Bantuan UNWHF untuk Masyarakat Hanya Isapan Jempol


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:00:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Kita sangat prihatin de­ngan banyaknya masyarakat ya­­ng ikut ber­gabung F­SB­DSI. Ya­ng kita sa­ya­ng­kan bukan mereka me­ndaftar at­au tidak, tetapi kita kasihan, se­bagian besar mereka ada­lah orang susah. Masya­rakat re­la berhutang untuk me­ndaftar ke FSBDSI dengan iuran 350 ribu, belum lagi biaya bolak-balik ke Lubuk Basung,” kata Azinur, Ka­mis.

Masyarakat tersebut ber­gabung bermotif hanya se­mata-mata mendapkan ba­ntuan, bukan untuk tuj­uan lain, seperti ber-organisasi da­n lain­nya. Se­mentara F­SBDSI mere­sa tidak pe­r­nah menjajikan dana ter­sebut, mereka mengaku ha­nya me­ngsulkan. Ini semua te­n­tu adalah pembodohan ke­pada masyarakat, masa ada ban­tuan tapi harus ba­yar dulu.

“Sekarang ada sekitar 3000-an masyarakat lebih yang mendaftar, dengan pungutan iuran tiga ratusan ribu ke FSBDSI Agam. Ap­abila tetap dibiarkan tentu jumlahnya akan terus be­r­tambah. Aparat hukum, serta pihak yang berwenang lainnya, harus melakukan pencegahan, serta me­nga­ntisipasi dampak ya­ng bisa ditimbulkan,” kat­anya.

Dikatakan Anizur, be­ra­ni nggak Ketua DPC Fe­derasi Serikat Buruh De­mokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) Kabupaten, Ag­am, Masrizal Sh menjamin bantuan tersebut pasti cair dalam tahun ini. Kalau tid­ak berani sebaiknya se­gera hentikan aktivitas ter­sebut sebelum semakin banyak masyarakat yang menjadi korban.

“Masyarakat jangan ter­buai, dengan janji 15 juta seumur hidup, itu mimpi tidak pernah jadi kenyataan. Kami juga mengimbau pe­muda, tokoh masyarakat untuk peduli dengan aksi yang dilakukan FSBDSI, ingatkan sanak saudara agar tidak ikut-ikutan dalam kegiatan ini,” katanya.

Menurut Anizur, ia be­r­taruh jika dana yang di­janjikan itu tidak akan per­nah ada, karena modus se­macam itu sudah ada sejak tahun 2011, mereka aktif di daerah-daerah, dengan be­ragam cara.

Sebenarnya masyarakat dibuat pasrah tak berdaya karna diikat surat perjanjian aneh dan lagi karna hanya 300 ribu tidak mungkin masyarakat melapor kepada polisi karna malu dan takut semakin repot.

Sementara itu Ketua DPC Federasi Serikat Bu­ruh De­mokrasi Seluruh In­donesia (FSBDSI) Ka­bu­paten, Agam Masrizal me­m­bantah hal tersebut. Me­nurutnya, aktivitas me­reka legal, dan tudingan FSBDSI melakukan pen­ipuan tidak berdasar. Justru FSBDSI tengah berjuang untuk me­ndapatkan ba­ntuan unt­uk masyarakat.

“Persepsi yang ber­kem­­bang di luar ke­bera­daan FSBDSI menipu ma­sya­rakat. Padahal tidak, FSB­DSI justru berjuang untuk medapatkan ba­n­tuan yang disalurkan oleh dari bank dunia U­NWHF ke­pada ma­s­ya­rakat In­donesia atas pre­stasi sultan Prof Dr aziz Riambo Sul­tan Agung Bi­ntang Sem­bilan DPKN-RI beserta sinumo Wuto M­bi­notiso pada training Oly­mpic Challenges,” ka­tanya.

Dikatakannya, dalam kesempatan itu perwakilan dari Indonesia tersebut ber­hasil menempati posisi tera­tas dengan memperoleh bin­tang emas, DPKN-RI mendapatkan kuota 2,5 juta populasi calon pe­nerima bantuan senilai 1000 euro per-orang setiap bulan, seu­mur hidup. Pi­haknya opt­imis dana te­rsebut bisa dicairkan tahun ini.

A­nggota Dewan Per­w­a­k­i­­lan Ra­­­k­yat Da­erah (DP­RD) Ka­­­b­upaten Agam, Zu­lham Efendi, men­yay­angkan ba­nyaknya minat mas­yar­akat yang ikut dalam fed­era­si semacam itu. Masyarakat seharusnya lebih kritis, menganalisa serta me­nim­bang, dengan akal sehat, apakah masuk akan apa yang dijanjikan tersebut.

“Kenyataan ini juga me­rupakan bentuk, kep­utus-asaan masyarakat ke­cil de­ngan semakin pel­iknya ke­hidupan pada era se­karang. Semuanya serba susah, de­ngan mendengar janji se­macam itu tentu saja ma­syarakat kecil ber­bo­ndong-bo­ndong ikut ser­ta,” jel­asnya. (h/yat)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 September 2018 - 12:09:06 WIB

    H Asli Chaidir Kembali Serahkan Bantuan  Dana Aspirasi untuk Sekolah Agama Swasta

    H Asli Chaidir Kembali Serahkan Bantuan  Dana Aspirasi untuk Sekolah Agama Swasta SUMANI, HARIANHALUAN.COM-H. Asli Chaidir kembali memberikan bantuan Dana Aspirasi  H. Asli Chaidir (Anggota DPR-RI/Fraksi PAN/Dapil I Sumbar) untuk Sekolah Agama Swasta.  Bantuan ini diterima dengan penuh syukur dan sukacit.
  • Selasa, 04 September 2018 - 12:13:52 WIB

    Guru Ngaji di Tarantang Peroleh Bantuan 'Bedah Rumah'

    Guru Ngaji di Tarantang Peroleh Bantuan 'Bedah Rumah' LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Kodim 0306/50 Kota membantu keluarga miskin untuk mendapatkan tempat tinggal atau rumah layak huni melalui program ‘bedah rumah’.  Kegiatan sosial bedah rumah lewat program kary.
  • Senin, 12 Februari 2018 - 02:33:41 WIB

    Pessel Terima Bantuan Perlengkapan Bencana

    Pessel Terima Bantuan Perlengkapan Bencana PAINAN, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menerima bantuan berupa tujuh unit alat perlengkapan penanganan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PNPB) pusat..
  • Senin, 04 Desember 2017 - 01:34:38 WIB

    BLK Sijunjung Terima Bantuan dari Pusat

    BLK Sijunjung Terima Bantuan dari Pusat SIJUNJUNG, HALUAN - Berkat keseriusan dan kegigihan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi akhirnya Balai Latihan Kerja (BLK) Sijunjung mendapatkan per.
  • Kamis, 26 Oktober 2017 - 01:00:15 WIB

    DPKP2LH Sawahlunto Terima Bantuan dari KLHK RI

    DPKP2LH Sawahlunto Terima Bantuan dari KLHK RI SAWAHLUNTO, HALUAN - Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertahanan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto mendapat bantuan 2 unit becak motor (betor) program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), lewat .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM