Pesawat Batik Air Tergelincir


Jumat, 06 November 2015 - 19:46:21 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Soni mengatakan pesawat mendarat di Jogja sekitar pukul 15.00 WIB, saat itu proses pendaratan berjalan normal. Namun pesawat dengan Captain Pilot Oscar Mirza Putra yang harusnya berhenti pelan-pelan tetap melaju hingga mendekati ujung landasan.

“Landasannya becek habis hujan, Yogya kan landasannya pendek, ketika landing jadi slip gitu. Sudah dibelokkan sama pilotnya ke kiri yang landasannya rumput dan aspal. Kalau lurus nyemplung kali, ujung landasan kali,” ucap Soni.

Penumpang kaget dan berte­riak. Petugas membuka pintu darurat dan menurunkan penum­pang dengan tangga darurat. Pe­numpang dijemput dengan bus untuk kemudian dibawa ke termi­nal bandara.  “Turunnya pakai tangga daru­rat soalnya kan men­daratnya di rumput jadi tangga nggak bisa ke sana,” katanya.

“Sekarang kondisi sudah bia­sa ada yang dikasih minum juga sama petugas. Penumpang juga sedang nunggu ambil bagasi,” tambahnya.

Sementara itu Evakuasi terha­­dap pesawat Batik Air ID-6380/B-737-900 ER/PK-LBO yang tergelincir di ujung timur atau run way 27 Bandara Adi­sutjipto Yogyakarta, Jumat (6/11) sore, akan dilakukan malam ini untuk kelancaran aktivitas pener­bangan.

“Malam ini akan langsung dievakuai dari lokasi ke apront,” kata General Manajer PT Ang­kasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta Pandu Purnama.

Menurutnya, evakuasi pesa­wat Batik Air tersebut dengan menggunakan alat seperti “balon udara” untuk mengangkatnya.

“Saat ini kami masih me­nung­gu alatnya dari Jakarta, nanti setalah datang langsung dilaku­kan evakuasi,” katanya.

Menurutnya, pesawat menga­lami kerusakan ‘landing gear’ depan/’noise will’ patah posisi pesawat menghadap arah timur utara. Pesawat membawa penum­pang sebanyak dewasa 158 orang, anak dua orang dan bayi satu orang. “Total penumpang 161 orang, dan semuanya dalam kondisi selamat. Hanya ada beberapa yang mengalami syok,” katanya. Ia mengatakan, saat pendara­tan pesawat tersebut kondisi cuaca sedang turun hujan, namun belum diketahui pe­nye­bab pesa­wat tergelincir.

“Sebelumnya kondisi cukup baik, pilot melaporkan juga tidak ada masalah dengan pesawat. Begitu juga ATC telah memberi izin Batik Air untuk mendarat,” katanya. (h/dtc/rep)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Oktober 2015 - 19:11:20 WIB

    Pemerintah Akan Beli Pesawat Waterbombing

    KAMPAR, HALUAN — Presiden Joko Widodo mengatakan tahun depan berencana membeli pesawat khusus untuk penanganan bencana kebakaran (waterbombing).

    “Minimal tiga pesawat yang me­miliki kapasitas besar, m.

  • Jumat, 02 Oktober 2015 - 20:20:00 WIB

    Pesawat Aviastar Hilang

    MAKASSAR, HALUAN — Pesawat milik maskapai Aviastar yang terbang dari Bandara Andi Djemma, Masamba.

  • Senin, 28 September 2015 - 20:19:38 WIB

    BNPB Kerahkan 25 Pesawat dan Helikopter

    OPERASI UDARA WATER BOMBING

     

    JAKARTA, HALUAN — Ka­pusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho me­nga­takan pihaknya menam­bah heli­kopter water bom­bing untuk pad.

  • Ahad, 26 Juli 2015 - 19:10:54 WIB

    Mudik 2015, Penumpang Pesawat dan Kereta Api Meningkat

    JAKARTA, HALUAN – Se­la­ma Lebaran 2015, jumlah pemudik yang menggunakan moda transportasi umum di luar mudik gratis, menga­-lami kecenderungan turun. Kecuali, moda pesawat dan kereta api. Demikian k.

  • Selasa, 30 Juni 2015 - 19:51:34 WIB

    Pesawat Hercules Jatuh, 113 Tewas

    INDONESIA BERDUKA

    Indonesia berduka. Pesawat Hercules C-130 milik TNI jatuh di Medan. Dilap.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM