Buruh Seluruh Indonesia Akan Serbu Jakarta


Ahad, 25 Oktober 2015 - 19:01:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Rencana mobilisasi puluhan ribu buruh SPN se Indonesia, lanjutnya, telah dibahas dalam rapat koordinasi dengan pengurus se-Jabodetabek dan Sukabumi pada Sabtu (24/10) kemarin di Tajur, Kota Bogor. Dia mengatakan, penolakan keras terhadap RPP pengupahan tersebut karena kebi­jakan pengupahan buruh yang diluncurkan oleh pemerintah tidak melibatkan serikat pekerja di Dewan Pengupahan. Selain itu, kenaikan upah berpatokan pada inflasi dan perkembangan eko­nomi dan tidak lagi mengacu pada kebutuhan hidup layak (KHL).

“Sangat jelas kebijakan ini bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,” kata Iwan.

Dia menyebutkan, salah satu pasal dalam Undang-Undang ketenagakerjaan itu mengatakan “setiap pekerja atau buruh berhak memperoleh penghasilan yang memenuhi penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”.

Dengan ini, lanjut Iwan, dalam unjuk rasa nanti SPN akan menyampaikan beberapa pernyataan sikap yakni pertama meminta pemerintah untuk menghentikan segala pembahasan RPP dan membatalkan formula kenaikan upah berdasarkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

Kedua, SPN meminta agar serikat pekerja atau buruh dilibatkan dalam penetapan upah minimum melalui Dewan Pengupahan. Ketiga, menuntut agar komponen KHL diubah dari saat ini 60 item menjadi 84 item. Keempat, menuntut agar pelak­sanaan struktur dan skala upah dalam pengupahan wajib dilaksanakan di perusahaan serta adanya pidana bagi yang tidak melaksanakannya.

“Kelima, SPN mendesak gubernur, bupati dan wa­li kota untuk menetapkan kenaikan upah 2016 se­suai mekanisme yang sudah berjalan selama ini yak­ni melalui rekomendasi di Dewan Pengu­pahan,” ka­tan­ya.

Rapat koordinasi dengan pengurus SPN se-Jabodetabek ini dihadiri oleh DPD SPN Jawa Barat, Banten, dan DKI. Hadir pula Ketua DPC SPN dari kota dan kabupaten Bogor, Tanggerang, Serang, Sukabumi, Depok dan Purwakarta. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 Oktober 2015 - 20:12:31 WIB

    Gas Air Mata Bubarkan Demo Buruh

    Aksi buruh di banyak tempat di Indonesia memprotes keputusan pemerintah soal penetapan upah. Pemerintah bertahan dengan .

  • Selasa, 01 September 2015 - 19:30:12 WIB

    Buruh Tolak Pekerja Asing

    Sempat menimbulkan kekhawatiran akan ricuh, aksi demontrasi ribuah buruh di Jakarta berakhir dengan damai. Tak ada gese.

  • Senin, 31 Agustus 2015 - 18:09:13 WIB

    Hari Ini 50 Ribu Buruh Demo Jokowi

    RUPIAH MAKIN TERPURUK

    JAKARTA, HALUAN— Me­respon anjloknya nilai tukar rupiah dan PHK, buruh di Jabodetabek akan melakukan aksi unjuk rasa, Selasa (1/9). Sebanyak 50 ribu buruh .

  • Ahad, 19 April 2015 - 18:23:16 WIB

    Presiden: Buruh Harus Punya KIS

    DELI SERDANG, HALUAN  — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, para buruh yang bekerja di perkebunan wajib memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk proteksi sosial melalui jaminan kesehatan itu.

    Hal tersebu.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM