Sawahlunto Bimtek Ormas Dirikan Koperasi


Jumat, 06 November 2015 - 19:19:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Bimtek yang berlangsung selama tiga jam penuh tersebut, mendapatkan perhatian dari para utusan organisasi dan perkumpulan masyarakat, yang terdiri dari 102 kepala dusun, 113 kelompok yasinan dan 14 rukun tetangga.

“Secara umum kami sangat tertarik. Sebab, koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota sendiri. Ibadah iya, usaha iya juga, sambil menyelam hitung air,” ujar H. Komaruddin, salah seorang utusan kelompok yasinan Desa Kumbayau Talawi.

Apalagi, lanjut Komaruddin, kelompok yasinan telah memiliki keanggotaan yang jumlahnya puluhan orang. Sehingga, kelompok yasinan tidak hanya bergerak pada pelaksanaan ibadah, namun anggota kelompok yasinan juga bisa mengembangkan usaha.

Kepala Dinas Perindagkopnaker Sawahlunto Deswanda, memaparkan secara mendetail proses tahapan pembentukan cikal bakal koperasi, persyaratan pendirian koperasi, hingga tata kelola koperasi.

“Perindagkopnaker Sawahlunto siap setiap saat melakukan pembinaan, baik terhadap kelompok yasinan, dusun, maupun rukun tetangga,” tambah Deswanda.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan, Sawahlunto akan terus mendorong pertumbuhan koperasi. Koperasi dinilai sebagai soko guru perekonomian Indonesia, yang mampu bertahap dalam berbagai krisis.

Pendirian, lanjut Bapak tiga anak itu, akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Pasalnya, hasil usaha yang dihasilkan koperasi, akan kembali ke setiap anggota yang tergabung dalam koperasi itu sendiri.

“Koperasi itu didirikan, dikembangkan dan kemajuannya akan dirasakan oleh anggota yang ada di dalamnya. Berbeda dengan usaha perekonomian lainnya, dimana keuntungannya hanya berimbas kepada pemilik modal atau saham saja, tidak untuk masyarakat,” ujar Ali Yusuf.

Semangat Pemerintah Sawahlunto dalam me­ngembangkan pertumbuhan koperasi, ditandai dengan penghargaan sebagai Kota Penggerak Koperasi yang disematkan Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia tahun 2014 lalu.(h/dil)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 15 November 2018 - 21:28:28 WIB

    Satlantas Sawahlunto Jaring 419 Pelanggaran

    Satlantas Sawahlunto Jaring 419 Pelanggaran SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Dua pekan pelaksanaan Operasi Zebra (OZ) di Kota Sawahlunto. Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres setempat mengeluarkan 419 surat tilang. Pelanggaran yang dijaring pada operasi yang digelar 30 .
  • Kamis, 08 November 2018 - 10:30:15 WIB

    Operasi Zebra, Satlantas Sawahlunto Tindak 210 Pelanggaran

    Operasi Zebra, Satlantas Sawahlunto Tindak 210 Pelanggaran SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Setidaknya 210 pelanggar terjaring selama tujuh hari operasi zebra yang dilakukan oleh Sat Lantas Polres Sawahlunto. Pelanggaran didominasi oleh pengemudi tidak memakai sabuk pengaman, pengguna.
  • Selasa, 30 Oktober 2018 - 16:02:46 WIB

    Operasi Zebra di Sawahlunto, Tilang Orang yang Berkendara Sambil Nelpon

    Operasi Zebra di Sawahlunto, Tilang Orang yang Berkendara Sambil Nelpon SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Pengemudi yang berkendara sambil menggunakan handphone (hp) menjadi salah satu dari tujuh prioritas penegakkan hukum (gakkum) pelanggaran lalulintas dalam operasi Zebra 2018. Operasi ini berlangs.
  • Kamis, 26 April 2018 - 15:47:59 WIB

    Di Sawahlunto, Pengadaan Senapan Angin-pun Dikorupsi

    Di Sawahlunto, Pengadaan Senapan Angin-pun Dikorupsi SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Kejaksaan Negeri Sawahlunto menerima dua berkas tiga tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan senapan angin di Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Sawahlunto. Berkas Tiga tersangka (TA), (HR) dan .
  • Jumat, 12 Januari 2018 - 20:35:25 WIB

    Sidang Korupsi, Mantan Kepala Sekolah SMK 2 Sawahlunto Dituntut 2 Tahun Penjara

    Sidang Korupsi, Mantan Kepala Sekolah SMK 2 Sawahlunto Dituntut 2 Tahun Penjara SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sawahlunto, Sunarko menyebutkan pada lanjutan persidangan dugaan korupsi pada SMKN 2 Sawahlunto di PN Tipikor Padang pihaknya menuntut terdakwa dua tahun penja.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM