Harga Tomat Melambung


Selasa, 27 Oktober 2015 - 19:37:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Saya berladang tomat dan cabai disekitar rumah. Sejak kabut asap yang se­makin menjadi ini, tanaman tomat saya tidak subur dan gagal karena tidak terkena sinar matahari. Tidak ba­nyak yang bisa dipanen dan terpaksa harganya menjadi naik,” ungkapnya pada Ha­luan, Kemarin.

Sementara itu, Pantauan Haluan, Selasa (27/10) di Pasar Raya Padang harga tomat memang naik. Bia­sanya, harga tomat bertahan dikisaran harga Rp5.000-Rp6.000 per kg tergantung ukuran. Tidak saja harganya yang murah, stokpun me­limpah. Namun, sudah ham­pir satu pekan ini harga tomat terus naik mencapai Rp10.000-Rp12.000 per kg dengan stok terbatas.

“Saat ini harga tomat memang melambung dan stoknyapun terbatas,” kata Pedagang Sembako Ujang.

Dikatakannya, penye­bab tomat naik adalah kare­na kabut asap yang ber­kepanjangan dan membuat tomat tidak terkena sinar matahari. “Banyak petani yang menjerit sekarang ka­rena kabut asap ini,” lan­jutnya.

Disamping itu, hal se­nada dikatakan juga oleh Penjual jus yang mengalami kelangkaan tomat. Seperti kafe Bunda yang menye­diakan berbagai aneka jus namun saat ini stok to­matnya terbatas.

“Biasanya untuk mem­buat jus tomat ini bisa dipa­kai tiga sampai empat tomat untuk satu jusnya. Namun sekarang terpaksa harga jus tomat sedikit dinaikkan,” terang Bunda saat ditanyai Haluan, Selasa (27/10).

Akibat kabut asap yang berkepanjangan ini mem­buat berbagai pihak me­ngeluh dan merasa rugi. Mulai dari petani, pedagang hingga masyarakat harus menanggung resikonya. (h/mg-win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Januari 2018 - 10:13:44 WIB

    Pengedar Sabu Berharga Ratusan Juta di Sumbar Ditembak

    Pengedar Sabu Berharga Ratusan Juta di Sumbar Ditembak PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar menyita sejumlah paket sabu yang harganya mencapai ratusan juta. Satu pengedar terpaksa ditembak karena melawan petugas dengan mengg.
  • Rabu, 20 Desember 2017 - 18:08:51 WIB

    Tanggap Bencana, Anggota Polres Solok Kota Ini Dapat Penghargaan

    Tanggap Bencana, Anggota Polres Solok Kota Ini Dapat Penghargaan SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Kepala Kepolisian Resor Solok Kota, AKBP Dony Setiawan SIK MH memberikan penghargaan kepada personel Polres Solok Kota yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam penanganan bencana.
  • Selasa, 11 Oktober 2016 - 19:20:52 WIB

    Berpacu Berantas Narkoba, Tiga Kasat Ini Dapat Penghargaan Polda Sumbar

    Berpacu Berantas Narkoba, Tiga Kasat Ini Dapat Penghargaan Polda Sumbar PADANG, HALUAN – Tiga Kepala Sat Reserse Narkoba (Kasat Resnarkoba) mendapat penghargaan dari Polda Sumatera Barat atas prestasinya dalam mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah Sumatera Barat. .
  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:52:28 WIB

    Harga Cabai dan Telur Kian Merangkak Naik

    PADANG, HALUAN — Hampir satu pekan belakangan, harga bahan pokok sembako khususnya cabai merah mulai merangkak naik. Tidak hanya itu, kenaikan harga bahan pokok ini disusul oleh harga telur ayam yang saat ini juga naik.<.

  • Selasa, 01 Desember 2015 - 19:51:40 WIB

    Harga Emas Terus Turun

    PADANG, HALUAN – Harga emas terus menunjukkan pergerakan ke bawah atau terus turun. Hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berinvestasi dengan membeli emas.

    Pantauan Haluan, Selasa (1/12) di .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM