Petani Durian Rugi Miliaran Rupiah


Senin, 02 November 2015 - 18:55:36 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Durian Gunungrajo Batipuh seharusnya tahun ini sedang memasuki  “ musim gadang”, namun  dikhawatirkan gagal panen .  Pasalnya hampir semua bunga dan  putik durian itu  berguguran ket anah akibat terdampak kabut asap yang melanda Sumbar  sejak be­berapa waktu belakangan ini.

Masyarakat merasa se­dih ketika melihat bunga bunga dan  putik durian yang sudah ada yang sebesar tinju itu bergelimpangan dibawah batang durian nya. Pada hal setiap musim Gadang ini dari Gunungrajo ini saja bisa menghasilkan penjualannya miliaran rupiah.  Menurut catatan  Haluan pada musim Gadang tahun lalu  meng­hasilkan antara 7000 buah hingga 8000 buah sehari. Musim Gadang ini pun­caknya berkisar satu bulan dan dikalikan harga rata-rata Rp 3.000 maka total dana masuk ke nagari itu Rp21 miliar. Belum lagi  pohon durian lainnya yang berada di kecamatan Ba­tipuh.

Wali Nagari Gunungrajo Erizal Dt Kayo  kemarin menyebutkan, hampir se­mua batang durian di Gu­nungrajo terlihat berbunga lebat.  “Warga mulai gem­bira lantaran hasil durian itu dapat meringankan beban biaya ditengah merosotnya harga jual hasil pertanian lainnya  saat ini. Bahkan ada yang  bisa membeli sepeda motor tunai dari hasil  pen­jualan durian itu saja.   Na­mun mereka sangat kecewa, bunga bunga durian bahkan yang sudah menjadi putik berukuran sebesar tinju itu berguguran  sebelum masa­nya terlihat  bertebaran di bawah pohon itu sendiri,” kata nya

Edison salah seorang pengumpul durian di Gu­nungrajo mengaku turut kecewa. Di masa  musim durian gadang banyak pe­muda turut panen lantaran banyak pedagang datang mencari durian dan buah buahan ke Gunungrajo.  Biasanya setelah musim Kuini dan manggis, berganti lagi dengan musim durian.  Kini bunga dan putik durian berguguran ketanah.

“Makanya  pemerintah harus menindak tegas pe­laku pembakaran hutan karena akibatnya tidak ha­nya terhadap kesehatan ser­ta kelancaran pendidikan,  tetapi berpengaruh besar terhadap ekonomi masya­rakat secara keseluruhan,”  ujar Edison menyam­paikan.

Durian Gunungrajo sela­ma ini dikenal akan kele­zatannya.  Durian itu di saat musimnya apalagi musim Gadang banyak dibawa pe­dagang ke Sumut,  Jambi,  maupun ke Riau. Durian juga menjadi makanan pen­damping ketan atau lamang yang dijual di restoran atau di kedai kedai minum di pinggir jalan.

Bahkan ter­kadang nama durian Gu­nungrajo sering di catut pedagang, pada hal durian itu berasal dari daerah lain.

Selain itu banyak petani mengeluh akibat tanaman  cabe dan bawang merah di ladang tidak tumbuh sem­purna akibat terdampak kabut asap. (h/one)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 10 Februari 2017 - 18:27:40 WIB

    Edarkan Sabu, Petani Tambak Danau Maninjau Ini Diciduk Polisi

    Edarkan Sabu, Petani Tambak Danau Maninjau Ini Diciduk Polisi AGAM, HALUAN— Baru satu tahun keluar dari penjara karena kasus narkotika, seorang petani tambak ikan atau keramba di Danau Maninjau di Dusun Linggai, Jorong Tanjung Batung, Nagari II Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten .
  • Selasa, 03 Januari 2017 - 13:49:29 WIB

    Keluarga Tolak Otopsi Kematian Petani di Padang Panjang

    Keluarga Tolak Otopsi Kematian Petani di Padang Panjang PADANG PANJANG, HALUAN – Pihak kepolisian di Padang Panjang melibatkan unsur anjing pelacak (K9 Squad) dari Polda Sumbar. untuk mengusut kematian petani asal Koto Katiak, Kecamatan Padang Panjang Timur. Korban yang bernama .
  • Selasa, 15 November 2016 - 19:12:23 WIB

    Polres Solsel Ciduk Petani yang Jual Sabu

    Polres Solsel Ciduk Petani yang Jual Sabu SOLSEL, HALUAN- Jajaran Satuan Narkoba Polres Solok Selatan (Solsel) meringkus pengedar narkoba jenis sabu yang berprofesi sebagai petani, AG (28) di Titian Kawek, Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan tanpa perlawanan.
  • Selasa, 08 November 2016 - 16:28:15 WIB

    Kasus Petani Kopi di Padang Panjang, Niniak Mamak KAN Gunung Bantah Adanya Pengeroyokan

    Kasus Petani Kopi di Padang Panjang, Niniak Mamak KAN Gunung Bantah Adanya Pengeroyokan PADANG PANJANG, HALUAN—Insiden pengeroyokan yang di duga dilakukan oleh Dt.Gamuak terhadap Hendri Datuak Marajo Nan Sati , Minggu (30/10) lalu, memancing berbagai persepsi di tengah-tengah masyarakat. Pasalnya salah seorang.
  • Sabtu, 09 Juli 2016 - 20:04:38 WIB

    Tanam Ganja di Ladang Tomat, Petani Ditangkap Polisi

    Tanam Ganja di Ladang Tomat, Petani Ditangkap Polisi TANAH DATAR, HALUAN--Polres Tanah Datar berhasil membongkar ladang ganja di Jorong Sebayan, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (7/7). .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM