Masyarakat Terjerat ‘Jebakan Batman’


Ahad, 01 November 2015 - 19:49:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Ia menjelaskan indikasi mekanisme pasar adalah kurs rupiah, harga minyak mentah dunia dan inflasi, itu yang akan diprotes. “Ka­lau semua tarif diserahkan ke mekanisme pasar, lalu apa peran negara dalam hal ini?,” tanya Tulus Abadi.

“Rencana pencabutan 450 VA dan 900 VA ini hanyalah kedok, itu untuk menaik­kan tarif agar sesuai dengan harga meka­nisme pasar, kalau memang begitu maka wajib diprotes, karena tidak ada intervensi negara dalam menentukan tarif,” katanya.

Tulus Abadi juga men­jelaskan ban­yak masyarakat yang tidak mengerti, ketika pindah ke 1.300 VA, ri­sikonya serius dengan tarif rupiah per Kwh, seolah katagorinya sama, padahal 1.300 VA untuk golongan mampu.

“Masyarakat banyak ya­ng dipaksa atau ditodong langsung pindah ke sistem token, walau menurut atu­ran seharusnya tidak di­wajibkan, daya juga dit­ingkatkan ke 1.300 VA secara gratis, mereka tidak mengerti konsekuensinya,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PT PLN Adi Supriono mengatakan, tarif listrik dengan daya 900VA akan dihitung sama dengan tarif berdaya 1.300VA mu­lai 1 Januari 2016.

“Nanti yang dimigrasi tarifnya. Kalau dia mau tetap pakai 900VA tidak apa-apa, cuma harganya jadi beda listrik yang 900VA dan yang nonsubsidi,” ujar dia di Kantor Pusat PLN.

Menurut Adi, PLN ti­dak akan me­maksa pelanggan menaikkan daya listrik, tetapi masyarakat mampu yang tetap menggunakan daya 450VA dan 900VA akan dikenakan tarif non­subsidi seperti pengguna daya 1.300VA.

Hingga akhir 2015, uj­ar dia, PLN menawarkan pen­ambahan daya dari 90­­0­­VA ke 1.300VA tanpa dipungut biaya untuk me­n­­­dorong masyarakat ber­pindah dari peng­gu­naan daya 900 VA yang disubsidi ke 1.300VA ya­ng tidak disubsidi.

“Mekanisme pe­min­da­han­ ­dari 900VA ke 1.3­00VA seperti tambah daya saja, tetapi tidak bayar. Jadi nanti di me­ternya itu di­ganti mini circuit braker (MCB) atau pembatas arusnya. Itu aja. Bukan meternya, tetapi MCB-nya yang diganti,” kata Adi. (h/rol)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM