Jokowi Harus Berani Keluar dari Tekanan


Kamis, 05 November 2015 - 20:32:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Jika dalam reshuffle jilid II tidak juga ada perbaikan, khu­susnya dalam perekonomian dan kesejahteraan rakyat kata Reza Patria, berarti kesalahan itu ada pa­da Presiden Jokowi yang mung­­kin tidak mampu me­nge­lo­la pe­merintahan ini dengan be­nar.

“Ini sudah terlihat sejak awal memerintah, di mana janji-jan­jinya tidak terpenuhi. Misalnya koalisi tanpa syarat dan tidak bagi-bagi kekuasaan, kabinet yang profesional, kabinet yang ramping dan pro rakyat. Padahal, waktunya cukup untuk menyu­sun zaken kabinet,” ujarnya.

Pengamat politik UI Agung Suprio melihat terjadinya mis­koordinasi di internal kabinet yang dipimpin Jokowi selama ini. “Seperti Men­ko­polhukam yang menyebut rakyat tidak jelas, Ses­kab Andi Wi­djojanto yang sering memberi informasi yang salah pada Jo­kowi. Saat ini pergeseran itu belum selesai. Seperti halnya Rizal Ramli de­ngan Wapres dan Meneg ESDM, Dirut Pelindo II RJ Lino,” ka­tanya.

Karena itu dia berharap re­shuffle jilid II nanti seharusnya berdasarkan kinerja. Dia menilai sejumlah menteri yang perlu diganti. Dia menyebut Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar yang gagal menangani kebakartan hutan dan lahan, Kejagung HM. Prasetyo yang tersandung kasus korupsi mantan Sekjen NasDem Patrice Rio – Gubernur Sumuit Pujo dan Meneg BUMN Rini Soemarno yang tidak disukai oleh PDIP. “Ketiganya layak direshuffle,” ujar Agung.

Hanya saja dia melihat re­shuffle kabinet yang dilakukan selama ini tidak berdasarkan indikator yang jelas. Seperti Puan Maharani dan Yudhi Chrisnandi dipertahankan, lalu Andrinof Chaniago selaku Kepala Bap­penas dilengserkan.

“Apakah betul karena An­drinof menolak proyek KA cepat Jakarta – Bandung, lalu dileng­serkan? Tapi, dengan berpihak ke China itu bukan berarti Jokowi akan membangun poros Jakarta – Peking, tapi nyatanya pe­me­rin­tah ini memang all block, terbuka untuk semua,” kata Agung. (h/sam)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM