Golkar Lebih Prospektif Dibanding PPP


Senin, 02 November 2015 - 19:11:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Dua kubu yang selama setahun terakhir ini saling berseteru, kini bisa duduk bersama. Satu isu yang mem­­­­pertemukan dua kubu ini yakni ajang pilkada se­rentak gelombang pertama pada 9 Desember 2015 men­­­­datang. Tidak sekadar itu, sejak Senin (2/11), Abu­rizal Bakrie kembali ber­kantor di Kantor DPP Par­tai Golkar, yang selama setahun ini dikuasai kubu Agung Laksono.

Meski demikian, for­mulasi islah atau rekon­siliasi di internal Partai Golkar belum mencapai titik temu. Karena ke­lom­pok Agung Laksono me­­nginginkan adanya Mu­syawarah Nasional (Munas) untuk menyelesaikan kon­flik, namun sebaliknya bagi kubu Aburizal Bakrie tidak perlu digelar Munas.

Tentu perbedaan pan­dangan ini bisa menjadi bara dalam sekam bila tidak dicarikan konsesi atas islah di antara kedua belah pihak. Karena faktanya, dua kubu tersebut masing-masing mem­bawa gerbong dan pasukan. Selama kepentingan elit dan gerbongnya tera­komodasi, jalan islah bukanlah perkara sulit.

Kuncinya, akomodasi dan pembagian kepentingan yang dianggap adil. Perkara ini yang tidak jarang justru menjadi pelik dan rumit. Rumus “siapa dapat apa” seringnya menggagalkan perundingan.

Rekonsiliasi di internal Partai Golkar jauh lebih prospektif dibanding dengan PPP. Karena faktanya, konflik di internal PPP tidak sekadar perkara legalitas partai, na­mun tidak sedikit yang men­jurus konflik personal satu sama lain.

Menurut Ketua Umum PPP versi Muktamar Sura­baya M Romahurmuziy pihaknya juga menjajaki islah di internal PPP sebagai respons atas putusan kasasi MA dengan membentuk tim tujuh.

“Opsinya masih di­matangkan Tim 7,” ujar Romi, sapaan akrabnya, Senin (2/11). Tim Tujuh ini rencananya akan mel­i­bat­kan tokoh senior partai serta sesepuh partai untuk menyelesaikan konflik di internal partai.

Rumusan formulasi is­lah di masing-masing partai yang tengah berkonflik m­e­mang harus dicapai secara matang. Itu bila masing-ma­sing memang berkehendak untuk menyatukan dua k­e­kuatan yang selama setahun ini berkonflik. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Oktober 2018 - 09:39:26 WIB

    Ziarah ke TMP  Kuranji, DPD Partai Golkar Padang Peringati HUT Golkar  ke 54

    Ziarah ke TMP  Kuranji, DPD Partai  Golkar Padang Peringati HUT Golkar  ke 54 PADANG, HARIANHALUAN.COM-Jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Padang melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kuranji, Sabtu (20/10). Ziarah ini dilangsungkan,  dalam rangka memperingati Ha.
  • Senin, 24 September 2018 - 08:24:15 WIB

    Pelepasan Caleg Golkar, Hendra Klaim 14 Kepala Daerah Siap Dukung Jokowi-Ma’ruf

    Pelepasan Caleg Golkar, Hendra Klaim 14 Kepala Daerah Siap Dukung Jokowi-Ma’ruf PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 14 kepala daerah di Sumbar siap menyatakan dukungannya terhadap pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019..
  • Senin, 11 Juni 2018 - 22:12:28 WIB
    BERGABUNG DENGAN PARTAI BERKARYA 

    Prihatin Atas Derita  Rakyat, Titiek Soeharto Tinggalkan Golkar

    Prihatin Atas Derita  Rakyat, Titiek Soeharto Tinggalkan Golkar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Siti Hediati Hariyadi atau yang akrab disapa Titiek Soeharto memutuskan keluar dari Partai Golkar. Titiek bergabung dengan Partai Berkarya yang dipimpin oleh adiknya, Tommy Soeharto. .
  • Rabu, 18 April 2018 - 13:13:52 WIB

    Suhardi Can Pimpin Golkar Sijunjung

    Suhardi Can Pimpin Golkar Sijunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Setelah sempat terhenti, akhirnya Musda Partai Golkar Kabupaten Sijunjung dilanjutkan. Suhardi Can terpilih sebagai ketua DPD II Golkar Kabupaten Sijunjung yang baru untuk periode 2015-2020..
  • Jumat, 15 Desember 2017 - 09:59:43 WIB

    Golkar Siap Deklarasikan Emzalmi-Desri

    Golkar Siap Deklarasikan Emzalmi-Desri PADANG, HARIANHALUAN.COM--Ketua DPC partai Golkar Kota Padang Wahyu Iramana Putra mengatakan, dalam waktu dekat akan deklarasikan koalisi besar partai Golkar minus PKS dan PAN untuk Pilkada 2018 mendatang..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM