Dispenda Padang Tingkatkan PAD Sektor Pajak


Kamis, 29 Oktober 2015 - 17:57:52 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Menurut Walikota Pa­dang pajak merupakan upeti yang harus diba­yarkan oleh masyarakat kepada negara. Dengan kata harus dibayarkan Mah­yeldi tidak ingin pe­tugas penagihan pajak ber­main-main dengan wajib pajak. Dengan adanya so­sialisasi yang dilakukan oleh Pemko Padang ke­sadaran membayar pajak terus wajib pajak terus meningkat.

Mengingat target PAD sektor pajak yang cukup tinggi Mahyeldi meminta petugas di lapangan jangan bermain-main. Permin­taan ini juga disampaikan kepada wajib pajak yang akan menyetorkan pa­jak­nya.

“Wajib pajak berhak melaporkan jika ada anggo­ta kami yang bermain-main di lapangan. Melalui sosialisasi ini wajib pajak semakin memahami pe­ran­nya dalam membangun Kota Padang,”tutur Mah­yeldi.

Jika ada wajib pajak yang ragu dengan keten­tuan dalam memungut pa­jak, jelas Mahyeldi se­mua­nya sudah di atur melalui UU, Perda dan Perwako. Ini bertujuan untuk keje­lasan pajak yang dibayar­kan oleh wajib pajak.

“Pembayaran pajak di­a­tur oleh negara ber­da­sarkan oleh UU nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah. Peraturan Daerah Kota Padang nomor 8 ta­hun 2011 tentang pajak daerah serta. Itu dasar hukum pemerintah dalan memungut pajak. Sedang poin-poin wajib pajak sum­ber PAD ada 13 diper­tegas oleh Perwako. Mi­salnya Perwako nomor 50 tahun 2014 tentang tata cara pemungutan pajak parkir,”terang Mahyeldi.

Kemudian landasan hukum pajak reklame Per­wako nomor 10 tahun 20­15  tentang penye­lengga­raan pajak reklame. Pajak hiburan Perwako nomor 48 tahun 2014 tentang tata cara pemungutan pajak hiburan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Adib Alfikri mengatakan sosialisasikan dilakukan bertujuan untuk mencapai target pajak yang telah ditetapkan. Sosia­lisasi sendiri tidak mo­noton namun bersifat mu­syawarah agar kesadaran  masyarakat semakin tinggi. Tidak hanya itu saja, apa yang dirasakan oleh ma­syarakat terutama wajib pajak bisa langsung disam­paikan kepada Wakil DP­RD Kota Padang yang di­ha­dirkan sebagai nara­sumber dan Maulana Yus­ran PHRI.(h/ows)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM