Peminat Motor Online Berbeda dengan Offline


Rabu, 04 November 2015 - 19:00:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dari total keseluruhan listing kendaraan di seluruh dunia, 27% diantaranya me­rupakan sepeda motor. Se­peda motor berkontribusi 50% dari keseluruhan listing di Indonesia, sedangkan di Filipina sebanyak 55%, dan Vietnam sebanyak 52%. Hal ini menunjukkan bahwa sepe­da motor sangat po­puler di negara-negara Asia Tenggara.

Hal yang menarik yang ditemukan dari analisa yang Carmudi lakukan terhadap lebih dari setengah juta pencarian kendaraan secara online adalah merek sepeda motor yang populer dari pencarian online ternyata bukan Honda atau Yamaha yang memimpin pasar di Indonesia. 46% masyarakat melakukan pencarian ter­hadap merek Kawasaki, dan model yang populer adalah Ninja dan KLX. Fakta ini menunjukkan bahwa ma­syarakat menggunakan plat­form situs kendaraan online untuk mencari kendaraan jenis sport dan trail yang tergolong kebutuhan sekun­der bahkan tersier dalam pembelian sepeda motor. Bila dibandingkan dengan pencarian konvensional ke diler (offline), masyarakat umumnya mencari dan mem­beli sepeda motor jenis bebek dan otomatis.

“Carmudi menemukan fakta yang menarik dari kebiasaan masyarakat da­lam melakukan pencarian sepeda motor secara online. Platform jual beli kendaraan online memudahkan masya­rakat mencari kendaraan impian secara cepat. Mun­culnya model sepeda motor sport dan trail sebagai se­peda motor paling populer yang dicari masyarakat di platform online menun­jukkan segmentasi yang khas. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang Carmudi lakukan beberapa bulan lalu, bahwa pencarian online didominasi masyarakat kelas menengah di rentang usia 18-35 tahun yang melek dunia digital (Generasi Y). Hasil analisa ini me­ngu­atkan segmentasi tersebut bahwa masyarakat yang meng­gunakan platform jual beli kendaraan adalah kelas menengah generasi Y yang melek dunia digital dan memiliki ketertarikan yang kuat untuk pemenuhan ke­butuhan sekunder dan ter­sier yang tercermin dari pencarian sepeda motor jenis sekunder, yaitu jenis sport dan trail untuk kebu­tuhan mereka. Hal ini tidak mengejutkan mengingat pertumbuhan kelas mene­ngah dan dunia digital di Indonesia beberapa tahun terakhir ini cukup menak­jubkan,” jelas Gunnar Rent­zsch, Co-Founder Carmudi Indonesia.  (h/rel)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 22 September 2015 - 19:31:48 WIB

    Pertalite Masih Sepi Peminat

    PADANG, HALUAN — Tiga hari setelah beredarnya Ba­han Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di Kota Pa­dang, angka penjualan BBM dengan Reaserch Octane Number (RON) 90 tersebut di delapan Stasiun .

  • Rabu, 24 Juni 2015 - 18:47:54 WIB

    Mobil Bekas Sepi Peminat

    PADANG,HALUAN — Sepekan ramadan berlalu, kebutuhan masyarakat terhadap mobil bekas (mokas) cenderung menurun.

    “Belum ada peningkatan penjualan mokas pada pekan pertama Ramadan. Biasanya dua pekan jelang memasuk.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM