Ikan Tangkapan Pessel Nelayan Meningkat


Rabu, 21 Oktober 2015 - 18:58:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Disebutkannya, biasanya nelayan tidak dapat rutin turun melaut dikarenakan langit diterangi bulan, namun kini hal itu tidak difikirkan nelayan. “Asal bekal cukup dan tidak badai kami pasti turun. asil tangkapan sama persis saat hari kelam tanpa sinar bulan,” katanya.

Jufri (45) nelayan Kam­bang menyebutkan, di Muara Kambang aktifitas nelayan tampak lebih hidup. Bila ma­lam tiba nyaris tidak ada pera­hu nelayan yang merapat. “Siang kami mempersiapkan bekal dan servis perahu, dan malam kami turun melaut. Kondisi langit dengan adanya kabut asap sangat memung­kinkan ikan timbul keper­mukaan,” katanya.

Disebutkannya, saat kelam ikan lebih mudah ditangkap, soalnya cahaya kapal atau perahu mengundang ikan un­tuk mendekati kapal. “Ya kami tinggal menurunkan alat tang­kap saja,” katanya.

Manfaatkan TPI

Sementara terkait dengan meningkatnya hasil tangkapan nelayan akhir - akhir ini peme­rintah setempat mengimbau nelayan untuk memanfaatkan PPI atau TPI yang ada dika­wasan itu. Misalnya PPI Kam­bang dengan sejumlah fasili­tasnya misalnya Tempat Pele­langan Ikan dan docking kapal.

Bupati Pessel Erizon me­nye­butkan, sejumlah infra­struktur perikanan terus diba­ngun di PPI Kambang. Fasilitas docking kapal bertonase besar siap beroperasi.  “Docking kapal ini mampu mengangkat kapal berbobot 25 ton dengan biaya hanya Rp.300.000, mu­rah sekali” jelas Bupati.

Dia mengungkapkan, fasi­litas pemeliharaan kapal ini merupakan salah satu komit­men pemerintah daerah mem­benahi sektor kelautan dan perikanan. “Sebagai daerah maritim maka pemerintah dae­rah fokus pada sektor kelau­tan dan perikanan ini dengan ber­bagai program-program yang diharapkan mampu me­ngang­kat sektor perikanan se­hingga mampu mening­kat­kan kesejah­teraan nelayan” jelasnya.

Kepala PPI Kambang, Yen­di Imam Bandaro dikonfir­masi via selulernya mengung­kapkan bahwa dengan fasilitas pe­nunjang yang makin leng­kap, maka PPI Kambang ma­kin layak dilabuhi. “PPI Kam­bang tumbuh sebagai pusat pe­rikanan khususnya di Pesisir Selatan, dan kedepan fasilitas Docking kapal menjadi salah satu daya tariknya” tukuk Yen­di. (h/har)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM