Rupiah Melemah, Pedagang Elektronik Mengeluh


Kamis, 22 Oktober 2015 - 19:14:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Menurunnya omzet pen­jualan elektronik tersebut, menurut pria yang masih lajang ini, juga tak bisa dilepaskan dari pengaruh melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar, se­hingga modal penjualan pun naik. Ditambah lagi, lokasi-lokasi tempatnya berusaha merupakan daerah per­ke­bunan sawit dan karet, yang ikut terpengaruh oleh fluk­tuasi rupiah.

“Beberapa tahun lalu, meskipun nilai tukar rupiah melemah, harga sawit dan karet masih tinggi. Namun, saat ini, harga komoditas perkebunan itu ikut anjlok. Hal inilah yang sangat mem­pengaruhi daya beli masyarakat,” ungkapnya.

Beberapa langkah se­gera dilakukan pria yang tinggal di jalan H. Agus Salim ini guna me­nye­la­matkan usahanya. Mulai dengan promosi, diskon hinga memberi kredit me­lalui kerja sama dengan FIF Spektra maupun Adira. “N­amun semua itu tidak terlalu membantu men­dong­krak daya beli masyarakat ter­hadap barang elekronik,” ungkapnya.

Ia juga melakukan lang­kah jitu dengan cara me­mesan barang elektronik dalam jumlah yang banyak dari supplier dan meng­harapkan bonus dari pem­belian besarnya itu. “Barang elekronik tidak akan basi, bonusnya bisa menyelamat­kan usaha,” jelas Ikram ten­tang teori belanja besarnya.

Ketika ditanya tentang jenis barang elekronik yang masih cukup laku di tengah menurunnya daya beli ma­syarakat, Irwan mengatakan TV dan mesin cuci tetap menjadi idola pembeli. “Ti­ap habis lebaran, biasanya banyak orang yang mela­kukan pernikahan dan me­mulai hidup baru. Ketika itulah televisi dan mesin cuci menjadi pilihan,” ung­kap Irwan.

Pengusaha yang me­wa­risi usaha elekronik dari ayahnya tersebut, mengaku tidak takut membeli banyak barang elektronik untuk dijadikan stok. Sebab harga barang elektronik yang su­dah naik jarang turun. “Andaikan turun, bedanya tidak terlalu jauh. (h/mg-ysn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM