligus yakni pertama figur yang konsisten bersikap kritis dan kedua melawan arus dari dalam,” kata Laode Ida kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/11).

Pada saat itulah, kata dia, banyak masyarakat yang menyu­kainya dan sekaligus kian me­nambah popularias Rizal Ramli. Penilaian masyarakat seperti itu juga sebenarnya sekaligus meng­ekspresikan keinginan rakyat bangsa ini untuk menampilkan sosok-sosok penyelenggara ne­gara yang kritis dan berani secara terbuka berseberangan dari da­lam tim, sekaligus berani me­ngambil risiko sebagai akibatnya.

Peneliti Formappi, Lucius Karus menilai kehadiran Rizal Ramli menambah warna Kabinet Kerja Jokowi-JK, karena kete­gasan dan keberaniannya. “RR (Rizal Ramli –red) itu orang yang berani membongkar ber­bagai praktik tak terpuji dari peme­rintahan ini. Dan itu yang mem­buat publik senang,” katanya.

Lucius mengatakan, selama ini publik sudah melihat banyak praktik ketidakadilan dan pe­nyimpangan dalam kabinet Jokowi-JK. Para menteri lain seperti menutup mata. Kehadiran RR memuaskan rasa dahaga publik dan itu yang membuat publik senang. (h/sam)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Juli 2018 - 21:07:51 WIB

    Fefrizal: Saya Mengundurkan Diri Karena Ada Intervensi

    Fefrizal: Saya Mengundurkan Diri Karena Ada Intervensi PADANG, HARIANHALUAN.COM--Terkait keluarnya surat keputusan penggantian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Padang oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Fefrizal mengaku sudah mengundurkan diri sebelum adanya surat tersebut..
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 20:17:59 WIB

    Andre Rosiade Dukung Afrizal, Poros Tengah Belum Bubar

    Andre Rosiade Dukung Afrizal, Poros Tengah Belum Bubar PADANG, HARIANHALUAN.COM--Wasekjen DPP Gerindra, Andre Rosiade, menyatakan dukungannya kepada Ketua DPD Gerindra Padang, Afrizal, untuk maju pada Pilkada Padang 2018. Meski demikian, ia menegaskan bahwa rencananya berpasangan.
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 12:31:36 WIB

    Pilkada Padang: Andre Rosiade Beri Sinyal ke Afrizal BAC

    Pilkada Padang: Andre Rosiade Beri Sinyal ke Afrizal BAC Dukungan dari Andre untuk Afrizal mendapatkan respon yang sangat baik dari DPC Gerindra Padang. Wakil Ketua DPC Gerindra, Anif Bakhri menyampaikan rasa terimakasih kepada Andre Rosiade yang telah memberikan dukungan..
  • Senin, 24 April 2017 - 12:49:30 WIB

    Refrizal: Jangan Terlena Hasil Pilkada DKI

    Refrizal: Jangan Terlena Hasil Pilkada DKI JAKARTA, HALUAN -- Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Refrizal meminta agar seluruh tim pemenangan Cagub Anies Baswedan dan Cawagub Sandiaga Uno untuk tidak terlena dengan kemenangan di Pilkada DKI..
  • Rabu, 22 Maret 2017 - 15:17:04 WIB

    Golkar Sumbar Sebut Nama Afrizal Sebagai Cawako

    Golkar Sumbar Sebut Nama Afrizal Sebagai Cawako PADANG, HALUAN—Ketua Harian DPD Partai Golkar Sumbar H Khairunnas sebut nama Afrizal salah satu yang akan ikut bertarung dalam pilkada Padang Oktober 2018 mendatang, selain itu juga akan ada delapan nama yang juga diajukan .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM