PPATK Awasi 30 Rekening


Kamis, 22 Oktober 2015 - 19:26:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi

“Rekening yang dipan­tau lebih dari 30 nama, lebih dari satu perusahaan kan banyak,” kata Yusuf di Gedung DPR, Jakarta, Ka­mis (22/10/2015).

Tetapi, Yusuf tidak men­­jelaskan secara detil apakah terdapat transaksi mencurigakan dalam 30 rekening yang dipan­tau PPATKitu.  Ia menuturkan PPATK meminta kepada Bareskrim terkait 30 reke­ning tersebut agar di­inden­tifikasi sesuai dengan prio­ritas kebutuhan.

“Itu bukan pembatasan, namun menggampangkan pekerjaan agar tidak ke­mana-mana,” ujarnya.

Yusuf menuturkan  la­ma­nya proses penelusuran itu tergantung banyak atau tidaknya jumlah rekening yang diminta, misalnya satu perusahaan memiliki lima rekening. Ia juga menga­takan pihaknya   ingin ber­temu Bareskrim Mabes Pol­ri untuk mendudukkan ma­sa­lah tersebut agar lebih fokus. “Kami ingin duduk ber­sa­ma dengan Bareskrim agar lebih fokus nantinya,” katanya.

PPATK, katanya, beker­ja karena ada permintaan dari penegak hukum yaitu KPK dan Bareskrim Mabes Polri. “Tahun 2014 KPK mengajukan permohonan pada kami untuk mela­ku­kan penelusuran terhadap beberapa nama dan pada Juli 2015 Polisi juga me­minta hal yang sama,” tutur Yusuf.

Yusuf pun menyarankan agar Pansus fokus terhadap apa yang ingin dicari karena su­rat yang diminta me­nyebut ada 30 lebih nama individu. “Sementara yang diba­has masalah mobile craine. Di KPK objek craine-nya namun bukan mobile craine, diquise craine, apa­kah ini sama atau tidak. Data PPATK tidak boleh dipublikasikan,” im­buh­nya. (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM